article marketing 03

Article Marketing Untuk Bisnis Anda


article marketing 01

Photo by unsplash.com

Beberapa tahun yang lalu, pemasaran artikel (article marketing) ditulis dan diposting untuk dicetak ulang di direktori artikel. Artikel Anda yang muncul di situs website lain akan menjadi suatu keuntungan. Tidak hanya untuk mendapatkan audiens dari situs lain, tetapi juga dalam optimasi mesin pencari (SEO).

Selama beberapa tahun terakhir, efektivitas article marketing telah berkurang. Pertama, banyak orang yang menggunakan metode ini, menulis konten yang buruk. Orang-orang yang membutuhkan artikel untuk situs mereka mulai beralih ke situs lain. Kedua, Google membuat dua perubahan yang mempengaruhi content marketing. Yang pertama, content marketing diperingkat satu situs dengan artikel tersebut. Google tidak akan memberikan pertimbangan yang sama untuk artikel yang sama (duplikat konten) di situs lain.

Berikutnya adalah pembaruan Google Panda, yang akan menghukum situs website yang dianggap memiliki kualitas buruk atau konten yang tidak sesuai dengan ketentuan Google Panda. Tujuannya adalah untuk menyingkirkan spam artikel SEO yang tidak berguna demi konten berkualitas tinggi. Hal ini telah membawa pengaruh pada article marketing dan efektivitas blogging dalam membangun tautan balik (backlink) untuk SEO. Karena banyak pemilik situs website telah berhenti menggunakan artikel orang lain atau menambahkan atribut no-follow (kode yang ditambahkan ke tautan yang memberitahu Google untuk mengabaikan tautan) guna menghindari penalti dari Google.

Namun, article marketing belum hilang sepenuhnya. Mendistribusikan konten unik ke situs website lain tetap dapat berfungsi sebagai salah satu alat pemasaran. Ini mungkin bisa saja tidak meningkatkan SEO Anda, tetapi setidaknya dapat membawa Anda dan bisnis Anda berada di sebuah pasar yang baru.

Langkah-langkah Article Marketing untuk Promosi Bisnis

article marketing 02

Photo by unsplash.com

Jika ini dilakukan dengan benar, article marketing dapat menjadi cara yang sangat efektif, karena menghemat promosi bisnis Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk article marketing menurut Randy Duermyer.

  1. Cari blog dan situs web di target market Anda yang membutuhkan konten. Meskipun situs yang Anda cari tidak berada di lingkup Anda, situs tersebut harus dibaca oleh market Anda dan ide artikel Anda harus sesuai untuk situs tersebut. Pertimbangkan untuk memulai fokus Anda pada situs-situs yang membayar artikel-artikel freelance (tidak ada alasan untuk tidak dibayar untuk usaha Anda), tetapi jangan mengesampingkan untuk menawarkan artikel Anda secara gratis.
  2. Carilah informasi di situs tentang peluang sebagai penulis tamu. Banyak blog dan situs website yang memiliki tautan seperti, “Blog for Us”, “Write for Us”, “Guidelines,” atau yang serupa. Baca informasi tersebut dengan seksama. Kegagalan mengikuti petunjuk akan menyebabkan artikel Anda ditolak.
  3. Jika tidak ada pedoman, kirim email kepada pemilik situs. Banyak pemilik blog dan situs website terbuka untuk guest posts, tetapi mungkin tidak memiliki informasi yang jelas di situs web mereka. Kirim email kepada mereka dan tanyakan apakah mereka membutuhkan artikel. Untuk memperjelas dan mengetahui spesifikasi di lingkup Anda. Sajikan beberapa ide spesifik atau judul artikel. Selanjutnya, beri tahu pemilik blog atau situs web tentang diri Anda dan mengapa Anda merupakan sumber yang baik untuk menulis tentang topik tersebut.
  4. Kirim artikel Anda sesuai pedoman situs. Banyak situs tidak menginginkan lampiran (attachment). Orang lain akan menerima satu atau lebih di bio Anda di bagian akhir artikel Anda daripada tautan di dalam artikel.
  5. Tulis bio yang menarik dan memikat pembaca untuk memeriksa bisnis Anda. Jika Anda memiliki tawaran hadiah yang terlampir pada email Anda, sebutkanlah. Misalnya, Sally Sue memiliki Acme Home Business. Dapatkan laporan gratisnya dengan mengunjungi Sallywebsite.com.
  6. Promosikan artikel Anda setelah dipublikasikan. Ada beberapa alasan article marketing adalah solusi terbaik untuk Anda dan pemilik situs yang menerbitkan karya Anda. Anda tampil sebagai ahli di depan audiens situs, ditambah lagi jika dibagikan di media sosial, dan bahkan di daftar emailnya. Sedangkan pemilik situs mendapatkan konten berkualitas bagus, dapat muncul di depan audiens Anda ketika Anda membagikannya di media sosial. Ada harapan sebagian besar pemilik situs bahwa Anda akan mempromosikan artikel ketika artikel tersebut dipublikasikan.

Tips Melakukan Article Marketing

article marketing 03

Photo by unsplash.com

Saat mengirimkan artikel untuk dipublikasikan di blog atau situs web lain, pastikan artikel tersebut:

1) Bersifat khusus untuk situs yang Anda kirimi artikel tersebut. Pemilik situs tidak ingin artikel tersebut muncul di tempat lain. Meskipun Google tidak dapat menghukum konten duplikat, itu tidak akan menaikkan peringkat artikel yang muncul di situs lain. Usahakan konten Anda harus asli.

2) Berkualitas tinggi yang tidak mengabaikan SEO, tetapi tidak sepenuhnya tentang SEO juga. Mesin pencari (Search engines) adalah sumber traffic yang efektif, sehingga artikel Anda harus mempertimbangkan keyword dan taktik penulisan SEO lainnya. Namun demikian, penggunaan keyword atau menulis artikel dengan nilai yang kecil tidak akan memiliki peringkat yang baik. Dan, tautan dalam artikel yang menurut Google tidak sesuai dengan situs tersebut, dapat mengantarkan penalti kepada Anda.

Reference
Duermyer, Randy. 2018. How Article Marketing Can Grow Your Home Business. [Online] Available at: https://www.thebalancesmb.com/article-marketing-1794398 [Accessed August 30, 2018]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.