Google Translate Tool di Linux: Terjemahkan Berbagai Teks Dengan Mudah Hanya Menggunakan Shortcut Keyboard


Google Translate Tool untuk Linux

Kenapa sih pakai Google Translate Tool? Berawal dari pengalaman pribadi dalam menulis karya ilmiah dengan referensi sebagian besar jurnal internasional, yang tentu saja berbahasa asing. Mungkin teman-teman pembaca juga mengalami permasalahan ini sehingga membuat pembaca terdampar pada artikel blog kali ini? Memang rasanya sangat melelahkan ketika harus men-copy teks dari jurnal tersebut, membuka Google Translate pada browser, men-paste nya pada halaman Google Translate dan akhirnya men-copy hasil terjemahannya. Yahhh….. saya akui saya memang orang yang malas, namun come on…. mari ambil sisi baiknya bahwa dengan rasa malas tersebut kita dituntut untuk mencari solusi untuk membuatnya lebih praktis, persis seperti quote dari Bill Gates:

“I choose a lazy person to do a hard job. Because a lazy person will find an easy way to do it.”

Baiklah, saya pengguna Manjaro Linux (sebuah disto turunan Arch Linux) dan saya menyukai hal-hal yang praktis. Mungkin diluar saya sudah ada aplikasi desktop translation tool untuk Linux yang bisa saya pakai, namun saya meninginkan jauh dari pada itu. Saya menginginkan hal yang paling sederhana, efisien, ringan, dan praktis sesuai dengan filosofi Arch Linux: KISS (Keep It Simple Stupid). Akhirnya pencarian saya membuahkan hasil, memang benar selalu ada jalan bagi orang-orang malas, eh maksud saya orang-orang yang mau mencari tahu dan berusaha. Hasilnya adalah sebuah script bash yang membuat kita cukup dengan men-copy teks yang akan diterjemahkan, lalu dengan hanya menekan shortcut di keyboard maka sebuah jendela akan muncul dengan menampilkan hasil terjemahan dari teks kita tadi, sangat praktis bukan? Mari kita mulai saja, saya mempraktikannya di Linux Manjaro/Arch Linux based distro tapi teman-teman tentu saja dapat mempraktikannya trik ini di semua distribusi Linux dengan cara men-install tool pendukung yang sama di repositori disto masing-masing:

Dependensi:

  1. xsel: Untuk menyalin data yang ter-copy di clipboard. Tool ini kita perlukan agar kita dapat mengakses teks yang kita salin. Instalasi di Arch based linux:

    sudo pacman -S xsel

  2. translate-shell: Universal traslation command line tool, mendukung berbagai API antara lain  Google Translate (default), Bing Translator, Yandex.Translate dan Apertium:

    yaourt translate-shell

    atau

    yaourt translate-shell-git

    Jika teman-teman menggunakan distro linux lain dan belum ada di repository, teman-teman dapat men-clone dan build sendiri di: https://github.com/soimort/translate-shell

    Namun jika teman-teman menggunakan distro lain dan merasa kesulitan dalam men-build nya sendiri, teman-teman dapat menggunakan cara alternatif untuk cukup men-install wget.

  3. xclip: Akses tulis ke clipboard:

    sudo pacman -S xclip

  4. libnotify-bin: Untuk notifikasi teks berhasil diterjemahkan

    sudo pacman -S libnotify-bin

  5. yad: Dialog tool untuk menampilkan hasil terjemahan:

    yaourt yad

    Alternatif lain teman-teman dapat menggunakan zenity sebagai pengganti yad. Namun penulis lebih menyukai yad karena dialog yang ditampilkan dapat dibuat always on top / modal. Sebenarnya yad sendiri adalah fork dari zenity lho teman-teman. Jika tidak menemukan yad di repositori, teman teman dapat men-clone dan build sendiri di https://sourceforge.net/projects/yad-dialog/ atau jika lebih menyukai zenity dapat menginstall zenity sebagai pengganti yad.

 

Buat script-nya:

  1. Tentukan direktori dimana kita akan menyimpan script nya, misal: ~/.local/bin
  2. Namai sebagai translate-tool, dibawah ini source code script-nya:
    #!/usr/bin/env bash
    text="$(xsel -o)"
    
    ##############################################################
    # uncomment if you prefer using translate-shell
    translate="$(xsel -o | trans -b -no-ansi -u firefox -t $1)"
    
    # uncomment if you're not using translate-shell
    #translate="$(wget -U "Mozilla/5.0" -qO - "http://translate.googleapis.com/translate_a/single?client=gtx&sl=auto&tl=en&dt=t&q=$(echo $text | sed "s/[\"'<>]//g")" | sed "s/,,,0]],,.*//g" | awk -F'"' '{print $2, $6}')"
    ##############################################################
    
    echo -e "<font size="2"><b>Translation:</b><textarea rows="15" cols="57" height="100" style='background-color: lightyellow'>""$translate""</textarea></br></br>" > /tmp/translate.html
    echo -e "<b>Original:</b>""<textarea rows="15" cols="57" height="100" style='background-color: lightgreen'>""$text""</textarea></br></font>" >> /tmp/translate.html
    echo "$translate" | xclip -selection clipboard
    notify-send -t 5000 --icon=info "Translate Tool" "Translation result ($1)
    also have been copied to clipboard"
    
    ##############################################################
    # uncomment if you're using zenity
    #zenity --text-info --html --title="Translate Tool" --filename=/tmp/translate.html
    
    # uncomment if you're using yad
    yad --title="Translate Tool" --on-top --html --browser --uri=file:///tmp/translate.html --width=450 --height=510
    ##############################################################
    

    Atur script nya dengan cara comment/uncomment untuk memilih menggunakan yad/zenity dan metode translate-shell/wget

  3. Jangan lupa untuk menambahkan atribut execute pada berkas script:

    sudo chmod a+x ~/.local/bin/translate-tool

  4. Buatlah shortcut keyboard, untuk perintahnya teman-teman bisa memakai:

    ~/.local/bin/translate-tool id

    untuk shortcut terjemahkan ke bahasa Indonesia, atau

    ~/.local/bin/translate-tool en

    untuk shortcut terjemahan ke English.

    google translate tool

    Konfigurasi shortcut keyboard

    Teman-teman juga dapat menterjemahkan ke bahasa lain seperti Rusia (ru), Prancis (fr) atau negara lainnya dengan merujuk ke standar dua huruf kode negara.

  5. Nikmati kemudahan Google Translate Tool, yaitu cukup dengan men-copy teks yang akan kita terjemahkan lalu menekan shortcut keyboard yang sudah kita konfigurasi tadi.
    google translate linux

    Dialog terjemahan ke bahasa Indonesia

     

     

    Dialog terjemahan ke English

 

Bagaimana menurut teman-teman kemudahan yang diberikan oleh Google Translate Tool? Pastinya menerjemahkan dokumen will never be the same lagi ya buat kalian. Hanya dengan shortcut keyboard, masalah language barrier bisa terpecahkan dengan mudah.

Ngomong-ngomong, lagi ada promo 10% off di Techarea lho. 10% off ini bisa digunakan untuk jasa pengembangan apapun yang kalian butuhkan saat ini. Mulai dari pengembangan website, aplikasi mobile hingga sistem terintegrasipun kena diskon. Tunggu apalagi, hubungi kami disini untuk order maupun info lebih lanjut.

Enjoy easy translating!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *