email marketing 01

Email Marketing untuk Bisnis 1


email marketing 01

Photo by pexels.com

Email marketing merupakan penggunaan email yang bertujuan untuk mengembangkan komunikasi dengan calon pelanggan dan/atau klien. Email marketing adalah salah satu segmen internet marketing, yang mencakup online marketing melalui situs web, media sosial, blog, dan lain-lain. Email dapat digunakan untuk mempromosikan produk dan/atau layanan.

Sebagian besar email spam kita menyatakan suatu ‘penawaran’. Jika email spam itu dikirim berulang kali, pastinya itu contoh email marketing dalam kondisi terburuknya. Sebagai contoh, ada seseorang di suatu tempat yang membeli daftar email, kemudian ia mengirim email di sepanjang baris seperti “Dapatkan ___________ (nama produk) hanya $ _____! (jumlah)” kepada semua orang yang ada di daftar tersebut, lalu dikirim berulang kali. Hal itu akan mengganggu semua orang dan akan  merusak citra email marketing.

Dari sisi baiknya, email marketing bermanfaat untuk pemilik bisnis agar menjaga komunikasi dan menyesuaikan pesan marketing kepada pelanggan mereka untuk tetap terinformasi.

Email Marketing Bisa Dipersonalisasi

email marketing 02

Photo by unsplash.com

Anda bisa memberi penawaran khusus kepada sekelompok pelanggan atau individu tertentu seperti menawarkan barang dan/atau jasa pada hari ulang tahun pelanggan tersebut, adalah salah satu contoh personalisasi email marketing. Misalnya, restoran mungkin mengirim email ke pelanggan pada hari ulang tahun mereka, dan menawarkan diskon 50% untuk hidangan. Email marketing dapat membantu pengembangan bisnis dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan dari waktu ke waktu yang diharapkan menghasilkan peningkatan penjualan dan peningkatan loyalitas pelanggan.

Keuntungan dari Email Marketing

email marketing 03

Photo by unsplash.com

Ada dua keuntungan besar dalam menerapkan email marketing yaitu harga dan kemudahan. Mengirim email adalah cara yang murah untuk mengiklankan perusahaan Anda, produk dan/atau layanan dibandingkan dengan banyak jenis pemasaran lainnya. Dengan kemudahannya untuk mengatur dan melacak email, menjadikan jenis pemasaran ini sangat mudah diakses untuk usaha kecil.

Newsletters dapat dikirim ke daftar email yang Anda buat dari orang-orang yang memberikan emailnya untuk mendapatkan informasi yang diperlukan dari situs web Anda, seperti pembaruan berita tentang perusahaan Anda, acara mendatang, dan/atau penawaran khusus dan, tentu saja, Anda dapat mengingatkan mereka untuk berkunjung di website Anda lagi.

Email Marketing Masih Relevan

email marketing 04

Photo by unsplash.com

Di zaman yang penggunaan media sosialnya kini mengalami peningkatan untuk beriklan, email marketing masih berkuasa menurut penelitian yang dilakukan oleh HostPapa:

  • 94% pengguna internet menggunakan email, sementara hanya 61% menggunakan media sosial
  • 75% pengguna internet mengatakan bahwa email marketing adalah metode pemasaran pilihan mereka
  • fitur “memilih ikut serta” atau subscribe dengan menggunakan email memungkinkan pemasaran berdasarkan persetujuan pengguna internet
  • email marketing memungkinkan penargetan pelanggan berdasarkan demografi (usia, pendapatan, dan lain-lain)
  • pesan email bisa disampaikan dengan format yang lebih luas daripada pesan media sosial
  • email menawarkan lebih banyak kemampuan seperti pelaporan dan analitik.

Keuntungan besar dari email dibanding media sosial adalah segi prospek dan pelanggan lebih cenderung melihat email daripada media sosial. Hanya mengeposkan suatu konten bukan berarti bahwa setiap orang yang Anda targetkan akan melihat pesan Anda. Postingan Anda mungkin saja tidak muncul di aliran media sosial target pelanggan Anda. Berbeda dengan email, sebuah email akan ada di kotak masuk sampai akhirnya dibaca (atau dihapus) pelanggan Anda.

Idealnya, email marketing harus berjalan seiring dengan media sosial. Menambahkan tombol “Suka” atau “Berbagi” media sosial di email marketing Anda dapat memberikan cara tambahan bagi pelanggan untuk terhubung dengan brand Anda. Ulasan positif yang singkat dari penggemar media sosial dapat dimasukkan dalam email, begitu pula sebaliknya, posting media sosial dapat digunakan untuk mendorong penggemar untuk berlangganan newsletter email Anda.

Email marketing dapat meningkatkan penghasilan Anda secara substansial jika Anda melakukannya dengan benar. Ini adalah cara yang bagus untuk membuat orang mengunjungi dan/atau mengunjungi kembali situs web atau blog Anda.

Tips Email Marketing

Berikut tips-tips email marketing menurut Susan Ward.

  1. Buat daftar email pelanggan Anda sendiri. Karena membeli daftar email pelanggan adalah membuang-buang waktu dan berisiko dilabeli sebagai spammer.
  2. Patuhi peraturan UU CAM-SPAM. Aturan-aturan ini termasuk menuliskan subjek yang tidak menipu, metode berhenti berlangganan, nama dan alamat Anda di akhir email.
  3. Jangan hanya mengirim iklan setiap saat. Gunakan email Anda untuk membangun hubungan dengan pelanggan dengan berbagi keahlian Anda dan/atau orang lain, beri mereka tips dan wawasan yang dapat mereka nilai. Bagikan informasi yang memungkinkan mereka untuk mengetahui lebih banyak tentang Anda dan/atau perusahaan Anda jika itu menarik.
  4. Perlakukan daftar email pelanggan Anda dengan baik. Ingat bahwa orang yang Anda kirim email untuk berkomunikasi telah mempercayai Anda dengan email dan nama mereka. Mereka pantas mendapatkan rasa hormat Anda. Sama seperti Anda layak mendapat kesempatan untuk mengubah mereka dari pelanggan menjadi penggemar dan bahkan mengikut brand Anda, orang-orang yang ingin berbicara tentang pesan Anda, membagikannya, dan terlibat dalam cara apa pun yang mereka bisa.
  5. Tetapkan jadwal jika Anda mengirim newsletter. Dengan menetapkan jadwal untuk mengirim email pada hari tertentu dapat membantu pelanggan Anda mengetahui kapan dan apa yang diharapkan dari Anda.

 

Reference

Ward, Susan. 2018. What Is Email Marketing?. [Online] Available at :https://www.thebalancesmb.com/email-marketing-2948346 [Accessed August 30, 2018]


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

One thought on “Email Marketing untuk Bisnis

  • niken swastika

    terima kasih infonya sangat bermanfaat, ditunggu info menarik selanjutnya, jangan lupa kunjungi website kami juga di jos.co.id
    salam sukses selalu 🙂