Langkah Utama untuk Membuat Website Bisnis Anda


Memiliki website adalah suatu kebutuhan bagi entrepreneur, usaha kecil, bisnis rumahan, dan untuk siapapun yang menjual produk atau service. Terlepas dari metode pemasaran Anda yang lain, jika Anda memiliki website sangat mungkin pelanggan potensial akan menemukan bisnis Anda melalui pencarian Google atau mencari tahu lebih dalam tentang bisnis Anda setelah mereka mengetahui bisnis Anda melalui media pemasaran yang lain. Ini merupakan salah satu kunci untuk menciptakan dan mencari pelanggan baru Anda.

Jika Anda menjual layanan online atau menjual produk Anda secara online, memiliki website merupakan sebuah keharusan. Tapi kalau anda tidak menjual apapun secara online, memiliki website dapat juga diibaratkan sebagai rumah bisnis Anda di dunia online yang berisi informasi tentang Bisnis Anda dan layanan yang Anda tawarkan. Yang paling penting adalah website Anda harus berisi tentang background Anda, pengalaman Anda, dan sosial provement atau testimoni tentang Anda sehingga dapat memberikan kesan profesional pada bisnis Anda

website-styling-coding-concept-realistic-vector-illustration-responsive-web-design-laptop-tablet-smartphone-computer-display-43935514

Membut sebuah website untuk bisnis Anda mudah dari yang Anda kira. Anda dapat melakukannya sendiri menggunakan website builder seperti yang diulas artkel sebelumnya, atau Anda juga dapat mencari teman Anda yang bisa membuat website untuk membantu Anda, mungkin juga Anda dapat merekrut seorang web Developer untuk membuatkan Anda website, selain itu Anda juga dapat menggunakan jasa vendor web developer seperti Techarea. Apapun pilihan anda menyerahkannya ke vendor atau Anda mengerjakannya sendiri, Akan lebih mudah jika Anda memahami langkah-langkah berikut ini, yang merupakan bagian penting dari proses untuk membuat website bisnis Anda. Berikut ini adalah cara membuat website untuk bisnis

  1. Tentukan Tujuan dari Website Anda

    Tahap pertama adalah menentukan tujuan dari website Anda, Bisa saja website adalah website static (tidak ada perubahan konten secara rutin) dan hanya menjelaskan tentang informasi kepada calon pelanggan Anda tentang layanan Anda dan cara untuk menghubungi Anda. Atau Anda mungkin ingin membuat website yang berisi informasi tentang bisnis Anda dan menyediakan artikel atau infromasi yang bermanfaat yang Anda tulis untuk pelanggan Anda atau calon pelanggan.

    Bahkan Anda mungkin bisa untuk membuat blog di internet dan mengajak calon customer sebagai bagian dari strategi pemasaran Anda di sosial media. Tentu saja Anda bisa menjual produk dan layanan bisnis Anda secara online.

    Mengetahui tujuan dari website Anda merupakan tahapan awal yang penting karena dengan memiliki tujuan Anda akan lebih terarah untuk mengembangkan website Anda ke depan. Perlu Anda ingat, bahwa isi sebuah website pasti berubah meskipun Anda memulai bisnis Anda tanpa menjual online Anda dapat menambahkan produk di lain waktu. Anda dapat mempertimbangkan menulis blog atau tidak untuk bisnis Anda. Pada suatu saat Anda dapat membuat blog untuk menari calon pelanggan untuk mengunjungi website Anda, dan kemudian mereka akan mengetahui bisnis beserta layanan Anda secara online. Ini merupakan teknik yang baik untuk strategi marketing melalui sosial media untuk bisnis Anda.

  2. Memilih CMS (content management system) Untuk Website Anda

    Berdasarkan tujuan dari website yang akan Anda buat, Anda memiliki beberapa pilihan dari segi softwarenya. Kebanyakan beberapa software gratis dengan harga yang murah untuk tambahan Add on pada website Anda. Mungkin Anda kaget ketika Anda tahu bahwa website yang Anda kunujungi menggunakan software-software tersebut, baik asli bawaan atau sudah di custom.

    E-Commerce

    Jika tujuan website Anda adalah e-commerce, utamanya untuk produk, Anda harus memilih software yang dirancang secara khusus untuk e-commerce. Tapi, jika e-commerce sebagian kecil dari website Anda, Anda dapat mendapatkan ad-on gratis atau berbayar tapi murah yang dapat Anda gunakan pada Content Management Software populer seperti Joomla dan WordPress. Contohnya kunjungi link berikut ini untuk contoh e-commerce : VirtueMart Magento osCommerce OpenCart.

    Joomla

    Joomla merupakan content management software yang memberikan berbagai kemudahan dan fleksibelitas. Tapi, seperti software yang lain, website Anda akan dibatas oleh strukturnya, bagi web developer ini merupakan keterbatasan yang tidak disukai, template yang tersedia di Joomla dimana template itu mempengaruhi tampilan dan fungsionlitas dari website Anda harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

    Selain template ada juga ribuan Add-on yang dapat menambah fungsi pada website Anda tanpa harus mengetahui pemrograman. Beberapa diantaranya gratis, ada juga yang lebih baik namun biasanya berbayar. Jika Anda menggunakan yang gratisan, biasanya tidak memiliki banyak fitur daripada yang berbayar. Jika Anda ingin menggunakan joomla silahkan coba pelajari link berikut ini Extensions Directory.

    WordPress 

    Sama seprti Joomla, wordpress merupakan content management system yang mudah untuk digunakan bagi orang awam. Juga terdapat berbagai template yang bisa Anda gunakan untuk membuat tampilan dari website Anda dan Add-in untuk menambah fungsionalitas dari website Anda. Yang membedakan wordpress adalah wordpress dirancang untuk sebuah Blog. Walaupun Anda dapat menggunakannya seperti Joomla untuk sebagai halaman website, membuat homepage khusus atau bahkan halaman tertentu dapat Anda jadikan menjadi sebuah blog yang mudah digunakan.

    Anda juga dapat menggunakan berbagai plugin WordPress untuk menambah fungsionalitas dari website Anda. Sama seperti Joomla WordPress juga dapat digunakan untuk E-commerce, Social media, Galeri foto, Membership page, podcast, video, newsletters dan lain-lain. Anda dapat menemukan plugins wordpress di situs resmi wordpress di Plugin Directory atau mencarinya di google.

    Baik Joomla atau WordPress Anda dapat merekrut seorang Web Developer untuk melakukan setup awal untuk website bisnis Anda. Selain itu Anda juga dapat menggunakan Jasa dari Techarea untuk melakukan setup dari bisnis Anda.

  3. Pilih Sebuah Hosting

    Setelah Anda memilih software apa yang Anda gunakan, Anda selanjutnya akan membutuhkan Web Hosting. Hosting ini digunakan untuk membuat website Anda dapat diakses diseluruh dunia. Untuk menentukan spesifikasi dari webhosting sendiri, tergantung software apa yang Anda pilih untuk digunakan sebagai website bisnis Anda, selain itu hal yang harus dipertimbangkan adalah kecepatan akses dari webhost itu sendiri dan jumlah user yang mampu di tangani oleh webhosting Anda ketika ada pengunjung website Anda secara masal.

    Mungkin Anda dapat menggunakan provider hosting dari Indonesia seperti cloudkilat, niagahoster, hostinger, dan lain-lain. Anda juga dapat menghubungi Tim Techarea untuk membantu Anda memilihkan Web Hosting yang sesuai untuk website bisnis Anda.

    Pertimbangan lain terutama jika Anda melakukan setup sendiri, adalah memastikan apakah provider hosting Anda menyediakan Content Management System yang Anda pilih untuk menginstall secara otomatis. Biasa beberapa provider menyediakan fitur tersebut.

  4. Pilih Template dan Plugins untuk Website Bisnis Anda

    Setelah Anda memilih Content Management System yang Anda gunakan, Anda harus memikirkan tentang fitur yang akan Anda terapkan pada website Anda. Yang pertama adalah template untuk website Anda. Dari beberapat CMS (Content Management System) terutama WordPress dan Joomla, Anda dapat memilih ratusan bahkan ribuat template yang beragam untuk Website Anda agar terlihat seperti yang Anda inginkan. Beberapa template ada yang biasa saja ada juga yang sudah disesuaikan untuk beberapa tipe produk atau jasa dengan desain yang mencerminkan bisnis produk atau jasa.

  5. Mengatur Website Anda

    Pada tahap ini, Anda harus memikirkan tentang bagaimana tampilan website Anda dan bagaimakan akan digunakan. Disini Anda harus juga memikirkan Logo atau desain tampilan yang lainnya, Menu yang akan Anda tampilkan, dan infromasi apa yang akan Anda masukkan pada masing-masing halaman website. Beberapa website E-commerce menyediakan tampilan yang dapat Anda pilih dengan tampilan yang berbeda-beda. Jika Anda menggunakan Joomla atau WordPress Anda juga dapat menentukan bagaimana tampilan dari masing-masing halaman website Anda.

    Template untk CMS menggunakan pendekatan struktural yang memungkinkan Anda untuk menambah konten dan Add-ons untuk informasi dan konten khusus yang dapat Anda masukkan di halaman tersebut.

  6. Mengembangkan Konten Untuk Website Anda

    Konten merupakan bagian yang paling sulit dari pembuatan website Anda. Harus menarik pagi pengunjung dan menjelaskan informasi yang jelas bagi pengunjung yang membacanya. Ketika Anda menulis teks, tulislah seperti menulis iklan.

    Selain teks Anda dapat menambah gambar. Karena Anda harus memilih template dengan visual element atau gambar latar belakang yang sesuai dengan bisnis Anda. Gambar biasanya digunakan untuk melengkapi teks atau kadang-kadang menggantikannya. Sehingga dalam membuat website yang profesional sangat penting untuk memperhatikan tampilan website, karena tampilan yang menarik adalah kunci untuk membuat website Anda menarik banyak pengunjung.

  7. Mengisi dan Mengelola Website Anda

    Kebanyakan dari konten yang kita tambahkan ke webiste di edit menggunakan tools WYSIWYG (“what you see is what you get”) editor yang memudahkan Anda untuk menambah dan mengedit kontent tanpa harus mengerti tentang pemrograman. Editor WYSIWYG dapat Anda gunakan untuk Cut dan Paste  tulisan dari Ms Word dan mengupload gambar dari komputer. Dan juga dapat digunakan untuk merubah ukuran tulisan, warna, font, dan lain-lain. Anda juga dapan melakukan tinjauan dari hasil tulisan Anda sebelum Anda mempublish tulisan Anda.

Disarankan Anda untuk merekrut Web Developer untuk melakukan hal diatas, karena sedikit atau banyak pasti akan ada perubahan yang akan Anda sesuaikan dengan keingingan Anda, Hal tersebut Anda pasti Akan membutuhkan Web Developer, Anda juga dapat menggunakan Jasa dari Techarea yang sudah berpengalaman dalam membuat sebuah website baik yang komersial, sistem informasi management, web aplikasi, dan website profile bisnis.

Sekian terimakasih

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *