Website UKM

5 Hal yang perlu Anda tahu ketika Membuat Website UKM 2


Untuk Anda yang sedang mengembangkan usaha kecil menengah (UKM) yang menggunakan website dalam marketingnya, Anda perlu mengatur desain website-nya agar nyaman digunakan di perangkat mobile. Dan akses website yang cepat dan bagus, dapat dengan mudah ditemukan mesin pencari google maupun di media sosial seperti Facebook dan Instagram. Berikut ini 5 hal yang perlu Anda tahu ketika Membuat Website UKM:

1. Desain Website.

Desain Website

Photo by pexels

Desain website yang bagus dan dapat ditampilkan dengan baik di semua perangkat mobile seperti smartphone Android dan iOS akan menarik minat pengunjung suatu website. Pengguna smartphone semakin hari semakin meningkat dan sering mengakses website menggunakan perangkat mobile. Dan ketika Anda menginginkan sesuatu untuk dibeli atau dicari biasanya maka Anda langsung mencarinya menggunakan smartphone yang Anda miliki. Jika desain website Anda kurang menarik biasanya user/pengguna tidak ingin berlama-lama di website tersebut dan segera mencari yang lainnya.

2. Konten pada Website.

Konten

Photo by pixabay

Konten pada website selalu dilihat pengunjung website pertama kali pada suatu website. Konten bisa berupa foto produk, gambar karya seni rupa, jajanan khas daerah atau pun video Youtube yang sudah Anda miliki. Konten yang menarik dan jelas dapat meningkatkan pengunjung website Anda. Peringkat website Anda dapat naik jika gambar maupun foto diatur dengan format yang benar dan diberi tag sesuai dengan fotonya. Jika Anda menggunakan WordPress untuk membuat Website maka Anda dapat mengoptimalkan gambar, desain favicon, maupun custom desain dengan tools dan plugin WordPress. Dengan tools dan plugin WordPress biasanya pengaturan konten pada website Anda menjadi lebih mudah.

3. Mudah dicari dan dimonitoring.

Monitor

Photo by rawpixel

Desain Website Anda yang optimal ternyata masih belum cukup jika hanya mengandalkan penggunaan gambar yang bagus dan fitur responsive yang mobile-friendly. Agar Website Anda dengan mudah dicari pembeli lokal maupun klien dari seluruh negeri maka Anda perlu menerapkan teknik SEO (Search Engine Optimization) dengan menggunakan keywords dan metadata yang tepat. Dengan Google Analytics maka Anda dapat melacak hasil pencarian kata kunci, melacak kinerja posting, post di media sosial dan yang lainnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari website Anda. Plugin SEO dan analitik untuk WordPress juga dapat Anda gunakan untuk membantu monitoring Website Anda.

4. Tools untuk Media Sosial.

Sosial Media

Photo by pexels

Media sosial sekarang ini telah banyak digunakan sebagai saluran yang efektif untuk menjangkau konsumen yang potensial dan memperkenalkan suatu produk/layanan. Jika Anda tidak ingin kewalahan dalam mengelola postingan, komentar, maupun penjualan maka Anda dapat menyewa admin media sosial. Namun jika Anda ingin yang lebih murah maka Anda dapat menggunakan tools pihak ketiga seperti HootSuite atau Buffer untuk memposting artikel atau konten Anda dengan waktu yang dapat Anda tentukan. Pilihan terakhir yang paling sederhana yaitu Anda dapat memilih website builder yang menyediakan tools yang Anda perlukan untuk menangani media sosial Anda.

5. Platform e-Commerce.

e-Commerce

Photo by blog.prisync.com

Platform e-commerce merupakan solusi teknologi perangkat lunak atau software untuk membangun storefronts. Apa itu storefronts? Storefronts merupakan skema bisnis yang berkaitan dengan penjualan suatu produk atau layanan. Hal tersebut bisa menjadi salah satu solusi bagi Anda yang ingin memulai dan mempertahankan bisnis toko online. Dengan platform ini Anda dapat menambah fitur yang Anda perlukan seperti pembayaran melalui transfer bank maupun kartu kredit dan Paypal dan masih banyak lainnya.

Kami techarea selalu siap membantu Anda dalam pembuatan Website UKM, Website Bisnis maupun website untuk toko online jika Anda ingin segera memilikinya. Sudah banyak klien yang mempercayai kami dalam pembuatan website.


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 thoughts on “5 Hal yang perlu Anda tahu ketika Membuat Website UKM