Kendalikan Pintumu Dengan Android


Mengendalikan Pintu dengan Android

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, kebutuhan akan efektifitas dan efisiensi sangat diutamakan dalam berbagai bidang sekarang Anda dapat Mengendalikan Pintu dengan Android. Hal tersebut telah mendorong manusia untuk berkreasi dan berinovasi dalam bidang teknologi untuk menciptakan suatu alat yang lebih efektif dan efisien. Dengan teknologi informasi, sebuah pintu dapat dimodernisasi agar bisa lebih efektif dalam penggunaan kuncinya sehingga dapat berkolaborasi untuk menjaga keamanannya.

Keamanan rumah merupakan kebutuhan setiap manusia. Oleh karena itu setiap rumah dibangun sebuah pagar yang biasanya dilengkapi dengan pintu gerbang. Pada saat ini pintu gerbang disetiap rumah masih manual, artinya masih dibuka dan ditutup secara manual atau dengan bantuan orang. Di zaman serba cepat dan zaman serba otomatis seperti sekarang ini orang-orang cenderung sering merasa lelah atau sering malas untuk membuka dan menutup pintu gerbang karena kesibukan yang mereka kerjakan.

Salah satu masalah yang terjadi yaitu adanya tindakan kriminalitas pencurian serta pembobolan pintu rumah merupakan masalah yang  berkaitan dengan sistem keamanan, untuk itu dibutuhkan sistem keamanan pintu yang lebih aman dan tidak mudah dibobol oleh pelaku tindak kejahatan.

Contohnya salah satu tindak kejahatan yang sangat populer adalah pencurian yang dilakukan dengan memaksa masuk kerumah. Kejahatan seperti ini tidak sepenuhnya terjadi karena niat jahat melainkan dapat terjadi karena kelalaian pemilik rumah yang lupa untuk mengunci pintu ataupun kurangnya keamanan yang dipasang dalam suatu rumah. Oleh karena itu dibuatlah sebuah aplikasi yang dapat membantu memonitoring keadaan pintu, mengunci atau membuka pintu jarak jauh dan memberikan notifikasi bila ada pembobolan yaitu Aplikasi Pengendali Pintu Otomatis (APPO).

Aplikasi ini menggunakan jaringan Wifi. Wifi singkatan dari wireless fidelity yaitu sebuah media penghantar komunikasi data tanpa kabel yang bisa digunakan untuk komunikasi atau mentransfer program dan data dengan kemampuan yang sangat cepat. Dengan menggunakan jaringan wifi ini juga dapat menghemat biaya, karena pengiriman data dilakukan melalui frekuensi tertentu yang gratis tanpa harus membeli pulsa dan tanpa menggunakan jaringan provider tertentu dengan jaringan wifi yang menggunakan frekuensi 2,4 GHz.

Dengan adanya fasilitas wireless (wi-fi) di tempat umum misalnya sekolah, kampus, restoran, kantor, hotel dll tentunya semakin memudahkan kita dalam mendapatkan sebuah informasi. Hanya dengan membawa handphone, laptop atau gadget lainnya serta mencari tempat yang menyediakan wireless (wi-fi) kita dapat menikmati fasilitas wireless (wi-fi) secara gratis. Konektifitas komunikasi Wifi merupakan kunci utama untuk menjalankan keseluruhan sistem alat.

Keuntungan menggunakan Aplikasi Pengendali Pintu Otomatis (APPO) :

  • Mengantisipasi akan terjadinya pencurian/pembobolan.
  • Pintu otomatis ini unggul dalam sisi keamanan, dikarenakan adanya kode unik yang hanya diketahui oleh pemiliknya atau orang-orang tertentu.
  • Dari sisi kunci sendiri lebih handy karena menggunakan smartphone sebagai kuncinya yang bisa dibawa kemana-mana tanpa harus menggunakan banyak kunci.

Kerugian menggunakan Aplikasi Pengendali Pintu Otomatis(APPO) :

  • Tidak adanya algoritma pemrograman untuk sistem proteksi dan password sebagai pengaman pintu, sehingga ketika smartphone yang digunakan untuk kontrol pintu otomatis hilang, maka harus dilakukan pemrograman ulang.

Jadi tunggu apalagi, segeralah untuk bermigrasi dari pintu manual menjadi pintu otomatis supaya rumah mu aman terkendali. Jika anda ingin mengembangkan sistem seperti ini silahkan serahkan ke Techarea. Kami akan dengan senang hati membantu anda dalam mengimplementasikan konsep anda.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *