Google AdSense Untuk Pemula


Apakah Anda ingin mendapatkan gaji dari Google? Tentu saja Anda bisa mendapatkannya dengan Google AdSense. Google menghasilkan miliaran dolar setiap tahun dari bisnis iklan. Dengan AdSense, Anda bisa mendapatkan sebagian dari keuntungan itu. Anda bebas mendaftar ke AdSense secara gratis dan tidak ada alasan mengapa Anda tidak dapat menerima cek pertama dari Google dalam waktu 1 hingga 3 bulan sejak membuka akun Anda.

Jadi, apa rahasia Google AdSense? Bagaimana cara kerja AdSense? Bagaimana Anda dibayar? Johnson Hur akan memperkenalkan kepada Anda tentang menghasilkan uang dengan Google AdSense!

Apa itu Google AdSense?

Google Adsense 01

Image by mntrends.com

AdSense adalah salah satu dari dua bagian besar dari sistem periklanan Google. Dan yang satunya adalah AdWords. AdSense adalah platform yang memberikan iklan ke situs web, video di YouTube, dan Google publishers lainnya di internet. AdWords adalah platform yang membantu pengiklan membuat dan mempublikasikan iklan di situs web publisher.

Dalam arti yang lebih sederhana, AdWords adalah platform yang mengambil uang Anda dalam pertukaran untuk iklan, sementara AdSense adalah platform yang memberi Anda uang sebagai pertukaran untuk menghosting iklan di situs web Anda.

Kedua layanan ini gratis jika Anda ingin bergabung dan siapa saja dapat mendaftar.

Dengan AdWords, pemilik situs web dibayar untuk setiap klik yang diterima iklan mereka. Ini disebut iklan Pay-Per-Click dan ini adalah jenis periklanan online yang paling umum di internet saat ini.

Pada dasarnya, pengiklan membayar pemilik situs web untuk meng-host iklan di situs itu sementara Google bertindak sebagai perantara. Google menghubungkan pengiklan dengan situs web yang relevan dan mengambil potongan laba.

Berapa banyak uang yang dapat Anda hasilkan dengan Google AdSense?

Tidak ada batasan berapa banyak uang yang dapat Anda hasilkan dengan Google AdSense. Beberapa situs web menghasilkan ratusan ribu dolar per bulan dari pendapatan iklan, sementara yang lain hanya menghasilkan lima atau sepuluh dolar.

Jumlah uang yang Anda hasilkan bergantung pada dua hal:

  • Jumlah klik yang diterima iklan Anda
  • Cost Per Click (CPC) dari iklan

Cost Per Click (CPC) adalah jumlah yang Anda hasilkan untuk setiap klik. Semakin banyak klik yang Anda terima, akan semakin tinggi CPC Anda, dan semakin banyak uang yang akan Anda hasilkan.

CPC sangat bervariasi nilainya. Mereka bergantung pada jenis iklan. Iklan resmi dan keywords, misalnya, bisa menghasilkan banyak uang dan CPC dapat mencapai sepuluh dolar atau lebih. Sebagian besar CPC tidak mencapai nilai tinggi dan berkisar antara dua puluh sen hingga satu dolar.

Google mengambil potongan setiap klik yang diterima iklan. Pemotongannya sekitar tiga puluh dua persen. Jika publisher membayar satu dolar untuk setiap klik yang diterima iklan mereka, maka Anda akan menerima 68 sen per klik dan Google akan menerima 32 sen.

32 sen mungkin tidak terdengar seperti banyak uang. Tetapi silakan Anda kalikan dengan beberapa juta klik dan Anda mulai memahami mengapa Google adalah salah satu perusahaan paling sukses dan menguntungkan di dunia.

Bagaimana cara Google memilih iklan yang akan ditampilkan?

Google telah membuat strategi bisnis untuk menempatkan iklan bertarget di depan pencari web.
Google mengumpulkan informasi tentang tren dan riwayat penelusuran Anda untuk memutuskan iklan mana yang paling ingin Anda klik.

Jika Anda seorang AdSense publisher, maka Google menggunakan dua hal untuk memutuskan iklan mana yang akan ditampilkan di situs Anda: keywords dan penawaran.

Pengiklan dapat menawar jumlah yang berbeda untuk keywords tertentu. Google memilih penawaran tertinggi dan menempatkan iklan dari penawar tertinggi di situs Anda. Pada saat yang sama, Google menganalisis keywords di setiap halaman untuk menentukan apakah ada relevansi antara halaman dengan iklan.

Google juga mengambil banyak faktor lain – termasuk kualitas iklan dan data pribadi Anda – ke dalam akun saat menampilkan iklan.

Idealnya, Google ingin iklannya muncul dalam situasi berikut:

  • Seseorang menelusuri Google dengan keywords “cara memperbaiki komputer”
  • Google menampilkan daftar hasil pencarian dan halaman web yang relevan
  • Penelusur mengklik salah satu hasil yang relevan dan mengunjungi halaman web yang menjelaskan cara memperbaiki komputer. Halaman web tersebut memiliki iklan AdSense di sekitar konten utama. Iklan tersebut terkait tentang software PC yang menjanjikan untuk bisa memperbaiki, membersihkan, dan mempercepat kinerja PC. Penelusur yang membaca konten kemudian memutuskan untuk mengklik salah satu iklan yang telah dipilih Google untuk ditampilkan.
  • Semua orang menang dalam situasi ini. Penelusur memecahkan masalahnya, pemilik situs web menghasilkan uang dari AdSense, pengiklan menghasilkan uang dari penjualan software, dan Google mengambil potongan laba.

Dan setiap hari, proses ini diulang jutaan kali di internet.

Apa cara terbaik untuk menghasilkan uang dengan Google AdSense?

Ada beberapa orang yang menghasilkan ratusan ribu dolar per bulan dari AdSense dan ada beberapa lainnya yang hanya menghasilkan beberapa dolar.

Perbedaan antara dua orang ini lebih dari sekadar traffic. Ada situs web yang menerima ribuan pengunjung setiap hari dan hanya menerima $5 dalam pendapatan AdSense setiap harinya. Situs web lain mungkin dapat mengonversi traffic yang sama menjadi lebih dari $100 dari pendapatan AdSense harian.

Anda akan menghasilkan lebih banyak uang dari AdSense jika situs web Anda menampilkan keywords dari posisi yang kompetitif.

Satu klik pada iklan bernilai tinggi mungkin memiliki nilai ratusan klik pada iklan bernilai rendah.

Dengan itu, ada dua cara untuk menghasilkan banyak uang di Google AdSense:

  • Dapatkan beberapa klik pada iklan bernilai tinggi
  • Dapatkan banyak klik pada iklan bernilai rendah

Menghasilkan banyak uang dengan AdSense membutuhkan kreativitas, kecerdasan, dan yang paling penting, dedikasi untuk kerja keras.

Jika Anda memiliki ketiga hal itu, maka tidak ada alasan mengapa Anda tidak dapat menghasilkan banyak uang dengan Google AdSense.

Jadi, apakah Anda siap untuk mencoba Google Adsense?

 

Reference

Hur, Johnson. 2016. Beginners Guide on Google AdSense. [Online] Available at :https://bebusinessed.com/web-tutorials/guide-on-google-adsense/  [Accessed October 16, 2018]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.