Android P

10 Fitur Android P Yang Akan Anda Temukan


Android P dalam beberapa bulan lagi akan rilis. Akan tetapi jika Anda ingin segera mencobanya maka Anda bisa mengunduh Android P Developer Preview 1 (DP 1) sekarang. Sistem operasi ini masih dalam versi beta dan baru bisa di coba oleh beberapa pengguna di perangkat Google Pixel sebelum akhirnya siap dirilis lebih luas. Terdapat beberapa device Android yang dapat Anda gunakan untuk mencoba Android P DP yaitu Google Pixel, Google Pixel XL, Google Pixel 2 atau Google Pixel 2 XL.

Android P kemungkinan akan menggunakan nama Pistachio Ice Cream dan akan dirilis resmi pada bulan Mei. Bersamaan dengan acara konferensi I/O 2018 yang diselenggarakan Google. Meskipun fitur-fitur yang akan muncul belum resmi diumumkan, namun fitur di Android P mulai merebak. Berikut ini 10 Fitur Android P yang akan Anda temukan:

1. Dukungan Multi-kamera.

Multi kamera 2Photo by 9to5google

Beberapa device Android memiliki beberapa kamera di bagian depan atau belakang akhir-akhir ini, namun sangat sedikit yang bisa bekerja secara bersamaan. Google menambahkan API bagi developer untuk menjelajahi dunia di mana beberapa kamera yang digunakan secara bersamaan itu dapat dilakukan.

Ini bisa berarti apa saja, dari depth-sensing magic dengan menggunakan beberapa kamera ke Mode Potret bergaya Apple atau bahkan telepon komersial menggunakan kamera standar dan kamera termal yang pada saat bersamaan untuk melapisi kedua gambar. Selain itu, Google menambahkan dukungan untuk aplikasi untuk menggunakan image stabilization dan flash berbasis display seperti aplikasi kamera utama di device Anda. Intinya kamera pihak ketiga akan terus membaik.

2. Tampilan Dat Notch seperti di iPhone X.

Android P Notch

Photo by 9to5google

Sebagian besar produsen smartphone sekarang ini berlomba-lomba mengecilkan bezels dan sensor yang ada di display utama agar menjadi full screen display. Android P menyediakan beberapa notch / poni dengan API untuk membantu menciptakan UI di display Android. Untuk membantu Anda sebagai developer pada tahap awal ini, beberapa gaya notch yang berbeda dapat Anda coba di simulator Android P meskipun Anda tidak memiliki device Android. Sebuah screenshot dari uji coba Android P Developer Preview 1 menampilkan menu “Display Cutout” (memotong layar). Salah satu opsinya, menawarkan format full screen (layar penuh) dengan memberikan sedikit notch yang menjorok di sisi atas layar.

3. Fitur Smart Replies.

Smart Replies

Photo by androidauthority

Sudah lama sejak Google meluncurkan fitur ‘Smart Reply’ di aplikasi Inbox, Gmail dan Allo. Smart Reply ini nantinya akan memberikan pilihan jawaban ketika akan membalas sebuah pesan menggunakan machine learning algorithm. Fitur ini ada untuk menghemat waktu ketika Anda menulis pesan.

4. Pesan gambar di notifikasi bisa terlihat.

Picture Message

Photo by theverge

User Android P dapat melihat preview pesan bergambar dengan cara menyapu ke bawah papan notifikasi dari atas layar, di mana fitur tersebut belum hadir di sistem Android saat ini. User harus membuka notifikasi terlebih dahulu untuk membuka lampiran pesan bergambar.

5. Memisahkan notifikasi percakapan grup dan personal.

Chat Notifications

Photo by msntechblog

Di versi Android yang banyak digunakan saat ini, tampilan notifikasi percakapan dan personal memang bisa dibedakan. User harus mengetuk notifikasi untuk melihat pesan lebih lengkap. Di Android P kedepannya tampilan notifikasi tersebut akan lebih jelas, sehingga pengguna tidak terlalu sering mengetuk layar.

6. Zooming-Text seperti di iPhone.

Zooming Text

Photo by 9to5google

Sebenarnya ini merupakan fitur tersembunyi yang tidak disebutkan di blog resmi Android. Fitur zooming-text atau perbesar teks mengijinkan user untuk melihat lebih jelas apa yang mereka ketik. Pembesaran teks cukup dilakukan dengan mengarahkan kursor ke kata atau frasa yang dikehendaki.

7. Dapat melihat peta indoor melalui aplikasi.

Indoor Navigation

Photo by androidauthority

Google ingin membuat petunjuk arah saat Anda berada di dalam ruangan sama bagusnya dengan aplikasi Maps saat Anda berada di luar, dan Android P akan mulai mewujudkannya dengan sedikit bantuan dari WiFi Round-Trip-Time (RTT). Fitur di 802.11mc akan memungkinkan aplikasi mengetahui sejauh mana Anda dari jalur akses WiFi yang terhubung dengan Anda, dan developer dapat menggunakan informasi tersebut untuk memberi Anda lokasi di dalam ruangan yang lebih akurat.

8. Teknologi baru kompresi foto.

Image Compression

Photo by gadgetsnow

Pada Android P, foto akan menghemat lebih banyak data saat mentransfer dan menghemat lebih banyak ruang pada device. Berkat dukungan koding gambar melalui teknologi high efficiency image file (HEIF) yang akan menyimpan gambar dengan format HEIC (high effieciency image container) yang akan menggantikan format JPEG.

9. Fitur Autofill Service.

Autofill Service

Photo by androidpolice

Google menyertakan autofill API untuk memungkinkan sistem pengisian data seperti akun dan info kartu kredit secara luas. Framework ini mengelola komunikasi antara Google’s autofill service dan aplikasi lainnya, dan ini bagus untuk menghemat waktu dan menghindari kesalahan. Android P membawa sejumlah API baru dengan autofill framework, serta beberapa perbaikan bug. Secara khusus, akan ada perbaikan dataset filtering, input sanitization, dan mode kompatibilitas.

10. Pengaturan didesain ulang dengan slider volume vertikal.

Volume Slider

Photo by 9to5google

Dengan Android P, halaman Settings mendapat perubahan secara tampilan. Palet warna Putih / Biru sekarang lebih berwarna, yang mana banyak perubahan yang fresh. Slider volume sekarang juga ditempatkan secara vertikal, bukan secara horisontal seperti yang terlihat sampai sekarang. Penempatannya juga telah berubah dari sisi atas ke sisi kanan.

Itu tadi 10 fitur Android P yang akan Anda temukan, dan akan sangat menyenangkan jika Anda segera mencobanya di device Anda. Jika Anda seorang Developer maka aplikasi yang akan anda buat semakin bagus dan menarik nantinya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.