5G-1

Qualcomm: Ponsel Flagship Android 5G akan Menyerbu Liburan 2019


Perangkat pertama dengan jaringan cepat dan generasi mendatang akan memasuki pasar pada awal 2019. Salah satunya adalah Samsung, yang mengatakan bahwa akan memiliki ponsel untuk Verizon, AT&T dan jaringan lain di separuh pertama tahun 2019. Pada liburan tahun depan, setiap perangkat flagship yang menjalankan perangkat lunak Google Android dan menggunakan prosesor Snapdragon Qualcomm, akan memasuki generasi 5G, kata Qualcomm President Cristiano Amon. Berikut laporan Jessica Dolcourt dari CNET.

“Ketika kita sampai tepat waktu tahun ini satu tahun dari sekarang, kita akan melihat setiap (pembuat handset) di ekosistem Android, flagship mereka di semua operator Amerika Serikat akan menjadi perangkat yang mendukung generasi 5G. Setiap vendor Android bekerja pada 5G sekarang.” – wawancara Qualcomm President Cristiano Amon kepada CNET di Qualcomm KTT Teknologi Snapdragon di Hawaii 4 Desember 2018.

Berbeda dengan Apple, yang dikabarkan tidak akan menawarkan iPhone 5G hingga 2020. Perusahaan ini sebelumnya mengandalkan Qualcomm untuk chip nirkabel di perangkatnya. Namun Apple bekerja dengan Intel selama beberapa tahun terakhir ini dikarenakan perang lisensi paten dengan Qualcomm.

Apple terus menjual puluhan juta iPhone setiap kuartal, tetapi ada kekhawatiran bahwa pertumbuhannya bisa berhenti. Bulan lalu, Apple mengatakan bahwa tidak menjual iPhone sebanyak yang diharapkan analis pada kuartal yang berakhir 29 September lalu, dan itu memproyeksikan hasil pendapatan yang tidak stabil untuk kuartal Desember ini. Apple juga mengatakan bahwa tidak akan ada lagi detail penjualan unit iPhone dan perangkat utama lainnya, untuk sebuah pembalikan dari strategi sejak pertama kali memperkenalkan produk.

Pada kuartal kedua yang berakhir pada bulan Juni, Apple menyerahkan posisinya sebagai pembuat handset terbesar kedua dunia kepada Huawei. Dan Samsung tetap menjadi yang terbesar.

Dengan menawarkan 5G, hal itu dapat memberi kesempatan Samsung, OnePlus dan vendor Android lainnya memiliki keunggulan di atas Apple. Teknologi ini menjanjikan untuk meningkatkan kecepatan secara signifikan, jangkauan dan respon dari jaringan nirkabel. Ia dapat berjalan di antara 10 hingga 100 kali lebih cepat daripada koneksi seluler Anda hari ini, dan bahkan lebih cepat daripada apa pun yang Anda dapatkan dengan kabel serat optik yang masuk ke rumah Anda. Ini juga akan meningkatkan seberapa cepat perangkat akan terhubung ke jaringan dengan kecepatan secepat milidetik untuk memulai proses download atau upload Anda.

Para ahli mengharapkan teknologi ini untuk mengubah cara kita hidup dan bahkan menciptakan industri baru, seperti bagaimana 4G LTE yang memungkinkan munculnya aplikasi seperti Uber, Instagram dan AirBNB.

“Memiliki teknologi 5G akan membuat strategi pemasaran yang berbeda,” kata analis Strategi Kreatif, Carolina Milanesi. “Saya yakin Samsung akan menggunakan teknologi tersebut untuk melawan iPhone seperti yang telah mereka lakukan sebelumnya dengan fitur lain di mana Samsung yang pertama kali melakukannya.”

Ledakan 5G

Qualcomm menyelenggarakan konferensi teknologi tahunan di Maui. Perusahaan tersebut telah mengumpulkan sekitar 350 reporter dan analis, serta mitra seperti Samsung, Verizon dan AT&T, untuk mengungkap teknologi terbaru dan berbicara tentang jaringan dan perangkat 5G yang akan datang. Qualcomm dan Samsung menampilkan prototipe perangkat 5G yang berjalan di jaringan “langsung” 5G dari Verizon dan AT&T di konferensi. Dan pembuat chip ini mengumumkan beberapa rincian tentang prosesor smartphone yang akan datang, yaitu Snapdragon 855.

5G-1

Image by CNET

Sebuah slide yang ditunjukkan Amon selama presentasi yang menampilkan daftar perusahaan perangkat keras yang bekerja dengan Qualcomm untuk perangkat 5G. Yang terdaftar adalah Asus, Fujitsu, Google, HMD, HTC, InSeeGo, LG, Motorola, Netgear, NetComm Wireless, OnePlus, Oppo, Samsung, Sharp, Sierra Wireless, Sony, Telit, Vivo, WingTech, WNC, Mi dan ZTE.

5G-2

Image by CNET

Amon juga menyoroti mitra operator di seluruh dunia yang mendorong generasi 5G, termasuk AT&T, Verizon dan Sprint di AS, China Mobile dan beberapa lainnya di Asia dan Eropa.

Kevin Petersen, wakil presiden senior device and network experiences di AT&T, mengatakan pada hari Selasa (4/12) selama pertemuan meja bundar dengan wartawan di Snapdragon Technology Summit mengatakan bahwa persentase ponsel yang akan mendukung 5G pada 2019 di Amerika Serikat akan berada di “low single digits.”

Nicki Palmer, Verizon chief network engineering officer dan head of wireless networks, mengatakan kepada CNET dalam sebuah wawancara Selasa bahwa “itu adil” untuk mempercayai semua pembuat ponsel Android akan memiliki perangkat 5G untuk liburan tahun depan. Dia tidak mengatakan berapa persen dari semua smartphone yang akan memiliki 5G pada 2019 atau berapa persentase pelanggan Verizon yang akan menggunakan teknologi 5G pada saat itu.

“Seperti halnya teknologi baru, ini adalah niat kami untuk membuatnya cukup menarik dan pada proposisi nilai yang tepat di mana pelanggan akan menginginkan perangkat terbaru dengan jaringan terbaik dan jaringan 5G ultrawide-band yang kami sediakan, kami akan menyebarkannya secepat yang kami bisa.” kata Palmer, Selasa (4/12).

Reference

Dolcourt, Jessica. 2018. Qualcomm: 5G Android flagship phones will storm the 2019 holidays. [Online] Available at :https://www.cnet.com/news/qualcomm-every-holiday-2019-flagship-android-phone-in-the-us-will-be-5g/ [Accessed December 7, 2018]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.