Membuat Nama Toko Online yang Bagus, Keren dan Mudah Diingat

Memilih nama toko online merupakan salah satu part terpenting dalam memulai sebuah bisnis. Tidak hanya sebagai sebuah identitas, nama toko online juga memiliki pengaruh yang cukup besar dalam sebuah bisnis.

Saat bisnis Anda berkembang semakin besar, hal yang paling diingat oleh customer bukanlah produk yang Anda jual, melainkan nama toko atau brand yang Anda gunakan. Jadi, pemilihan nama online shop merupakan bentuk investasi jangka panjang yang harus Anda pikirkan secara baik-baik.

Selain itu, ketika sebuah bisnis sudah dikenal banyak orang. Citra dan reputasi sebuah bisnis bisa terlihat hanya dari nama brand-nya saja.

Masalahnya, untuk bisa menentukan nama online shop yang bagus bukanlah hal yang mudah. perlu banyak pertimbangan sampai akhirnya mendapatkan nama yang cocok dan bisa menggambarkan sebuah bisnis.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, jika saat ini Anda sedang kesulitan menemukan nama toko online, silahkan baca artikel ini sampai akhir. Karena disini kita akan membahas tentang berbagai ide, cara, tips, contoh, serta tools yang bisa digunakan untuk mencari referensi nama toko online yang menarik.

Ide Membuat Nama Toko Online

Inspirasi untuk membuat nama toko online sebenarnya bisa datang darimana saja, bahkan terkadang inspirasi tersebut datang secara tiba-tiba. Contohnya seperti ketika berada diperjalanan, sedang makan, atau saat sedang menggunakan media sosial.

Tapi jika sampai saat ini Anda masih kesulitan untuk menemukannya, berbagai cara berikut ini bisa Anda lakukan untuk mencari nama online shop.

1. Gabungan Dua Kata atau Lebih

Ide membuat nama toko online pertama yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggabungkan dua kata atau lebih. Kata-kata itu bisa berasal dari berbagai macam hal. Misalnya jenis nama pemilik, jenis barang dan lain sebagainya.

Namun jika Anda menggunakan cara ini, usahakan tidak lebih dari tiga kata. Karena jika terlalu panjang justru kurang bagus untuk nama toko online. Beberapa contoh nama online shop yang menggabungkan beberapa kata diantaranya Ninofashion, Rezz kids, dan masih banyak lagi.

2. Mewakili Produk atau Jasa

Tidak sedikit nama toko online yang mengandung unsur nama produk atau jasa, Anda juga bisa mencoba cara ini untuk online shop Anda.

Unsur nama produk atau jasa yang digunakan untuk nama toko online umumnya terdapat pada toko yang menjual produk atau jasa yang spesifik. Misalnya menjual alat elektronik, tas, sparepart, dan lain sebagainya.

Contoh nama online shop yang mewakili produk atau jasa :

  • Star komputer
  • Radeyya hijab
  • Vanilla hijab
  • Jagoan helm
  • Mega petstore

Manfaat lain menggunakan unsur kata yang mewakili nama produk atau jasa adalah berkaitan dengan SEO.

Misalnya saja Anda menjual sepatu dan menggunakan unsur kata “sepatu” atau “shoes” pada nama online shop. Hal itu juga bisa meningkatkan peluang toko online Anda muncul di hasil pencarian. Namun, hal itu juga dipengaruhi beberapa hal lain seperti popularitas dan rating toko online.

3. Mewakili Bisnis atau Industri

F&B, teknologi, kosmetik, atau fashion? Pemilihan nama untuk toko online juga bisa diidentifikasi dari jenis bisnisnya. Cara ini bisa Anda gunakan jika Anda ingin menunjunjukkan dengan jelas bidang bisnis Anda.

Misalnya seperti Techarea. Unsur kata Tech di awal menunjukkan bahwa bidang bisnis kami bergerak di bidang teknologi. Spesifiknya pada pembuatan website, aplikasi, landing page dan beberapa hal lain yang masih berhubungan dengan teknologi.

4. Mewakili Daerah

Nama daerah biasanya digunakan oleh toko online yang menjual barang yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Hal itu tentunya menjadi cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Sebagai contoh Anda menjual kain tenun khas lombok. Orang akan lebih percaya jika ada unsur nama daerah tersebut dibandingkan dengan yang tidak menggunakan nama daerah tersebut. Tapi kembali lagi, kepercayaan pelanggan tentu tidak bisa diukur dari satu sisi saja. Selain nama daerah, nama jalan juga tidak jarang dipakai untuk nama toko online.

5. Mewakili Owner

Sebagai pemilik bisnis, Anda juga bisa menggunakan nama Anda sebagai nama toko online. Cara ini banyak digunakan oleh public figure ketika membuat sebuah bisnis. Popularitas nama mereka bisa membantu mendongkrak bisnis yang mereka miliki.

Meskipun Anda bukan seorang public figure, tidak ada salahnya menggunakan nama Anda untuk online shop. Dengan catatan nama Anda cukup singkat dan mudah disebutkan.

6. Singkatan atau Inisial

Tetap ingin menggunakan nama Anda namun terlalu panjang? Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan inisial nama Anda agar lebih singkat.

Banyak artis yang menggunakan cara ini sebagai nama bisnis mereka. salah satu contohnya seperti Rafi Ahmad dan Nagita Slavina yang menggunakan nama RANS Entertaiment untuk bisnis mereka. Cara ini juga Anda coba gunakan untuk menemukan nama toko online yang Anda miliki.

7. Bahasa Asing

Cara terakhir yang juga banyak digunakan oleh para pemilik bisnis adalah menggunakan bahasa asing. Bisa berupa bahasa spanyol, inggris, portugis, arab, bahkan bahasa sansekerta.

Brodo adalah salah satu brand yang menggunakan bahasa asing untuk nama toko online mereka. Brodo sendiri berasal dari bahasa yunani yang artinya “kuah kaldu ayam”. Lalu apa hubungannya dengan sepatu? Anda bisa pelajari lebih lanjut di internet.

Itulah beberapa ide yang bisa Anda jadikan referensi ketika mencari nama untuk toko online.

Kumpulkan sebanyak mungkin alternatif nama menggunakan cara-cara di atas dan jangan lupa untuk mencatatnya. Sehingga nantinya Anda akan lebih mudah untuk melakukan seleksi nama-nama tersebut.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Membuat Website untuk Bisnismu?

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Nama Toko Online

Setiap pemilik bisnis pasti memiliki keinginan yang besar agar bisnisnya bisa terus berkembang. Maka dari itu ketika menentukan nama brand, biasanya terdapat unsur harapan atau filosofi yang kuat dalam nama tersebut.

Filosofi dari nama tersebut juga pasti akan terangkat dan banyak dibicarakan saat brand sudah banyak dikenal. Jadi, pastikan juga nama yang Anda pilih itu tidak mengandung unsur yang justru bisa menjatuhkan usaha Anda.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat memilih nama toko online.

  • Tidak menyinggung SARA

    Benar-benar perhatikan secara detail nama yang Anda pilih, pastikan bahwa nama tersebut tidak berpotensi menyinggung suku, agama, ras, dan antar golongan.

    Jangan sampai ketika nama toko online sudah dikenal, tiba-tiba nama toko tersebut justru berpotensi menimbulkan masalah.
  • Tidak Menggunakan Kata-Kata yang Sensitif

    Selain tidak menyinggung SARA, kata-kata yang sekiranya sensitif juga sebaiknya tidak disarankan untuk digunakan. Contohnya seperti kata-kata umpatan dan yang berkaitan dengan barang-barang yang dilarang.

    Pilihlah nama toko online Anda dengan teliti dan pikirkan jangka panjangnya. Lebih baik lagi jika Anda benar-benar memahami makna dari nama tersebut.

Tips Membuat Nama Toko Online

Banyak sekali tips untuk membuat nama toko online yang bagus. Namun, kami sudah memilih beberapa tips yang penting untuk menjadi pertimbangan ketika membuat nama online shop.

1. Singkat dan Sederhana

Pilihlah nama toko online yang singkat dan sederhana. Hal itu jelas akan lebih memudahkan orang untuk mengingat nama online shop Anda. Tidak hanya itu, penggunaan nama toko yang sederhana juga membuat toko Anda lebih menonjol dibanding yang lainnya.

Tips ini tentu bukan menjadi rahasia lagi, karena seperti yang Anda lihat. Banyak brand-brand besar yang juga menggunakan nama yang singkat dan sederhana. Contohnya seperti Zara, Channel, Dior, Nike, Adidas dan masih banyak lagi.

2. Mudah Diucapkan

Tips selanjutnya yang juga penting dalam memilih nama toko online yaitu harus mudah diucapkan. Hindari memilih nama online shop yang sulit diucapkan. Sebab, hal itu justru membuat orang malas untuk mengingat kembali nama toko online Anda.

3. Mudah Diketik

Saat ingin mencari sebuah barang di online shop, orang pasti akan mengetikkan nama barang atau nama tokonya. Mayoritas orang mungkin akan mencari nama barangnya.

Namun, orang yang sudah pernah membeli dari toko Anda dan puas dengan produknya, Maka kemungkinan mereka akan langsung mencari nama online shop Anda ketika ingin membeli produk yang serupa. Itulah hal yang menjadi alasan pentingnya menggunakan toko online yang mudah diketik.

4. Berbeda & Unik

Anda pasti sudah tahu bahwa sudah ada jutaan toko online yang ada di internet. Baik itu di marketplace maupun di media sosial seperti instagram, facebook dan sebagainya.

Oleh karena itu, pastikan lagi bahwa nama yang Anda pilih memang belum ada yang menggunakan sebelumnya. apalagi kalau nama tersebut ternyata sudah didaftarkan sebagai sebuah merek.

5. Domain dan Username Sosial Media Tersedia

Bisnis online sudah pasti tidak bisa lepas dari media online. Saat membuat toko online di marketplace, Anda sudah pasti diminta untuk membuat username. Begitupun di media sosial, username menjadi hal yang sangat penting karena itulah yang digunakan dalam pencarian.

Jadi, saat mencari nama toko online. Jangan lupa sekaligus untuk mengecek username toko online kamu. Jangan sampai ketika sudah capek-capek mencari nama, ketika di cek justru username toko online yang Anda inginkan.

Selain username, jangan lupa juga untuk mengecek ketersediaan domain untuk toko online Anda.

Baca juga: Memilih Tema Website Untuk Menarik Banyak Pelanggan

Contoh Nama Toko Online yang Bagus

Setelah mempelajari berbagai metode dan tips dalam membuat nama toko online. Selanjutnya kami akan memberikan beberapa contoh nama online shop yang menarik dan menjual.

1. Brodo

brodo - contoh nama toko online keren
Tangkapan Layar Beranda Situs Resmi Brodo

Penggemar fashion pria pasti sudah tidak asing lagi dengan bran ini. Brodo sendiri merupakan perusahaan fashion pria berbasis retail dan e-commerce yang berpusat di Bandung. Produk dari Brodo juga sangat beragam, mulai dari sepatu, dompet, kaos, tas, serta berbagai akseesoris pria lainnya.

Nama Brodo diambil dari bahasa itali yang artinya kaldu ayam. lalu apa hubungannya dengan produk yang dijual? kalau dilihat dari artinya memang sama sekali tidak ada hubungannya. Namun, pendiri brand ini punya pandangan lain, dia ingin Brodo menjadi brand yang memiliki citarasa tersendiri sebagai sebuah label, seperti masakan Itali yang selalu menggunakan kuah kaldu ayam untuk menambah citarasanya.

Cara ini bisa Anda tiru untuk membuat nama toko online. Temukan kata-kata dari bahasa asing yang memiliki filosofi dan tentunya bisa dikaitkan dengan brand Anda. Pastikan juga belum ada yang menggunakan nama tersebut.

2. Hijup

hijup - contoh nama toko online mudah diingat
Tangkapan Layar Beranda Situs Resmi Hijup

Berdiri sejak tahun 2011, Hijup merupakan e-commerce fashion khusus muslim pertama di dunia. Mengusung konsep yang mirip dengan mall, Hijup menjadi platform yang menyediakan beragam produk fashion muslim dari para desainer Indonesia. Namun, tidak hanya untuk target dalam negeri saja, Hijup mempromosikan dirinya sebagai perantara desainer dengan calon pembeli di seluruh dunia.

Nama toko online yang dipilih juga sangat unik. Menggunakan kata Hijup yang merupakan akronim atau gabungan dari dua kata Hijab dan Up. Penyebutan itu menjadi sebuah istilah baru yang serupa dengan make up atau dress up.

Anda juga bisa mencoba menerapkan cara ini untuk membuat nama toko online yang bagus.

3. Blibli

blibli contoh nama toko online bagus
Tangkapan Layar Beranda Situs Resmi Blibli

Blibli adalah salah satu marketplace Indonesia yang cukup populer yang merupakan bagian dari Djarum Grup. Berdiri sejak 2009, marketplace ini menyediakan berbagai barang kebutuhan seperti elektronik, furniture, fashion, dan masih banyak lagi.

Anda tentu sudah tahu bahwa nama Blibli diambil dari bahasa Indonesia yaitu “Beli-beli”. Selain penyebutannya yang menjadi mudah, nama Blibli juga menjadi lebih singkat dan mudah untuk diingat.

Cara Memilih Nama Toko Online

Masih bingung dan belum menemukan nama toko online Anda? Tenang, Anda tidak perlu terburu-buru dalam menentukannya. Karena untuk mendapatkan nama online shop yang bagus memang butuh waktu.

Tiga cara berikut ini mungkin bisa menjadi solusi jika kamu masih belum menemukan ide nama toko online yang menjual.

1. Riset

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah dengan melakukan riset. Tujuan dari riset sendiri adalah untuk menemukan inspirasi dari berbagai hal misalnya produk, kompetitor, atau hal lain yang berhubungan dengan bisnismu.

Riset tersebut bisa kamu lakukan di berbagai chanel biasanya di media sosial seperti facebook dan instagram. Kamu juga bisa memenfaatkan marketplace dan juga google untuk melakukan kegiatan ini.

Dengan melakukan riset, kamu seharusnya mendapatkan inspirasi dan gambaran tentang ide nama toko online kamu nantinya.

2. Brainstrorming

Brainstorming merupakan metode yang biasa dilakukan dalam memecahkan suatu masalah. Anda bisa menggunakan cara ini untuk menentukan nama online shop.

Pilihlah beberapa orang yang memungkinkan untuk kamu ajak brainstorming. Misalnya seperti rekan bisnis, pasangan, atau keluarga Anda. Ide-ide yang keluar saat itu bisa kamu catat dan kamu diskusikan hingga mendapatkan sebuah keputusan bersama.

3. Gunakan Tools

Tersedia banyak sekali tools yang bisa Anda gunakan untuk mencari inspirasi nama bisnis online. Namun, sebaiknya tool tersebut hanya Anda gunakan untuk mencari inspirasi saja.

Tidak disarankan untuk menggunakan nama yang tersedia disitu secara langsung. Karena banyaknya orang yang menggunakan tools tersebut, bisa jadi nama yang tersedia sudah dipakai oleh orang lain.

Tool untuk Membuat Nama Toko Online

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, salah satu cara untuk mendapatkan ide nama bisnis yang bagus yaitu menggunakan tool name generator.

Ada banyak website yang menyediakan tool ini, namun kami akan merekomendasikan 5 tools name generator yang bisa Anda coba.

1. Namelix Name Generator

namelix - tool buat nama toko online
Tangkapan Layar Beranda Situs Resmi Namelix

Namelix merupakan tools yang menggunakan teknologi artificial intellegence untuk membuat berbagai nama bisnis sesuai dengan keyword yang Anda masukkan.

Penggunaannya cukup mudah, Anda tinggal memasukkan keyword yang sesuai dengan bisnis Anda. Kemudian klik tombol generate. Setelah itu Anda akan diberikan beberapa pilihan berapa panjang nama yang diinginkan. Berikutnya, Anda tinggal klik lagi tombol generate dan akan muncul ratusan nama ide nama toko online yang bisa Anda gunakan.

Tidak sampai disitu, beberapa ide nama bisnis yang tersedia juga sudah ada logonya. Sayangnya, disitu belum ada keterangan yang menunjukkan apakah sudah ada yang memakai nama bisnis tersebut atau belum.

2. Businessnamegenerator.com

business name generator - tool buat nama toko online
Tangkapan Layar Beranda Situs Resmi Business Name Generator

Karakteristik dari nama bisnis yang dibuat tools ini adalah menambahkan 1 kata sebelum atau setelah kata kunci yang Anda masukkan. Misalnya, ketika Anda memasukkan kata kunci teknologi. Maka deretan nama bisnis yang keluar seperti rule teknologi, ware teknologi, dan sejenisnya.

Selain deretan ide nama bisnis, terdapat juga beberapa kolom khusus yang berisi ide nama bisnis premium beserta ketersediaan nama domainnya. Pada bagian awal juga tersedia filter yang bisa membantu untuk melihat ketersediaan domain dari nama bisnis yang keluar.

Kemudian untuk mengecek ketersediaan domain, Anda tinggal klik salah satu nama yang diinginkan. Kelebihan dari tools ini adalah menyediakan pilihan nama toko online yang sangat beragam, tentunya terkait dengan keyword yang Anda masukkan di awal.

4. Shopify Business Name Generator

shopify business name generator - nama toko online shopify
Tangkapan Layar Beranda Shopify Business Name Generator

Shopify menjadi salah satu name generator yang pas untuk Anda membuat nama toko online yang bagus. Tool ini menyediakan pilihan jenis toko yang Anda inginkan, seperti pakaian, perhiasan, furnitur, dan sebagainya.

Jadi, saran nama bisnis akan dioptimalkan untuk industri yang Anda pilih. Satu-satunya kekurangan dari tool ini adalah Anda tidak bisa memasukkan lebih dari satu ketentuan untuk menyortir hasil pencarian agar lebih spesifik.

Kerennya lagi, shopify name generator memiliki layanan yang disebut dengan exchange market. Layanan ini memungkinkan Anda membeli toko yang sudah berdiri beserta nama bisnisnya. Fitur ini cocok buat Anda yang tidak memulai toko online dari nol.

5. Oberlo Business Name Generator

oberlo business name generator - nama toko online oberlo
Tangkapan Layar Beranda Oberlo Business Name Generator

Tool terakhir untuk membuat nama toko online yang bagus adalah oberlo. Bisa dibilang inilah tool name generator yang paling simpel. Cukup masukkan keyword Anda, klik generate names, kemudian akan muncul beberapa halaman ide nama bisnis untuk Anda.

Namun, Anda juga tidak bisa berharap lebih dari tool ini. selain fitur filter yang tidak selengkap beberapa tool sebelumnya. Oberlo business name generator juga menyediakan ide nama bisnis yang biasa-biasa saja.

Sudah Menemukan Nama Toko Online yang Bagus?

Artikel ini sudah membahas banyak hal mengenai cara membuat toko online yang bagus, keren dan mudah diingat. Sekarang saatnya menerapkan cara-cara yang sudah Anda pelajari diatas untuk membuat nama toko online Anda.

Jika sudah menemukan nama toko online yang sesuai, Anda bisa langsung membuat website toko online sendiri di Techarea Indonesia. Dengan memiliki website toko online sendiri, calon customer bisa melakukan transaksi secara langsung di website tersebut. Kelebihan lainnya adalah bisnis Anda akan jauh lebih dipercaya dibandingkan bisnis lain yang sejenis.

Aji Setiawan

Aji Setiawan

SEO Content Writer Techarea Indonesia

Ada pertanyaan atau koreksi? Tulis di kolom komentar!