5 Tips Tetap Produktif Selama WFH Imbas Covid-19

Tips Produktif WFH Gambar 1
5 Tips Tetap Produktif Selama WFH Imbas Covid-19

Tips Tetap Produktif Selama WFH

Sejak ditetapkan wabah pandemi covid-19 sebagai wabah nasional sejumlah perusahaan memberlakukan bekerja dari rumah atau biasa disebut Work From Home(WFH) bagi para karyawan. Guna memutus mata rantai virus  di indonesia. 

Bisa menjalankan kerja dari rumah mungkin memang menyenangkan, kamu tidak perlu repot datang ke kantor. Tapi, sejumlah orang yang tidak terbiasa bekerja dari rumah menjadi tantangan baru karena perlu penyesuaian. Bahkan  merasa mengalami banyak godaan ketika berada di rumah. Misalnya saja untuk menonton televisi, bermalas-malasan untuk tidur bahkan sekedar bermain game. 

Tentu saja hal ini sangat menganggu pikiran kamu hingga pekerjaan menumpuk. Itulah sebabnya, Kamu perlu menyemangati diri untuk tetap produktif walaupun bekerja dari rumah atau Work From Home.

Berikut sejumlah tips yang kamu bisa coba agar tetap produktif selama WFH atau Work From Home.

1. Pilih Ruang Kerja

Tips Produktif WFH Gambar 2
Pilih Ruang Kerja

Memilih ruang kerja untuk  Work Form Home adalah bagian terpenting, karena ini adalah salah satu bentuk  penunjang kenyamanan kamu dalam bekerja. Siapkan ruang yang menurut kamu nyaman dan tidak menggangu aktivitas anggota keluarga yang lain sehingga tidak mengganggu konsentrasi kamu.

2. Tetapkan Jam Kerja

Tips Produktif WFH Gambar 3
Tetapkan Jam Kerja

Meskipun bekerja dari rumah bukan berarti kamu bisa bangun siang. Sebab, semakin siang kamu memulai pekerjaan maka akan semakin siang pula waktumu untuk mengerjakan.

3. Buat To Do List Mengerjakan Yang Jadi Prioritas

Tips Produktif WFH Gambar 4
Buat To Do List Mengerjakan Yang Jadi Prioritas

Buatlah daftar pekerjaan yang menjadi prioritas untuk kamu kerjakan terlebih dahulu. Hal ini akan membantu kamu untuk fokus. Jika mengalami kendala, kamu tetap tau mana yang menjadi prioritas dikerjakan terlebih dahulu.

Baca juga : 9 cara belajar pemrograman dengan cepat

4. Buat Jam Istirahat

Tips Produktif WFH Gambar 5
Buat Jam Istirahat

Ingatlah, meskipun kamu berada di rumah, kamu tetap bekerja secara online. Istirahatlah sejenak setiap 75 hingga 90 menit, selama 15 menit per istirahat.

Manfaatkan waktu kamu sebaik mungkin untuk memenuhi kebutuhan fisik kamu seperti makan, memejamkan mata sebentar, mencari ketenagang dengan solat atau menghirup udara segar. Kamu akan menyadari lebih produktif ketika pergi menjauh dari meja dan komputer. 

5. Berpikir Postif

Tips Produktif WFH Gambar 6
Berpikir Postif

Kondisi seperti ini, tidak kamu saja yang terkena dampaknya. Tak akan mudah dihadapi oleh siapapun. Karena sejumlah orang terpaksa menjalankan pekerjaan mereka di luar rumah yang mimiliki resiko lebih tinggi. Berfikir positiflah, ambil pikiran yang berbeda untuk menghadapi kondisi ini. Bersyukurlah karena kamu masih bisa bekerja dari rumah.

Jangan lupa selepas lelah bekerja lalukan kegiatan yang kamu sukai untuk membuat kamu rileks kembali. Seperti membaca buku dan menonton drama kesukaanmu.

Semoga tips tetap produtif ini bisa membantu kamu selama Work From Home ya. Tetap semangat bekerja, di rumah aja, dan sehat selalu. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

× Konsultasi GRATIS dengan kami?