resolusi-2019-2

Daftar Resolusi Teratas Tahun 2019 untuk Keberhasilan Belajar dan Karier


Awal tahun 2019, Inc. Magazine baru saja menerbitkan Top New Year’s Resolutions For 2019 dan mari kita lihat daftar resolusi tahun 2019 melalui infografik dari Statista:

resolusi-2019-1

Image by Statista

Dari infografik tersebut, kita bisa melihat bahwa resolusi dalam hal kesehatan menempati posisi atas, mulai dari:

1. Diet atau makan lebih sehat 

2. Berolahraga lebih banyak

3. Menurunkan berat badan

Ketika hal-hal ini ditujukan untuk belajar, Buddha Gautama menawarkan kutipan yang menginspirasi kepada kita tentang hubungan antara kesehatan dan pembelajaran:

To keep the body in good health is a duty… otherwise we shall not be able to keep our mind strong and clear.

Yang intinya adalah kita harus menjaga kesehatan untuk menjaga pemikiran kita yang kuat dan jelas.

Poin selanjutnya adalah:

4. Menghemat uang

5. Mempelajari keterampilan baru

Kedua hal ini saling berkaitan karena di dunia sekarang, biaya pendidikan menjadi hambatan yang nyata bagi sebagian banyak orang. Seperti yang baru-baru ini dilaporkan oleh Forbes (dalam sebuah artikel dengan judul: Price Of College Increasing Almost 8 Times Faster Than Wages):

Student loans now make up the largest chunk of U.S. non-housing debt.

Nah, bagi Anda yang ingin belajar keterampilan pemrograman misalnya, dengan biaya yang terjangkau, Anda bisa memilih kursus-kursus online. Salah satunya seperti Udacity yang memiliki program pembelajaran yang intensif, efisien, dan ekonomis.

6. Berhenti merokok

Jika Anda tidak yakin bagaimana ini terhubung dengan keberhasilan belajar dan karier, Anda mungkin bisa membaca artikel berikut ini:

You won’t believe the staggering amount of time wasted on workplace smoke breaks

Poin berikutnya yaitu:

7. Membaca lebih banyak

8. Menemukan pekerjaan lain

Dua poin ini cocok untuk berdampingan karena alasannya terkait dengan artikel LinkedIn terbaru tentang keterampilan yang dicari perusahaan di tahun 2019:

The Skills Companies Need Most in 2019 — And How to Learn Them

Dalam artikel tersebut, penulis mencatat bahwa, “57% dari pemimpin senior hari ini mengatakan bahwa soft skill lebih penting daripada hard skill.” Dan mengenai soft skill urutan pertama yang dicari pengusaha adalah kreativitas.

9. Minum alkohol lebih sedikit

Ini adalah masalah dengan konsekuensi nyata di tempat kerja, sama halnya seperti merokok. Berikut ini satu statistik kuat:

Workers with an alcohol problem are 270% more likely to have an accident.”

Itu berasal dari artikel berjudul Alcohol & Drugs in the Workplace. Dalam artikel lain, Excessive Drinking is Draining the U.S. Economy, kita belajar bahwa, “Biaya penggunaan alkohol di AS naik hampir seperempat triliun dolar pada tahun 2010.”

Lebih penting lagi, kita juga belajar bahwa, “sebagian besar biaya dihasilkan dari kerugian dalam produktivitas tempat kerja (72% dari total biaya).”

Singkatnya, mengurangi minum alkohol = lebih banyak produktivitas!

10. Menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga dan teman

Ini mungkin terdengar seperti kebalikan dari belajar dan bekerja, tetapi pada kenyataannya, keluarga dan teman-teman Anda dapat memainkan peran yang sangat penting dalam pembelajaran dan kesuksesan karier Anda. Kisah Serene Liu adalah contoh yang sempurna untuk poin ini:

“Dengan begitu banyak teman dan keluarga saya yang sudah bekerja di industri pemrograman, saya mulai terlibat dengan mereka secara online, mengajukan pertanyaan dan membaca posting mereka. Sederhana bagi saya untuk online dan melakukan ping ke salah satu dari mereka dengan pertanyaan tentang studi saya. Saya mendapatkan banyak perspektif, dan mereka tidak akan hanya memberi tahu saya jawabannya, tetapi akan menjawab pertanyaan saya dengan lebih banyak pertanyaan. Ini memaksa saya untuk memikirkan masalah secara berbeda.”

Dan inilah pertanyaan dan jawaban yang indah, diambil dari wawancara baru-baru ini yang dilakukan Udacity dengan lulusannya, Kimberly McCaffrey:

“Apa pendapat keluarga Anda tentang fokus baru Anda dalam membangun situs web?
Suami saya sangat bangga pada saya. Dan anak-anak semuanya benar-benar mendukung saya. Mereka benar-benar mengerti bahwa ibu seperti saya sedang mencoba sesuatu yang baru, belajar pemrograman. Jadi mereka mencuci pakaian. Mereka akan membuat makan siang. Sangat mengharukan mengetahui bahwa mereka berdiri mendukung saya, dan mereka mengerti betapa pentingnya ini bagi saya.”

Nah, di minggu pertama bulan Januari ini, Anda mungkin sudah membuat resolusi Tahun Baru Anda. Mungkin saja tidak semua fokus pada pembelajaran dan kesuksesan karier. Tetapi, apakah Anda berminat untuk meletakkan mereka dalam resolusi Anda? Anda bisa berkonsultasi dan mendapatkan bimbingan belajar di Techarea.

Reference

Watkins, Christopher. 2019. The Top New Year’s Resolutions for 2019, and What They Have to Do with Learning and Career Success. [Online] Available at :https://medium.com/udacity/the-top-new-years-resolutions-for-2019-and-what-they-have-to-do-with-learning-and-career-success-b8999af036e4 [Accessed January 7, 2019]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.