7 Prototyping Tools yang Bisa Mempermudah Desain Aplikasi Anda

Prototyping tools merupakan sesuatu yang selalu diperlukan oleh para UI/UX Designer dari seluruh dunia untuk mendesain aplikasi android atau aplikasi iOS, tak terkecuali untuk para UI/UX Designer di negeri kita Indonesia. Dari beberapa tools itu ada yang berbayar dan ada yang free. Yang berbayar pun Anda bisa mencobanya terlebih dahulu biasanya selama 30 hari dan ketika Anda cocok maka Anda bisa membeli versi full-license. Jika Anda baru pertama kali terjun ke dunia UI/UX Designer, maka tools dibawah ini perlu Anda ketahui.

1. Sketch App.

Sketch View

Photo by sketchapp

Sketch adalah sebuah tool desain berbasisi vektor yang membantu Anda merancang Interface dengan cepat dan intuitif. Seperti kombinasi antara Photoshop dengan Illustrator tetapi tool ini lebih ringan dengan artboard yang tak terbatas. Juga memiliki banyak template yang dapat Anda gunakan untuk proyek Anda untuk membuat interface aplikasi Android, iOS, dan Website. Dengan semakin banyaknya plugin yang sudah dikembangkan para developer, sekarang Anda juga bisa membuat font, meng-generate dummy data dan bisa disinkronkan dengan cloud. Fitur lainnya yaitu  “export to code” yang merupakan plugin Launchpad untuk aplikasi Sketch yang berfungsi mengubah design Anda menjadi kode dalam hitungan detik. Ini membantu Anda menyelesaikan projek anda lebih cepat dari sebelumnya. Namun tool ini tersedia hanya untuk pengguna Mac.

2. Adobe XD.

Photo by Adobe

Adobe telah dikenal dengan Photoshop dan Illustrator-nya. Namun tahun lalu Adobe meluncurkan tool prototipe baru UX Adobe Experience Design CC (sebelumnya dikenal sebagai Project Comet). Adobe XD difokuskan pada dua tab yaitu Design dan Prototype. Tab Design menampilkan tool vektor dan teks sederhana, dan digunakan untuk membuat desain Anda. Tab Prototype adalah untuk melihat preview, dan berbagi desain Anda. Dengan Adobe, Anda bisa membuat prototype high-fidelity juga pada PC.

Adobe XD dibangun untuk memenuhi kebutuhan UX/UI designers hari ini, dengan tool yang intuitif memberikan ketepatan dan performa yang membuat tugas sehari-hari terasa mudah. Gunakan fitur hemat waktu seperti Ulir Bergambar dan artboards yang fleksibel untuk menciptakan segala sesuatu mulai dari wireframes kesetiaan rendah sampai prototip interaktif sepenuhnya untuk layar dalam hitungan menit. Kabar baiknya untuk Anda bahwa tool ini tersedia untuk Mac maupun Windows.

3. Origami.

Origami Studio Interface

Photo by Origami

Dengan tool ini Anda bisa mengeksplorasi dan menguji ide Anda saat membangun produk digital. Sebuah tool baru yang bagus untuk men-design interface modern, dibuat dan digunakan oleh para designer di Facebook. Anda dimudahkan dalam membuat prototype dengan layer. Bawa layer dari Sketch dan mainkan masks, particle systems, dan live kamera. Menghemat waktu pengerjaan dengan komponen Material dan komponen iOS. Anda bisa membuat library sendiri untuk tim Anda dan merancangnya lebih cepat dengan tim Anda. Tool ini hanya tersedia untuk pengguna Mac.

4. InVision.

Mockup Prototyping

Photo by invisionapp

Di antara semua prototyping tool yang populer, ada InVision, yang juga terintegrasi dengan Sketch. Ini merupakan produk Webby yang memberi UI/UX Designer kebebasan untuk men-design, me-review, menguji dan membagikannya dengan developer dan anggota tim lainnya. Keuntungan paling menonjol dari produk ini yaitu terdapat fitur kolaborasi proyek, yang memungkinkan semua user memberikan umpan balik, membuat catatan dan melihat perubahan produk secara real time. InVision juga menawarkan layanan lengkap untuk membuat prototype untuk mobile, dengan demikian dapat mensimulasikan fleksibilitas produk digital dan penggunaannya di ponsel. Tool ini tersedia untuk Mac maupun Windows.

5. Zeplin.

Zeplin

Photo by zeplin

Bekerja dengan Sketch menjadi sangat menyenangkan ketika kita menggunakannya dengan plugin. Plugin ini adalah salah satu yang paling berguna. Ini membantu developer dengan mudah memeriksa ukuran, font, warna dan dimensi interface design Anda. Selain itu, Zeplin memungkinkan download secara langsung setiap elemen dari artboards ke elemens. Dengan mempersiapkan file CSS style dari interface, maka akan menghemat banyak pekerjaan untuk developer front-end. Hanya tersedia untuk pengguna Mac.

6. Framer.

Framer

Photo by framer

Dengan tool ini anda dapat membuat gambar, animasi, dan membagikan pekerjaan high-fidelity Anda. Framer adalah tool terbaik untuk screen design dan interactive prototyping. Hal penting yang perlu Anda ketahui yaitu Anda harus ngoding dengan CoffeeScript. Dan ketika Anda menguasainya, tool ini cukup menyenangkan yang memiliki pilihan tanpa batas. Pada dasarnya Anda dapat melakukan semua hal yang mungkin dilakukan di web, seperti menggunakan data secara langsung, atau membuat 100 proyek unik yang berbeda dalam 100 hari. Tool ini memiliki tool desain sendiri di dalamnya tapi juga terintegrasi sempurna dengan Sketch. Jika Anda tidak terlalu berpengalaman dengan Framer saya masih merekomendasikan untuk mencobanya. Ini cukup bagus dan learning curve yang mudah. Akan tetapi tool ini hanya tersedia untuk pengguna Mac.

7. UXPin.

UXPin

Photo by uxpin

UXPin memungkinkan designer untuk melakukan transisi dengan halus antara setiap tahap dalam proses design, semuanya dalam dokumen yang sama. Paper sketches, wireframes, mockups, prototypes dan semua kombinasi unik dari ini yang dapat Anda pikirkan. Misalnya, Anda dapat membuat wireframe interaktif dengan cepat hanya dalam beberapa menit dan segera mulai mengujinya. Anda kemudian dapat membuat file yang sama, menggabungkan hasilnya dari tes pertama. Membuat pixel-perfect mockup dalam Sketch atau Photoshop, kemudian meng-upload-nya langsung ke dokumen yang sama untuk membuat high-fidelity prototype dari layout wireframe gambar asli yang sama. Menariknya tool ini dapat digunakan di Mac maupun Windows.

Dari 7 tool diatas semoga dapat menjadi referensi Anda para UI/UX Designer negeri ini untuk terus berkarya. Jika Anda menyukai artikel ini dan ingin bermafaat bagi yang lainnya Anda bisa share di media sosial.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 thoughts on “7 Prototyping Tools yang Bisa Mempermudah Desain Aplikasi Anda”