Mobile Website Vs Aplikasi Mobile 1


Semakin mudahnya untuk mengakses smartphone, kebanyakan dari kita menggunakan perangkat mobile untuk mengakses informasi yang dicari, baik itu mobile web dan aplikasi mobile (mobile app). Perbedaan antara mobile web dan mobile app adalah mobile web ini merupakan sebuah situs web yang biasanya Anda akses melalui komputer atau laptop, namun situs web tersebut didesain untuk dibuka pada browser perangkat yang lebih kecil seperti smartphone atau tablet. Sebaliknya, mobile app adalah aplikasi mobile yang memang dirancang khusus untuk di-Install di perangkat smartphone atau tablet.

Untuk menunjukkan apakah masyarakat sekarang sudah mengenal smartphone atau belum, penelitian yang dilakukan oleh blog.jakpat.net menunjukkan 7 dari 10 responden sering menggunakan smartphone dan telah menggunakannya lebih dari 2 tahun. Seperti yang ditunjukkan gambar 1

mobileweb-vs-mobileapp

Gambar 1

Hasil survey juga menunjukkan lebih dari 50% responden menyatakan mereka menggunakan keduanya dengan porsi yang sama baik menggunakan aplikasi mobile atau mengakses mobile website. Hal ini ditunjukkan gambar 2 berikut ini.

mobile-app-or-mobile-web

Gambar 2

 

Alasan utama kenapa mereka memilih menggunakan mobile apps yaitu kerena aplikasi mobile lebih mudah digunakan, lebih nyaman menggunakan dan memberikan user experience berbeda, aman dan loadingnya lebih cepat sehingga lebih cepat untuk mendapatkan informasi, dan responden mengatakan aplikasi mobile (mobile apps) lebih baik.

Untuk Anda yang memiliki bisnis, jika bisnis Anda tidak ingin tertinggal maka buatlah website Anda mobile friendly artinya website Anda dapat terlihat baik jika diakses menggunakan smartphone. Untuk menunjang produktifitas bisnis Anda dan ingin melibatkan user/ pelanggan makan segeralah untuk membuat Aplikasi Mobile untuk bisnis Anda.

Anda dapat menggunakan jasa Techarea untuk meng-handle dalam mengembangkan mobile website bisnis Anda serta mengembangkan aplikasi mobile untuk bisnis Anda. Agar bisnis Anda tidak tertinggal silahkan hubungi Techarea untuk berkonsultasi dan bekerja sama dalam pengembangan aplikasi bisnis Anda.

prefer-mobile-apps

Gambar 3 : Alasan Kenapa Responden Menggunakan Aplikasi Mobile

Gambar 3 merupakan inforgrafis alasan utama kenapa mereka menggunakan aplikasi mobile (Mobile Apps). Beberapa responden (67.35%) mengatakan aplikasi moblie lebih simpel dan mudah digunakan, responden yang nyaman menggunakan aplikasi mobile sejumlah 56.12% dan kecepatan untuk memperoleh informasi dan mengakses konten dari pada mobile website adalah 48.47%.

prefer-mobile-website

Gambar 4 : Infografis tentang Responden yang Menggunakan Mobile Web

Sebaliknya gambar nomor 4 merupakan beberapa alasan teratas kenapa user menggunakan mobile website untuk memperoleh informasi, Mudah digunakan sebesar 47.22%, karena dengan mengakses web mobile mereka tidak perlu menginstall aplikasi sebesar 36.11 %.

Jadi tunggu apalagi dengan penetrasi internet yang masih sedikit diindonesia namun pengguna smartphone semakin banyak. Segera tingkatkan kualitas IT Anda dengan berkonsultasi dengan tim Techarea untuk mengembangkan sistem bisnis Anda.

Semoga postingan in bermanfaat dan jangan lupa share, komentarmu kami tunggu disini. Apakah website bisnis Anda sudah mobile friendly? Apakah bisnis Anda sudah memiliki aplikasi mobile?

Referensi : https://blog.jakpat.net/mobile-web-vs-mobile-apps-survey-report/


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

One thought on “Mobile Website Vs Aplikasi Mobile