Tips Beriklan di Instagram untuk Marketers


Selain membangun profil Instagram yang kuat dan menarik followers melalui postingan Anda, brand juga diperlukan untuk menjangkau audiens melalui iklan Instagram. Dan kenapa tidak? Dengan 800 juta pengguna aktif dan 60 persen di antaranya berusia di bawah 30 tahun, Instagram bisa menjadi platform besar untuk menghubungkan Anda dengan audiens sekaligus membangun brand Anda. Ditambah lagi, eMarketer memperkirakan bahwa Instagram akan meraih $6.84 miliar dalam pendapatan iklan seluler global pada tahun 2018 — peningkatan yang cepat dari pendapatan iklan global perusahaan induk Facebook.

Lebih dari dua juta perusahaan menggunakan iklan Instagram untuk menjangkau pengguna, melibatkan followers, dan mempromosikan produk mereka. Jika perusahaan Anda siap untuk bergabung dengan mereka dan mulai beriklan di Instagram, berikut tips yang perlu Anda ketahui menurut Michelle Cyca.

Jenis iklan Instagram

Instagram menawarkan lima format iklan, yaitu: foto, video, carousels, canvas story ads, dan story adsIklan juga terintegrasi dengan Pengelola Iklan Facebook (Facebook Ad Manager), sehingga Anda dapat memanfaatkan informasi pengguna Facebook untuk menargetkan audiens Anda.

Iklan foto (Photo ads)

Photo ads memungkinkan bisnis/perusahaan untuk menceritakan kisah dan menampilkan produk mereka melalui gambar yang menarik. Jika Anda sudah menyusun konten visual yang bagus dan berkualitas tinggi, Anda dapat membagikannya kepada lebih banyak orang dengan Instagram photo ads.

Instagram ads 1

Image by help.shopify.com

Supported Call-to-Action Buttons

  • Apply Now
  • Book Now
  • Call Now
  • Contact Us
  • Get Directions
  • Learn More
  • Get Showtimes
  • Download

Iklan video

Waktu yang dihabiskan pengguna untuk menonton video di Instagram mengalami peningkatan lebih dari 80 persen dari tahun ke tahun. Video yang diposting pada tahun 2017 jumlahnya empat kali lebih banyak dibandingkan dengan tahun 2016. Ini adalah waktu yang tepat bagi para pemilik brand untuk memanfaatkan format pemasaran yang populer ini untuk menangkap perhatian pengguna.

Instagram ads 2

Image by blog.hootsuite.com

Supported Call-to-Action Buttons

  • Apply Now
  • Book Now
  • Call Now
  • Contact Us
  • Download

Carousel ads

Carousel ads memungkinkan pengguna melakukan swipe serangkaian gambar atau video menggunakan call-to-action button untuk terhubung langsung ke situs web Anda. Carousel ads menawarkan ruang kreatif untuk menyampaikan cerita yang lebih panjang mengenai brand Anda, Anda bisa membuat highlight beberapa produk, berbagi multi-part story, atau fokus pada satu layanan sampai 10 gambar atau video.

Instagram ads 3

Image by blog.hootsuite.com

Carousel ads sangat cocok untuk brand yang ingin menunjukkan keserbagunaan kontennya, dan akan cocok untuk brand lain dengan beragam aset kreatif, seperti perusahaan makanan dan fashion.

Supported Call-to-Action Buttons

  • Apply Now
  • Book Now
  • Contact Us
  • Call Now
  • Download

Stories ads

Instagram Stories Ads adalah iklan yang dimunculkan dengan ukuran layar penuh kepada pengguna di antara Stories yang sudah mereka lihat dari orang yang mereka ikuti. 300 juta pengguna Instagram melihat Stories setiap hari, mewakili khalayak luas yang dapat Anda jangkau dengan iklan Anda!

Seperti format iklan Instagram lainnya, Anda dapat menargetkan audiens Anda dan memilih seberapa sering mereka melihat iklan Stories Anda. Karena Stories memiliki waktu kedaluwarsa setelah 24 jam, ini adalah format ideal untuk Anda berbagi penawaran dan promosi dengan waktu terbatas. Dan pengiklan dapat memanfaatkan semua fitur dari Instagram Stories, seperti menambahkan filter wajah, efek video, dan teks untuk menciptakan promosi yang menyenangkan dan kreatif.

Opsi-opsi ini memungkinkan Anda untuk membuat iklan Instagram Stories yang terlihat dan terasa seperti postingan normal Anda — dalam bentuk video atau gambar. Call-to-action dengan format fitur swipe-up dapat membawa audiens langsung ke situs web Anda dari iklan Stories Anda.

Instagram ads 4

Image by blog.hootsuite.com

Supported Call-to-Action Buttons

  • Apply Now
  • Book Now
  • Contact Us
  • Call Now (video only)
  • Download

Canvas Story Ads

Pengiklan juga dapat menggunakan Facebook Canvas untuk membuat video imersif untuk Instagram Stories yang dioptimalkan untuk seluler dan memuat dengan cepat untuk memberi kenyamanan ketika menonton. Facebook memiliki Canvas templates yang membuatnya cepat dan mudah untuk membuat Canvas ad untuk Instagram, atau perusahaan dapat memilih untuk membuat Canvas khusus untuk membuat iklan yang benar-benar unik.

Instagram ads 5

Image by blog.hootsuite.com

Supported Call-to-Action Buttons

  • Apply Now
  • Book Now
  • Contact Us

Praktik terbaik untuk iklan Instagram

Sebelum Anda mengetahui teknis yang diperlukan untuk membuat iklan Instagram, berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat saat Anda membuat iklan Anda:

Kenali audiens Anda

Pelanggan Anda merupakan lebih dari satu set demografi dan minat. Anda telah belajar cara menjangkau orang yang tepat, jadi setelah Anda menarik perhatian mereka, jangan lewatkan kesempatan untuk memanfaatkannya.

Lihat panduan Hootsuite untuk membuat persona audiens untuk membantu Anda memahami audiens Anda. Solusi apa yang ditawarkan oleh produk atau layanan Anda? Apa yang mereka butuhkan dan inginkan? Pertahankan sasaran dan nilai mereka saat Anda membuat iklan.

Gunakan teks dengan bijak

Sebuah gambar bernilai seribu kata. Hal ini bagus karena Anda tidak dapat menggunakan banyak teks di iklan Instagram Anda. Gunakan jumlah karakter teks Anda dengan bijaksana, dan jaga personas audiens Anda dalam pikiran Anda. Pelajari cara menulis call-to-action yang efektif yang akan menarik audiens untuk mengklik iklan Anda dan mengunjungi situs web Anda, melakukan pembelian, atau mengunduh aplikasi.

Gunakan hashtag

Menambahkan hashtag ke pos Instagram dapat meningkatkan engagement dengan rata-rata 12,6 persen. Dan branded hashtag (yang unik untuk perusahaan atau campaign Anda) dapat meningkatkan engagement dan kesadaran.

Anda dapat menggunakan hingga 30 tagar di setiap kiriman, tetapi pikirkan tentang kualitas daripada kuantitas. Coba tagar yang relevan dengan audiens Anda dan populer di industri Anda.

Create an experience

Tahukah Anda 60 persen dari brand teratas menggunakan filter yang sama untuk setiap posting? Itu karena konsistensi membantu memperkuat citra merek Anda.

Setiap elemen iklan Anda harus mewakili siapa Anda sebagai perusahaan. Visual, pesan, dan nada semuanya penting.

Keep it fresh

Ganti iklan Anda secara teratur — setiap satu atau dua minggu — untuk mencegah audiens keluar dari lingkup Anda. Manfaat lain untuk mengubah iklan Anda secara teratur, selain membuat audiens Anda tertarik adalah Anda akan belajar iklan mana yang paling berhasil. Cobalah berbagai keterangan, format, dan audiensi.

Ukur kinerja dan optimalkan

Seperti halnya iklan Facebook, Anda dapat melihat kinerja iklan Instagram Anda di Facebook Ads Manager. Jika Anda menggunakan AdEspresso dari Hootsuite atau Hootsuite Ads, Anda memiliki akses ke kumpulan data real time yang lebih rinci yang memungkinkan Anda untuk melihat iklan mana yang berkinerja terbaik dan mana yang gagal beserta alasannya. Melacak kinerja adalah bagian terpenting dari setiap strategi iklan.

Tetapi ada banyak alasan lain untuk memeriksa analitik Instagram Anda secara teratur. Ini membantu Anda menetapkan tujuan dan sasaran yang realistis untuk setiap campaign baru, mendapatkan keunggulan pada pesaing Anda (dengan mengawasi apa yang mereka lakukan), dan membuktikan ROI kepada atasan atau anggota tim Anda.

Uji kualitas tulisan dan kreativitas Anda

Anda juga harus bereksperimen dengan berbagai tulisan iklan dan visual dalam campaign  yang sama. Apakah “Learn more” berkonversi lebih baik daripada “Shop now”? Bagaimana dengan deskripsi produk, hashtag, atau body copy yang berbeda? Atau warna dan foto yang berbeda?

Anda bisa menggunakan AdEspresso dari Hootsuite untuk menguji iklan Instagram Anda dengan alat pengujian A / B, bahkan memberikan rekomendasi yang disesuaikan untuk meningkatkan kinerja iklan Anda.

Jadi, apakah Anda sudah siap membuat iklan Anda?

Reference

Cyca, Michelle. 2018. How to Advertise on Instagram: A Guide for Marketers. [Online] Available at :https://blog.hootsuite.com/instagram-ads-guide/  [Accessed October 21, 2018]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.