5 Langkah yang Perlu Diperhatikan Saat Mencari Tempat Magang


Magang

Mau mencari tempat magang?

Awal-awal tahun gini adalah musim magang bagi mahasiswa maupun pelajar sekolah. Pastinya kamu gak mau kan salah memilih tempat? Ingat lho magang enggak sehari ataupun dua hari, namun bisa berbulan-bulan. Biar ga nyesel salah milih tempat, yuk simak disini caranya.

 

1. Lihat dalam Dirimu

Ini hal penting banget yang kadang dilupakan sama pencari tempat magang. Apa sih potensi dalam diri kamu? Dimana sih passion kamu sebenernya? Kalau kamu hobinya ngadepin komputer, pasti gak mau kan magang jadi menteri kehutanan?

 

2. Cari Informasi

Setelah tau apa yang kamu pengen, sekarang saatnya mencari tau dimana menyalurkannya. Kamu bisa browsing ataupun liat informasi di pinggir jalan ketika kamu sedang jalan-jalan. Kumpulkan semua informasi yang kamu dapat dan pilih salah satu tempat yang menurut kalian cocok buat kamu.

 

3. Pelajari Tempat Magang

Setelah dapat tempat yang cocok, ini fase buat kalian ‘kepo’-in tujuan kamu nanti. Kamu perlu cari tau apa nanti job-desc kalian nanti, sistem kerja hingga struktur birokrasinya juga. Jadi kelak sewaktu kamu sudah terjun di dalamnya, kamu tau apa yang harus kamu lakukan disana. Jangan sampai kamu kehilangan ilmu maupun semua keuntungan yang seharusnya bisa kalian dapatkan gara-gara kamu terlalu cuek dan ga tau informasi apa-apa.

 

4. Siapkan Berkas Administrasi

Pastinya ini diperlukan di semua perusahaan tempat kamu akan magang. Siapkan semua berkas yang diperlukan setelah kalian pelajari. Kalau kamu punya portfolio, tidak ada salahnya kamu lampirkan untuk menambah besar peluang kamu diterima.

 

5. Lakukan yang Terbaik

Fase dimana kamu sudah ditempatkan di sebuah posisi di perusahaan tempat kalian magang. Pastinya kamu sudah memiliki tanggung jawab sendiri sekarang. Maksimalkan semua potensi yang kamu punya agar kamu mendapat nilai lebih di mata mereka dan bisa jadi ‘tabungan’ portfolio kamu untuk melamar pekerjaan kelak.

Lakukan ke 5 langkah tersebut, niscaya kegiatan kamu jadi lebih bermanfaat dan gak ngebosenin. Tidak cuma untuk mahasiswa ataupun pelajar sekolah, yang sudah lulus pun bisa melakukan langkah tersebut untuk mencari pengalaman sebelum bekerja.

 

Oiya buat kamu yang tertarik di bidang teknologi dan pengen tau kegiatan di bidang tersebut. Techarea buka pendaftaran untuk periode februari-april loh. Kesempatan ga datang 2 kali! Kuy kepoin websitenya di http://bit.ly/2iifnBU.

 

Selamat mencari!

 

#techarea

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *