Panduan Google Adsense 04

Panduan untuk Memulai Google AdSense


Setelah Anda membaca tentang Google AdSense untuk Pemula pada post sebelumnya, Anda dapat memulai dan meraih pendapatan dari Google Adsense dengan mengikuti panduan dari Johnson Hur. Berikut langkah-langkahnya.

Cara membuat situs web untuk Google AdSense

Panduan Google Adsense 01

Photo by unsplash.com

Jika Anda ingin membangun situs web dan menghasilkan uang dengan Google AdSense, buatlah situs web berdasarkan topik yang Anda minati.

Mengapa?

  • Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk melakukan riset
  • Anda bisa menikmati pekerjaan Anda

Semakin banyak Anda tahu tentang suatu topik, semakin banyak konten yang dapat Anda tulis. Semakin banyak konten dan traffic situs web Anda, semakin banyak pendapatan AdSense yang dapat Anda hasilkan.

Berikut adalah langkah-langkah dasar untuk membangun situs web dengan AdSense:

  1. Membeli domain.
  2. Mendaftar untuk host web.
  3. Membangun konten situs Anda, halaman, dll.
  4. Mendaftar untuk AdSense dan posting iklan di situs Anda menggunakan plugin atau coding.

Menjadi AdSense publisher yang sukses, tidak berarti Anda perlu memiliki pengetahuan mendalam tentang pengembangan web. Anda bisa percayakan pembuatan website Anda bersama Techarea.

Cara bergabung dengan AdSense

Jika Anda membuat website untuk AdSense, tulis posting blog tentang topik Anda setidaknya 10 hingga 15 halaman konten yang bagus, unik, asli, dan menghibur. Setelah Anda membuat website Anda terlihat rapi, berisi informasi yang berharga, dan Anda siap mendaftar ke AdSense, silakan buka http://adsense.google.com.

Setelah pengajuan Anda selesai dan disetujui, Anda dapat mulai memposting iklan di situs Anda. Google akan memberi Anda kode HTML dari menu AdSense Anda setelah logging in.

Anda dapat menyesuaikan iklan Anda untuk menampilkan skema warna dan box styles yang berbeda. Anda juga dapat memilih untuk hanya menampilkan iklan teks, hanya iklan gambar, atau kombinasi dari keduanya.

Tips dan Trik Google AdSense

Pikirkan cara untuk menarik traffic ke website Anda

Panduan Google Adsense 02

Photo by unsplash.com

“Rahasia” tentang membangun situs web AdSense yang sukses : tidak ada orang yang akan mengunjungi situs web Anda jika Anda tidak memberi mereka alasan untuk berkunjung.

Berikan pengunjung Anda alasan untuk mengunjungi dan ingin datang lagi ke situs web Anda. Ada banyak cara untuk melakukannya, berikut beberapa tipsnya:

  • Sampaikan kepada pengunjung Anda bagaimana cara memecahkan masalah
  • Buatlah konten yang unik dan menarik tentang subjek yang populer
  • Bagikan konten Anda di media sosial
  • Posting sesuatu yang kontroversial
  • Gunakan taktik linkbaiting untuk keuntungan Anda
  • Buatlah situs web tentang topik khusus dimana beberapa situs web lain telah hilang sebelumnya
  • Cobalah untuk viral di media sosial, atau paling tidak, bagikan semua konten Anda di media sosial untuk mengetahui apa yang disukai banyak orang.

Lakukan riset terkait keywords

Riset keywords adalah bagian penting yang memungkinkan Anda untuk melihat tren penting. Anda dapat memanfaatkan keywords yang sedang populer dan menemukan topik yang tidak banyak dibicarakan orang lain. Ini juga memungkinkan Anda melihat apakah ada peluang di topik-topik besar yang sedang populer di situs web yang sudah ada.

Anda dapat menggunakan sejumlah layanan online untuk melakukan penelitian keywords. Google AdWords Keyword Planner adalah salah satu alat riset keywords yang populer, yang mana informasi itu berasal dari Google itu sendiri.

Saat melakukan penelitian keywords, ada empat hal yang harus dicari:

  • Average Cost Per Click (CPC): Ini menunjukkan nilai rata-rata iklan AdSense di topik itu. Semakin tinggi rata-rata CPC, semakin banyak uang yang Anda hasilkan per kliknya.
  • Volume pencarian bulanan global (Monthly global search volume): Ini menunjukkan perkiraan jumlah orang yang mencari keywords tertentu dalam satu bulan rata-rata.
  • Volume pencarian lokal bulanan (Monthly local search volume): Google menjadi semakin lokal. Hanya karena istilah penelusuran didominasi oleh situs web yang kuat secara internasional, bukan berarti situs web tersebut akan muncul di peringkat pertama pada peringkat pencarian di negara Anda. Lihatlah volume penelusuran lokal untuk melihat apakah Anda dapat memonopoli topik pada keyword tertentu di negara Anda. Volume pencarian lokal adalah jumlah orang yang mencari kata kunci setiap bulan di negara Anda.
  • Tren pencarian (Search trends): Beberapa keywords akan meledak popularitasnya dalam waktu lebih dari sebulan dan kemudian hilang selamanya. Keywords lainnya mungkin melonjak pada waktu-waktu tertentu sepanjang tahun – seperti musim pajak atau pertandingan olahraga. Jangan sampai tertipu oleh volume pencarian keyword yang tinggi atau rendah dalam satu bulan – lihat lintasan masa lalu dari volume pencarian kata kunci tersebut untuk mendapatkan ide tentang kemana hal ini akan menuju di masa datang.

Jangan takut untuk memilih topik yang kecil

Terdapat lebih dari 7 miliar orang di planet kita ini dan ada sekitar 2,5 miliarnya itu menggunakan internet secara teratur.

Dengan itu, setidaknya ada sedikit topik yang tidak menarik untuk seseorang di internet. Bahkan lingkup yang paling tidak jelas bisa memiliki pengikut yang tertarik dan berdedikasi.

Jangan takut untuk membuat situs web tentang topik yang sangat khusus. Lakukan riset keywords untuk memastikan setidaknya ada beberapa orang yang mencari informasi tentang lingkup tersebut secara online dan kemudian membuat situs webnya.

Jangan membuat iklan Anda terlihat seperti iklan

Di hari ini, setiap pengguna internet pernah melihat iklan yang mengganggu. Sebagian besar pengguna internet juga telah melihat ribuan iklan selama bertahun-tahun ketika melakukan pencarian.

Pengguna internet rata-rata telah menjadi sangat peka terhadap iklan pop-up yang mencolok dan menjadi umum ketika internet pertama kali populer. Sebagian besar pengguna internet tidak akan mengklik iklan jika mereka pikir itu adalah iklan kecuali itu menawarkan sesuatu yang sangat bagus.

Cara terbaik untuk mendorong orang mengklik iklan Anda adalah untuk membuat mereka menyatu dengan situs Anda. Gunakan gaya dan warna yang umum di seluruh iklan dan situs web Anda.

Mengapa? Karena ketika orang mengunjungi situs web Anda untuk memecahkan masalah, mereka dapat melihat iklan Anda dapat memecahkan masalah. Jika iklan itu tampak seperti ekstensi dari situs web Anda, maka pengunjung lebih cenderung menganggapnya sebagai solusi yang disarankan secara pribadi oleh situs Anda dibandingkan dengan iklan acak.

Tentu saja, tidak semua situs berfungsi lebih baik dengan kebijakan ini. Anda mungkin menemukan bahwa situs Anda memiliki Click Through Rate yang lebih baik jika memiliki iklan yang mencolok dan jelas. Itu tergantung pada topik Anda dan jenis pengunjung yang Anda terima.

Pahami kekuatan SEO

SEO dapat membuat peringkat situs web Anda berada di bagian teratas dalam search engine. Ketika orang mencari keywords di topik tertentu, SEO dapat menampilkan situs Anda menjadi hal pertama yang dilihat orang di Search Engine Results Page (SERP).

Sekitar 80% dari para pencari web mengklik pada 5 hasil teratas pencarian di Google . Jika Anda berada di 5 hasil penelusuran teratas untuk keywords yang bernilai tinggi dan jumlahnya banyak, maka Anda akan menghasilkan banyak uang dari AdSense.

Untuk keywords pencarian yang jumlahnya banyak, situs web yang muncul pada halaman kelima, keenam, dan ketujuh dari Google Search bisa mendapatkan traffic yang cukup untuk AdSense. Ini semua tentang riset keywords dan mengidentifikasi nilai potensial dalam sebuah topik.

SEO adalah profesi yang membutuhkan teknik tinggi yang memerlukan pemahaman yang kuat tentang persyaratan layanan Google serta banyaknya riset kompetitor. Itu bukan sesuatu yang dapat dikuasai siapa pun dalam waktu sehari atau sebulan. Tetapi jika Anda fokus untuk mempelajari strategi SEO dari bulan ke bulan dan tahun ke tahun, maka akhirnya Anda akan melihat strategi mana yang meningkatkan peringkat situs dan mana yang membuat situs Anda dikenai sanksi.

Tujuan akhir dari SEO adalah membuat situs Anda muncul dibagian teratas Google untuk keywords yang bernilai tinggi dan jumlahnya banyak. Setelah situs Anda berada dalam posisi ini, situs tersebut berpotensi untuk menarik traffic harian yang sangat baik dan menghasilkan banyak pendapatan AdSense untuk Anda.

Dan pendapatan AdSense ini bisa menjadi pendapatan pasif (passive income) karena situs Anda menarik traffic tanpa Anda harus terlibat aktif secara langsung. Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk fokus membangun situs web AdSense lainnya.

Mengapa situs web saya tidak menghasilkan banyak uang dengan AdSense?

Panduan Google Adsense 03

Photo by unsplash.com

AdSense bukanlah skema untuk cepat kaya. Anda tidak dapat membangun situs dalam sehari, meletakkan beberapa iklan AdSense di dalamnya, lalu menunggu sebulan dan pergi untuk membeli Ferrari menggunakan uang Anda. Itu tidak akan terjadi.

Terlepas dari fakta itu, setiap hari, ribuan orang di seluruh dunia bertanya pada diri mereka sendiri mengapa mereka tidak menghasilkan banyak uang dengan Google AdSense.

Jadi mengapa Anda tidak menghasilkan banyak uang? Di mana gaji Google Anda? Apa yang perlu Anda lakukan secara berbeda? Berikut adalah beberapa alasan mengapa situs Anda mungkin belum menghasilkan banyak uang dengan AdSense:

Anda tidak memiliki traffic yang cukup

Traffic adalah urat nadi dari situs web AdSense yang sukses. Tidak ada traffic berarti tidak ada klik berarti tidak ada pendapatan.

Beberapa alasan mungkin penting untuk situs web Anda: Anda mungkin memilih keywords yang buruk atau lingkup bervolume rendah.

Alasan lain yang kemungkinan muncul: pemasaran media sosial Anda mungkin kurang baik, Anda mungkin memiliki konten yang buruk, atau Anda mungkin memilih web host yang lambat.

Apa pun alasan traffic Anda yang buruk, Anda harus memperbaiki masalah itu sesegera mungkin. Semakin cepat Anda menarik lebih banyak traffic, semakin cepat Anda dapat mulai menghasilkan banyak uang AdSense.

Anda tidak memiliki Click Thru Rate yang bagus

Click Thru Rate (CTR) adalah tingkat di mana pengunjung mengklik iklan AdSense Anda setelah mengunjungi situs web Anda. Ini adalah persentase pengunjung yang mengklik iklan dan secara efektif memberi Anda uang.

Mencapai CTR yang tinggi adalah perpaduan antara sains dan seni. Ini melibatkan split testing dan memantau perilaku pengunjung Anda.

Anda memiliki harapan dan mimpi yang tidak realistis

Google AdSense itu seperti gambling: semua orang suka bercerita tentang saat-saat mereka menang besar dan menghasilkan banyak uang, tetapi tidak ada yang suka membicarakan saat-saat ketika mereka kehilangan semuanya.

Jangan terlalu sibuk dengan kisah sukses para profesional AdSense lainnya. Abaikan mereka atau gunakan sebagai motivasi, tetapi pahami pelajaran paling penting ini di atas segalanya: 

Menghasilkan uang dengan AdSense adalah kerja keras dan hanya sebagian kecil pengguna yang pernah membuat “banyak” uang dengan AdSense.

Kabar baiknya adalah sama halnya seperti segala sesuatu dalam hidup, setengah dari pertarungan untuk menghasilkan uang dengan AdSense baru saja muncul. Bekerjalah di situs Anda setiap hari, teliti tren terbaru, dan sumbangkan sesuatu yang berharga ke internet. Jika Anda dapat melakukannya dan tetap berpegang pada tujuan Anda, tidak akan lama lagi Anda juga berbagi kisah sukses di internet.

 

Reference

Hur, Johnson. 2016. Beginners Guide on Google AdSense. [Online] Available at :https://bebusinessed.com/web-tutorials/guide-on-google-adsense/  [Accessed October 16, 2018]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.