Aplikasi Produktivitas

8 Aplikasi yang dapat Meningkatkan Produktivitas Kerja Anda


Waktu merupakan hal yang sangat berharga di zaman modern sekarang ini. Teknologi semakin berkembang dan aplikasi yang dibuat oleh para developer pun semakin bertambah. Dengan semakin bertambahnya aplikasi yang ada maka kita harus pandai dalam menggunakannya agar produktivitas kerja semakin meningkat. Berikut ini ada 8 Aplikasi yang dapat Meningkatkan Produktivitas Kerja Anda yang dapat Anda gunakan.

1. Evernote.

Evernote Organize

Photo by evernote

Evernote merupakan aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk menulis dan membagikan catatan Anda, mengatur dokumen yang Anda simpan, dan masih banyak lainnya. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur yang dapat membuat catatan kamu tersimpan dengan rapi. Ketika Anda telah menyimpan catatan maka data itu disimpan juga di server Evernote. Meskipun Anda menyimpannya di Smartphone, catatan Anda bisa diakses lewat Desktop.

Catatan juga dapat dibagikan ke teman maupun rekan kerja Anda. Aplikasi ini dapat Anda install di perangkat mobile seperti Android, iOS maupun di Desktop. Untuk desktop tersedia juga di Windows dan macOS. Catatan Anda dapat diakses melalui Web Browser untuk kemudahan Anda dalam bekerja.

2. Office.

Office

Photo by microsoft

Aplikasi Office milik Microsoft selalu menjadi pilihan utama dalam membuat surat-surat, dokumen penting suatu perusahaan. Kemudahan dalam penggunaan juga menjadi faktor utama sebuah aplikasi. Office versi terbaru yaitu Office 365 yang merupakan versi cloud yang disediakan oleh Microsoft. Fitur baru yang ada yaitu Anda dan teman kerja bisa mengedit dokumen yang sama di saat yang bersamaan. Anda juga dapat menggunakan Word, PowerPoint, Excel secara online dengan Web Browser. Aplikasi ini dapat Anda install di PC, Mac, maupun perangkat mobile seperti Android, iOS, dan Windows 10 Mobile.

3. Trello.

Trello Board

Photo by atlassian

Trello merupakan aplikasi yang sangat tepat bagi Anda ketika bekerja dalam tim. Anda dapat melakukan kolaborasi tanpa harus terikat dengan ruangan atau tempat. Anda dapat mengelola project, mengatur prioritas pekerjaan, maupun melihat hal yang dikerjakan rekan kerja Anda. Aplikasi ini cukup bagus untuk mengorganisir pekerjaan bersama tim Anda. Aplikasi kerja ini memungkinkan untuk memonitor dan melacak berbagai proyek secara bersamaan—terutama jika proyek melibatkan banyak orang dari banyak divisi atau kantor cabang. Tampilan visualnya sangat cocok untuk proyek dalam grup besar.

Setiap user yang terlibat dalam proyek dapat menambahkan informasi, memberi komentar, atau mengunggah dokumen dari PC, Dropbox, atau Google Drive. Prioritas setiap pekerjaan dapat diatur, dan alur pekerjaan menjadi lebih jelas, efektif, dan efisien. Anda tidak perlu rapat untuk membagi-bagi tugas, memberi briefing, menentukan waktu, atau memberikan update mengenai status pekerjaan masing-masing anggota tim. Semua itu bisa dilakukan hanya lewat dashboard Trello Anda (oktagon).

4. Skype.

Skype

Photo by skype

Skype merupakan aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk melakukan panggilan telepon secara individu maupun grup, terhubung melalui video chat, atau mengirim pesan singkat kepada teman kerja Anda. Fitur lainnya yang ada di Skype yaitu fitur Screen sharing yang dapat menunjukkan apa yang ada di layar komputer Anda sehingga semakin mudah untuk berkolaborasi dengan teman kerja atau keluarga Anda. Ada juga fitur Video chat dimana Anda dapat melihat secara langsung teman yang Anda hubungi lewat layar komputer maupun smartphone Anda. Anda juga dapat menghubungi nomer telepon yang bukan pengguna Skype seperti panggilan internasional ke luar negri tanpa menggunakan paket data atau koneksi internet dengan fitur Skype To Go. Skype dapat Anda gunakan di PC, Mac, Linux maupun perangkat smartphone seperti Android, iPhone, dan Windows 10 Mobile.

5. Toggl.

Toggl Timer

Photo by toggl

Toggl merupakan aplikasi yang dapat melacak waktu (time tracker) yang memudahkan Anda dalam mengatur waktu sekaligus melacak sisa waktu yang dibutuhkan untuk suatu projek dan pekerjaan. Dapat mengingatkan Anda tentang projek yang sudah Anda jadwalkan sehingga dapat selesai dengan tepat waktu. Aplikasi ini dapat digunakan secara online maupun offline sehingga waktu proyek akan selalu tersinkronisasi. Toggl dapat Anda install di perangkat PC, Mac, Linux, Web Browser dan perangkat smartphone Android dan iPhone.

6. Zapier.

Zapier

Photo by zapier

Zapier adalah aplikasi yang dapat membantu Anda dalam mengotomasi suatu pekerjaan yang dapat menjadi penghubung antara aplikasi yang satu dengan aplikasi lainnya. Terdapat lebih dari 1000 aplikasi yang bisa Anda koneksikan. Misalnya Anda seorang penulis yang sering menulis artikel dan menyimpan banyak foto di blog seperti WordPress. Untuk berjaga-jaga bahwa tulisan dan konten Anda di WordPress nanti tidak bisa diakses maka Anda ingin mengatur untuk meng-upload-nya ke Google Drive Anda secara otomatis. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa mengaturnya dengan mudah. Selain menghemat waktu, Anda dapat fokus ke pekerjaan lain yang lebih penting.

7. Buffer.

Buffer

Photo by buffer

Buffer merupakan aplikasi yang memungkinkan Anda untuk menjadwalkan posting dan memanajemen marketing sosial media Anda. Anda dapat menjadwalkan posting semua akun sosial media Anda dan Buffer akan akan mem-publish-nya secara otomatis berdasarkan jadwal yang sudah Anda buat. Anda pun dapat menganalisa lebih lanjut tentang posting yang anda share di sosial media. Dengan analitik yang efisien, Buffer mempermudah Anda untuk menjadi ahli data dan dengan cepat menentukan jenis konten mana yang menarik audiens Anda. Dengan demikian Anda dapat juga menentukan waktu yang tepat untuk posting di sosial media.

8. LassPass.

LassPass

Photo by lasspass

LastPass merupakan aplikasi yang Anda perlukan untuk membuat dan menyimpan kata sandi / password sehingga Anda dapat dengan mudah menemukannya saat Anda membutuhkannya. Seluruh password yang Anda miliki akan disimpan dan tersinkronsasi di cloud (server LastPass) dan bisa Anda akses dari semua perangkat smartphone, web browser dan komputer. Instalasi LastPass cukup mudah karena terdapat pilihan menggunakan installer universal, yang akan bekerja dengan Internet Explorer, Firefox, dan Chrome di Windows. Untuk pengguna Mac juga terdapat untuk setiap browser. Dengan adanya LastPass maka Anda dapat membuat password yang berbeda untuk setiap akun yang Anda miliki tanpa harus bersusah payah mengingatnya satu per satu. Ketika Anda akan login ke suatu akun, LastPass akan otomatis mengisikan password tersebut sehingga Anda bisa login dengan jauh lebih cepat.

Dengan adanya aplikasi maka Anda dapat menghemat waktu Anda dalam bekerja. Luangkan waktu Anda untuk mempelajari aplikasi yang telah ada sehingga Anda dapat menggunakannya secara efektif. Semoga dari 8 aplikasi tentang produktivitas kerja ini menjadi referensi Anda dan semakin meningkatkan produktivitas kerja Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.