data 6

5 Hal yang Diketahui Perusahaan Teknologi Tentang Anda

Salah satu tren teknologi yang kini tengah berkembang adalah big data. Beberapa perusahaan besar yang bergerak di teknologi seperti Google, Facebook, Apple, Twitter, dan Amazon, mereka mengumpulkan informasi tentang Anda dan kebiasaan Anda saat ini. Informasi ini digunakan untuk pemasaran secara khusus bagi preferensi Anda.

Ingin tahu seberapa banyak yang mereka tahu tentang Anda? Berikut adalah ringkasan data yang mereka kumpulkan berdasarkan artikel Larry Kim.

1. Informasi Pribadi

data 1
Image by egyptianstreets.com

Data yang paling utama adalah informasi dasar seperti nama Anda, jenis kelamin, tanggal lahir, informasi kontak, dan lain sebagainya. Informasi ini dapat ditemukan dengan mudah, kecuali jika Anda menggunakan data palsu.

Selain informasi pribadi, lokasi dan alamat Anda juga bisa dilacak melalui fitur pelacakan lokasi pada smartphone. Ini berarti, Anda bisa terlacak dimanapun Anda berada. Hal ini sangat berguna bagi bisnis lokal yang ingin memasarkan produknya ke pelanggan di daerah tersebut.

Status hubungan, status pekerjaan, etnisitas, keyakinan dan politik, juga merupakan data yang dapat digunakan untuk keperluan bisnis, seperti menawarkan produk atau iklan-iklan berdasarkan data yang Anda miliki.

Latar belakang pendidikan Anda juga menjadi salah satu poin yang dicari perusahaan. Karena lulusan perguruan tinggi lebih cenderung memiliki pekerjaan yang lebih tinggi, yang biasanya berkorelasi dengan pendapatan yang lebih tinggi. Dari data inilah, perusahaan dapat melacak tingkat pendidikan Anda.

2. Data terkait Keamanan

data 2
Image by CIO Australia

Dalam hal keamanan di era teknologi, face ID atau identitas wajah menjadi salah satu solusi keamanan biometrik yang dikenalkan oleh perusahaan Apple. Cina memanfaatkan teknologi ini  untuk sistem pengawasan publik mereka yang canggih.

Selain identitas wajah, Anda perlu menjaga informasi terkait keuangan dan perbankan. Karena jika tidak, mungkin ada orang di luar sana yang dapat melakukan hal-hal buruk dengan uang Anda. Mungkin banyak orang cenderung memasukkan nomor kartu kredit mereka di toko online, sehingga perusahaan bisa mendapatkan informasi ini setiap saat.

3. Riwayat atau Jejak Pencarian

data 3
Photo by LinkedIn Sales Navigator on Unsplash

Setiap Anda melakukan kegiatan menggunakan perangkat yang terhubung internet, sudah bisa dipastikan Anda akan meninggalkan jejak pencarian atau riwayat. Karena perangkat akan diberi alamat IP (internet protocol) yang unik. Selama alamat IP Anda diketahui, segala aktivitas online Anda pun dapat dilacak. Bahkan perangkat Anda dapat diretas jika Anda kurang beruntung atau tidak cukup hati-hati. Itu sebabnya Anda harus sangat berhati-hati dengan orang yang mengetahui alamat IP Anda.

Selain alamat IP, riwayat komunikasi seperti mengirim pesan, panggilan secara online, juga dapat diarsipkan dengan cara tertentu. Misalnya, seperti Facebook Messenger, mereka dapat menyimpan riwayat obrolan Anda, dan contoh lain seperti Skype dapat menyimpan riwayat panggilan Anda juga.

Riwayat pencarian di Google atau mesin pencari lainnya, media konsumsi seperti Youtube, perilaku Anda di media sosial, dan riwayat pembelian, merupakan poin-poin penting bagi perusahaan guna mengetahui tentang hal-hal yang Anda minati, kebiasaan Anda, apa pun yang Anda suka, komentar Anda, apa yang Anda beli, iklan apa yang Anda klik, semuanya akan terekam. Ini menjadi data-data yang bisa digunakan untuk mempromosikan suatu produk yang dapat menarik perhatian Anda.

4. Data terkait Rutinitas

data 4
Photo by FitNish Media on Unsplash

Jika Anda menggunakan aplikasi kalender seperti Google Calendar, semua data mengenai acara-acara Anda akan disimpan bahkan setelah acara Anda sudah selesai. Perusahaan menggunakan data ini untuk mempelajari bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda, seberapa terorganisir Anda, dan seberapa sibuk Anda.

Selain itu, aplikasi pelacak kebugaran atau fitness tracker mulai banyak bermunculan. Data kebugaran dan kesehatan ini dapat merekam data tentang kebiasaan olahraga Anda, seberapa Anda sadar tentang kesehatan Anda, dan seberapa konsisten Anda dengan latihan kebugaran Anda.

5. Perangkat yang Digunakan

data 5
Photo by Pixabay

Perangkat yang Anda gunakan untuk mengakses internet, juga menjadi satu hal yang diperhatikan oleh perusahaan. Karena hal tersebut mempengaruhi cara mereka membentuk format media mereka. Misalnya, pengguna perangkat smartphone yang kini semakin banyak, dapat menyebabkan perusahaan membuat konten dan iklan yang lebih mobile-friendly.

Selain perangkat smartphone, kini perangkat seperti Amazon Alexa atau Google home juga banyak digunakan untuk mengakses informasi dan membeli barang-barang.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan membuat kita semakin bijak di era informasi ini. Jika Anda memiliki ide untuk membuat produk bisnis Anda, Anda bisa konsultasi dan mewujudkan produk Anda bersama Techarea.

Reference

Kim, Larry. 2019. 22 Things Big Tech Companies Know About You Right Now. [Online] Available at :https://medium.com/the-mission/22-things-big-tech-companies-know-about-you-right-now-ccc16f3fef48 [Accessed March 6, 2019]



Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.