SEO 01

Tutorial Search Engine Optimization (SEO) 2


Mesin pencari (Search Engine) adalah sumber daya yang fantastis untuk mendapatkan pengunjung ke situs web Anda. Sayangnya, untuk membantu search engine menemukan dan memberi peringkat situs web Anda untuk dimasukkan dalam daftar sangatlah menantang. Berikut adalah tips tentang cara agar situs web Anda diperhatikan di search engine secara sah, tanpa menghabiskan banyak waktu menurut Randy Duermyer.

Apa itu Search Engine Optimization (SEO)?

SEO 01

Photo by pexels.com

Optimisasi mesin pencari (SEO) adalah proses yang digunakan pemilik situs web untuk membantu search engine menemukan, mengindeks, dan memberi peringkat halaman web mereka, agar web mereka berada di atas situs web pesaing. Mayoritas pencarian Internet (80%) dilakukan melalui Google.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan peringkat situs web Anda untuk ditempatkan di 10 hasil pencarian teratas dengan keyword Anda di search engine secara alami. Manfaat untuk mencapai peringkat secara alami dibandingkan dengan opsi berbayar, yaitu:

  • Konsumen lebih memilih hasil pencarian alami daripada iklan berbayar.
  • Peringkat secara alami ini gratis.

Tentang SEO

SEO 02

Photo by unsplash.com

Cara Google memutuskan untuk mencantumkan situs Anda didasarkan pada algoritma yang sering berubah. Ini mengharuskan Anda mengikuti aturan dan tren saat ini. Misalnya, pada tahun 2015 Google memutuskan akan memberikan peringkat istimewa ke situs yang ramah seluler karena begitu banyak orang sekarang yang menggunakan perangkat seluler. Bahkan baru-baru ini, Google menambahkan pemberitahuan di browser Chrome untuk menunjukkan apakah sebuah situs aman dengan SSL atau tidak (FireFox memiliki fitur ini juga) dan memasukkannya sebagai bagian dari formula peringkatnya. 

Perubahan ini memaksa pemilik situs web yang ingin tetap mendapat peringkat baik di Google untuk memperbarui situs mereka agar responsif dan menambahkan sertifikat SSL. Dengan begitu, memahami dasar-dasar cara Google dan search engine lain dapat mempermudah Google untuk membantu Anda.

Apa yang Dicari oleh Search Engine saat Memberi Peringkat Situs Anda

Selama bertahun-tahun, SEO menjadi lebih terlibat sebagai search engine dan dikembangkan di banyak aspek untuk memberi peringkat pada situs. Seiring pertumbuhan internet, menentukan hasil yang reliable menjadi lebih sulit. Ada banyak pemilik situs web yang menggunakan taktik blackhat untuk mempermainkan sistem. Ini membuat search engine tidak memberikan pencarian konten web yang dicari.

Google secara khusus telah memerangi ini untuk para pencari web, tetapi lebih menyulitkan bagi pemilik situs web.

Dengan memahami apa yang Google lakukan dan inginkan, Anda bisa menerapkannya untuk meningkatkan SEO Anda. Berikut ini daftar dasar apa yang dilihat Google untuk memberi peringkat situs Anda.

  1. Lama waktu online (Length of time online). Situs yang baru membutuhkan memiliki waktu yang lama dengan SEO karena ada begitu banyak persaingan. Ini karena Google lebih menyukai situs dengan history yang baik dibanding situs yang baru.
  2. Kata kunci (Keywords). Ketika search engine mengunjungi situs Anda, mereka menjelajahi konten halaman dan informasi meta untuk mempelajari tentang apa itu. Ketika orang menggunakan kata kunci ini di search engine mereka, mereka tahu untuk mengirimkan halaman Anda sebagai hasilnya. Itu artinya penting bagi Anda untuk mengetahui kata dan frasa apa yang digunakan pasar Anda di search engine. Anda dapat melakukan ini melalui riset keywords. Sertakan keywords di situs Anda dan judul halaman, di meta tag Anda (keywords, deskripsi), dan dalam konten untuk membantu search engine memahami tentang halaman tersebut.
  3. Tautan keluar (Outgoing links). Search engine suka melihat tautan ke situs lain serta di dalam situs Anda (yaitu menautkan ke konten lain di situs Anda sendiri).
  4. Tautan masuk (Incoming links). Ini adalah tautan ke situs web Anda dari situs lain. Media sosial dapat sangat membantu dalam hal ini, tetapi juga, memiliki situs berkualitas lainnya yang terhubung dengan konten Anda akan sangat membantu meningkatkan peringkat Anda. Search engine akan menilai Anda dari perusahaan yang Anda punya, sehingga sasaran Anda adalah memiliki tautan keluar dan masuk yang berkualitas.
  5. Desain web responsif (Responsive web design). Karena begitu banyak orang menggunakan ponsel atau tablet untuk online, Google kini sudah memasukkan mobile-friendly sebagai salah satu aspek yang dicari saat memberi peringkat suatu situs.
  6. Keamanan (Security). Dengan adanya malware dan virus online, Google telah memutuskan untuk memasukkan keamanan sebagai salah satu faktor dalam memberi peringkat situs web. Ini mencakup dua masalah penting: Salah satunya adalah sertifikat SSL yang disebutkan sebelumnya. Yang lain adalah mengasuransikan situs web dan server Anda adalah yang terbaru dan bebas dari infeksi virus. Anda akan terkejut dengan banyaknya bot yang muncul di situs web yang mencari celah keamanan. Google akan menarik Anda keluar dari hasil pencarian jika situs web Anda disusupi virus (meskipun Anda dapat meminta rangking ulang setelah Anda membersihkan situs Anda).

10 Langkah yang Bisa Anda Lakukan untuk SEO

Setelah Anda mengetahui beberapa hal yang dipertimbangkan oleh search engine, kini saatnya Anda memutuskan cara mengindeks dan memberi peringkat situs Anda. Berikut 10 langkah yang Anda lakukan untuk meningkatkan peringkat search engine Anda untuk meningkatkan traffic and profits.

  1. Pilih kata kunci yang tepat
  2. Pilih nama domain yang tepat
  3. Gunakan kata kunci dalam nama file dan folder
  4. Gunakan kata kunci Anda di judul halaman Anda
  5. Gunakan teks kata kunci di navigasi Anda
  6. Buat konten kata kunci yang bermanfaat – sering mengulanginya
  7. Buat kata kunci sebagai bagian dari META description Anda
  8. Mengamankan incoming links berkualitas tinggi
  9. Gunakan teks kata kunci (bukan “klik di sini”) di tautan Anda
  10. Buat peta situs

10 langkah ini membentuk dasar agar Anda berada di jalur yang benar. Jika kata kunci Anda sangat kompetitif, Anda mungkin tidak pernah dapat peringkat dalam 10 hasil pencarian teratas. Tetapi Anda akan naik dalam peringkat jika Anda meningkatkan traffic pengunjung ke situs Anda.

Kesabaran dan Ketekunan Adalah Keutamaan SEO

Perlu diingat bahwa SEO membutuhkan waktu. Anda tidak akan melihat peningkatan dengan mengikuti tips-tips dalam tutorial ini dalam semalam. Lakukan tips SEO ini setiap kali Anda memperbarui situs web Anda, melalui desain ulang, atau merencanakan situs baru. Popularitas keywords dan daya saing berubah seiring waktu, jadi lakukan riset kembali keyword Anda secara berkala untuk melihat apakah keyword Anda masih menarik traffic.

Terakhir, periksa analitik Anda untuk mempelajari bagaimana orang menemukan situs Anda, halaman apa yang paling mereka sukai, dan kata kunci apa yang mereka gunakan, sehingga Anda dapat menyesuaikan SEO Anda dengan yang sudah berhasil.

Reference

Duermyer,Randy. 2018. Search Engine Optimization Tutorial. [Online] Available at :https://www.thebalancesmb.com/search-engine-optimization-tutorial-1794804 [Accessed August 30, 2018]


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 thoughts on “Tutorial Search Engine Optimization (SEO)