aplikasi-produktivitas-6

5 Aplikasi untuk Memaksimalkan Produktivitas di Tahun 2019

Ketika kita memasuki tahun baru, kita semua membuat resolusi untuk menjadi lebih efektif dan produktif. Berikut adalah beberapa aplikasi yang telah dicoba dan diuji yang dapat membantu produktivitas Anda menurut Dr. Pragya Agarwal.

1. Things

aplikasi-produktivitas-1

Image by Forbes

Aplikasi Things telah dirancang ulang dan mencakup fitur-fitur baru di samping simple to-do list. Kini, lebih banyak detail dan label yang dapat ditambahkan untuk membuat daftar yang dapat dicari, dan juga ada fungsi tambahan untuk ditautkan ke perangkat lain. Ada fungsi tambahan untuk menetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Proyek yang lebih besar dapat dipecah menjadi beberapa judul untuk membuatnya lebih mudah dikelola. Heading dapat memberikan struktur visual yang bagus, judul juga dapat memudahkan Anda mengatur ulang seluruh grup to-dos hanya dengan menyeret (drag) dan melepaskan (drop) judul.

2. Evernote

aplikasi-produktivitas-2

Image by Zapier

Ini adalah aplikasi serbaguna yang dapat menyimpan catatan, baik dalam format audio dan teks, mengatur foto, mengatur pengingat, dan mengunggah lampiran. Anda dapat menandai berbagai artikel web dan menyimpannya untuk dibaca nanti. Anda juga dapat menyinkronkan ke banyak perangkat.

3. IFTTT (If This, Then That)

aplikasi-produktivitas-3

Image by Lifehacker

Anda dapat membuat applet yang bisa disesuaikan tanpa pengalaman pemrograman. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan berbagai layanan secara bersama untuk membuat rangkaian yang memicu berbagai tindakan tergantung pada kondisi yang Anda tetapkan. Kini ada lebih dari 300 channel yang tersebar di berbagai perangkat dan layanan, termasuk jaringan sosial, peralatan pintar, sistem rumah pintar, dan perangkat seperti stasiun cuaca, sistem audio, dan perangkat yang dapat dikenakan (wearable). Ada banyak ruang untuk penyesuaian dan aplikasi ini gratis.

4. Rescuetime

aplikasi-produktivitas-4

Image by PCMag

Rescuetime adalah alat analitik yang berjalan di background dan memonitor penggunaan berbagai aplikasi dan platform Anda. Hal itu memungkinkan Anda untuk memahami kebiasaan sehari-hari Anda. Ada opsi untuk memahami di mana ketidak efisiensian dan kesesuaian, dan juga mengatur alarm yang dapat berbunyi jika Anda menghabiskan lebih dari jumlah waktu tertentu pada salah satu platform media sosial. Anda dapat menetapkan sasaran untuk membantu menjaga Anda berada di jalur dan meningkatkan produktivitas Anda. Anda dapat melihat kemajuan produktivitas Anda di dasbor, dalam bentuk laporan email mingguan dan dalam laporan berdasarkan tujuan. Di antara fitur-fitur premium, ada juga opsi untuk memblokir situs-situs yang paling mengganggu, tetapi ada berbagai fitur luar biasa pada versi gratisnya. Data tentang kebiasaan kerja harian Anda dapat memvisualisasikan bagaimana Anda bekerja pada waktu yang berbeda dalam sehari, dan Anda dapat mengendalikan agar bisa lebih produktif setiap hari.

5. Proofhub

aplikasi-produktivitas-5

Image by ProofHub

Proofhub adalah sistem manajemen proyek yang membawa proyek Anda, tim jarak jauh dan klien Anda masuk dalam satu ruang yang sama. Sistem ini memberdayakan Anda untuk selalu menjaga segala sesuatu di bawah kendali utama Anda. Perangkat lunak pusat memungkinkan Anda untuk mengelola dan menjalankan proyek dan tim Anda dengan berbagai fungsi untuk menjaga semuanya terorganisir di satu tempat secara terpusat daripada banyak barisan email yang panjang. Ini juga memiliki fungsi tambahan yaitu bagan Gantt, untuk menetapkan tujuan dan tenggat waktu, pusat alur kerja yang jelas untuk menetapkan tugas-tugas individu yang memungkinkan manajer mengawasi kemajuan secara keseluruhan, mengidentifikasi kemacetan, dan mengelola aliran dengan lebih baik.

Alat-alat ini dapat mendukung dalam menetapkan tujuan Anda yang lebih jelas, mengelola tugas, dan tenggat waktu serta menciptakan sinkronisasi tanpa batas antara berbagai platform, layanan, dan orang-orang.

Reference

Agarwal, Dr. Pragya. 2018. Five Tools For Maximum Productivity In 2019. [Online] Available at :https://www.forbes.com/sites/pragyaagarwaleurope/2018/12/31/five-tools-for-maximum-productivity-in-2019/#7b6596937769 [Accessed January 4, 2019]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.