Bisnis Online 06

7 Cara Memulai Bisnis Online 1


Apakah Anda ingin berbisnis online tapi bingung bagaimana memulainya? Berikut 7 langkah yang dapat Anda ikuti untuk menjamin kesuksesan Anda ketika Anda memulai bisnis online menurut Allen Moon.

Langkah 1: Temukan apa yang dibutuhkan dan penuhi kebutuhan tersebut

Bisnis Online 01

Photo by unsplash.com

Kesalahan yang sering dilakukan kebanyakan orang yang baru memulai bisnis adalah mereka mencari produk terlebih dahulu, baru kemudian mencari pasar.

Untuk meningkatkan peluang keberhasilan Anda, mulailah dengan mencari pasar. Triknya adalah temukan sekelompok orang yang sedang mencari solusi untuk suatu masalah, tetapi mereka tidak kunjung menemukan solusi. Internet membuat riset pasar semacam ini menjadi mudah, seperti:

  • Kunjungi forum online untuk melihat pertanyaan apa yang ditanyakan orang dan masalah apa yang ingin mereka selesaikan.
  • Lakukan penelitian tentang kata kunci (keyword) untuk menemukan keyword yang banyak dicari orang, dan tidak ada banyak situs yang bersaing.
  • Lihat pesaing potensial Anda dengan mengunjungi situs mereka. Perhatikan apa yang mereka lakukan untuk memenuhi permintaan pasar. Kemudian Anda dapat menggunakan apa yang telah Anda pelajari dan membuat produk untuk pasar yang sudah ada.

Langkah 2: Buat tulisan yang menjual

Bisnis Online 02

Photo by unsplash.com

Ada beberapa rumus penjualan yang dapat membawa pengunjung terlibat dalam proses penjualan. Mulai dari saat mereka mengunjungi hingga mereka melakukan transaksi pembelian, diantaranya yaitu:

  1. Bangkitkan minat dengan judul yang menarik
  2. Jelaskan masalah yang akan diselesaikan oleh produk Anda
  3. Tetapkan kredibilitas Anda sebagai penyelesai dari masalah ini
  4. Tambahkan testimonial dari orang-orang yang telah menggunakan produk Anda
  5. Bicarakan tentang produk dan manfaatnya bagi pengguna
  6. Beri penawaran
  7. Buat jaminan yang kuat
  8. Buat urgensi
  9. Menawarkan produk ke calon pelanggan

Anda perlu fokus pada bagaimana produk atau layanan Anda secara unik mampu menyelesaikan permasalahan orang-orang atau membuat hidup mereka lebih baik. Berpikirlah dan tanyakan pada diri Anda seperti pelanggan “Apa untungnya buat saya?”

Langkah 3: Buat situs web Anda

Bisnis Online 03

Photo by unsplash.com

Setelah mendapatkan pasar dan produk Anda serta Anda telah menentukan proses penjualan Anda, sekarang Anda siap untuk membuat desain web bisnis kecil Anda. Ingatlah untuk membuatnya tetap sederhana. Anda hanya memiliki waktu kurang dari lima detik untuk menarik perhatian para pengunjung. Jika tidak dimanfaatkan dengan baik, mereka akan pergi dan tidak pernah terlihat lagi. Beberapa tips penting untuk diingat, yaitu:

  • Pilih satu atau dua font pada latar belakang putih
  • Buat navigasi Anda jelas, sederhana, dan sama di setiap halaman
  • Hanya gunakan grafik, audio atau video jika mereka menyampaikan pesan Anda
  • Sertakan tawaran keikutsertaan (subscribe) kepada pengunjung sehingga Anda dapat mengumpulkan alamat e-mail
  • Permudah navigasi untuk pengunjung yang ingin melakukan pembelian – tidak lebih dari dua klik antara calon pelanggan dan pembayaran
  • Situs web Anda adalah etalase toko online Anda, jadi jadikan itu customer-friendly

Langkah 4: Gunakan mesin pencari untuk mengarahkan pembeli yang ditargetkan ke situs Anda

Bisnis Online 04

Photo by unsplash.com

Iklan pay-per-click (PCC) adalah cara termudah untuk mendapatkan traffic ke situs baru. Ini memiliki dua keunggulan dibandingkan menunggu traffic secara alami. Pertama, iklan PPC muncul di halaman pencarian segera. Kedua, iklan PPC memungkinkan Anda menguji keyword yang berbeda, seperti informasi utama, harga dan cara pendekatan penjualan. Anda tidak hanya mendapatkan traffic langsung, tetapi Anda juga dapat menggunakan iklan PPC untuk menemukan keyword konversi terbaik. Kemudian Anda dapat menggunakan keyword di seluruh situs Anda yang akan membantu peringkat web Anda dalam hasil pencarian secara alami.

Langkah 5: Tetapkan “expert reputation” untuk diri Anda sendiri

Bisnis Online 05

Photo by unsplash.com

Orang menggunakan internet untuk mencari informasi. Berikan informasi itu secara gratis untuk ke situs lain. Anda akan melihat lebih banyak traffic dan peringkat mesin pencarian yang lebih baik. Rahasianya adalah selalu menyertakan tautan ke situs Anda di setiap informasi yang menarik.

  • Memberikan konten gratis dan expert. Buat artikel, video, atau konten lain yang akan berguna bagi orang lain. Distribusikan konten itu melalui direktori artikel online atau situs media sosial.
  • Sertakan tautan “send to a friend” pada konten di situs web Anda.
  • Menjadi seorang yang ahli dan aktiflah di forum industri dan situs jejaring sosial di mana pasar target Anda berada.

Anda akan menjangkau pembaca baru. Dan bahkan lebih baik, jika setiap situs internet yang memposting konten Anda akan menautkan kembali ke situs Anda. Mesin pencari menyukai tautan dari situs yang relevan dan akan memberi Anda imbalan dalam bentuk peringkat.

Langkah 6: Gunakan “the power of email marketing” untuk mengubah pengunjung menjadi pembeli

Bisnis Online 06

Photo by unsplash.com

Saat Anda membuat daftar subscriber, Anda telah membuat salah satu aset paling berharga dari bisnis online Anda. Pelanggan dan subscriber Anda telah memberi Anda izin untuk mengirim email kepada mereka. Itu berarti:

  • Anda memberi mereka sesuatu yang mereka minta
  • Anda mengembangkan hubungan seumur hidup dengan mereka
  • Tanggapannya 100 persen terukur
  • Email marketing lebih murah dan lebih efektif daripada media cetak, TV atau radio

Siapa pun yang mengunjungi situs Anda dan ikut serta dalam daftar subscriber Anda adalah prospek yang sangat bagus.

Langkah 7: Tingkatkan penghasilan Anda melalui back-end sales dan upselling

Bisnis Online 07

Photo by unsplash.com

Salah satu strategi internet marketing yang paling penting adalah menjaga komunikasi dan kepercayaan pelanggan. Setidaknya 36 persen orang yang telah membeli dari Anda satu kali, mereka akan membeli dari Anda lagi jika Anda follow up dengan mereka. Jadi, gunakan back-end selling dan upselling untuk membuat mereka membeli lagi:

  • Tawarkan produk yang melengkapi pembelian mereka
  • Kirim kupon yang dapat ditukarkan pada kunjungan berikutnya
  • Tawarkan produk yang terkait pada halaman “Terima Kasih” Anda setelah mereka membeli

Beri penghargaan kepada pelanggan Anda untuk kesetiaan mereka dan mereka akan menjadi lebih loyal kepada Anda. Bagi Anda yang ingin membuat website yang menarik untuk memulai bisnis online Anda, Techarea siap untuk membantu Anda.

 

Reference

Moon, Allen. 2018. How to Start a Business Online. [Online] Available at :https://www.entrepreneur.com/article/175242 [Accessed August 28, 2018]

 


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

One thought on “7 Cara Memulai Bisnis Online