tren-karir-software-engineer-1

Tren Karir di Bidang Software Engineering


Permintaan profesi sebagai software engineer didorong oleh munculnya ekonomi informasi dan kebutuhan solusi teknologi untuk pasar berbasis konsumen dan perusahaan. Sebagai contoh, Robert Half Technology menyampaikan bahwa organisasi kesehatan mencari solusi baru terkait software untuk meningkatkan perawatan pasien, sementara organisasi jasa keuangan mencari cara untuk menyediakan layanan yang digerakkan oleh teknologi yang lebih efektif untuk pelanggan. Digabung dengan industri tradisional ini, muncul pasar seperti big data, mobile computing, dan security, hal ini menciptakan peluang baru bagi software engineer.  Karena software engineer memiliki keterampilan yang kompleks di semua industri, ini menjadi peluang untuk menempati posisi yang harus dimiliki di hampir setiap sektor bisnis. Berikut tren karir di bidang software engineer menurut Learn How to Become.

Karir yang Terkait

Di bawah ini adalah daftar peluang karir yang terkait dengan software engineer yang diproyeksikan akan mengalami pertumbuhan lapangan kerja antara tahun 2012 dan 2022, menurut Bureau of Labor Statistics.

tren-karir-software-engineer-1

Image by unsplash.com

 

Business Information Analysts

Menggabungkan pengetahuan bisnis dengan keahlian komputasi, business information analysts membantu perusahaan untuk menerjemahkan kebutuhan bisnis menjadi solusi teknis. Dalam perannya, business information analysts menggunakan keterampilan analitik yang ditetapkan untuk meneliti, merencanakan, dan mengelola bagaimana sistem informasi dan software dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah bisnis.

Web Developer

Web developer memiliki kendali yang kuat di Internet dan aplikasi web. Dengan menggunakan teknologi web dan bahasa pemrograman, seperti JavaScript, HTML atau AJAX, web developer menulis kode untuk membangun situs web, mengintegrasikan sistem backend (seperti database dengan situs web), dan mengembangkan fitur baru situs web dan aplikasi.

Help Desk Support Specialist

Help desk support specialist memiliki pemahaman yang komprehensif tentang software, hardware, dan sistem jaringan. Menyediakan berbagai technical support untuk perusahaan dan karyawan, dari menyelesaikan masalah hardware untuk mengelola instalasi program software hingga mengatasi masalah jaringan.

Computer Systems Analysts

Computer systems analysts menggunakan pengetahuan yang mendalam tentang hardware dan sistem software untuk menentukan bagaimana suatu organisasi dapat memanfaatkan sumber daya tersebut untuk beroperasi secara efektif. Mereka membantu perusahaan dalam mengidentifikasi kebutuhan infrastruktur teknis, riset sebuah desain dan instalasi paket komputasi, dan menyiapkan cost-benefit analysis untuk sistem informasi.

Information Security Analysts

Information security analysts merupakan pekerjaan yang berada di garis depan keamanan komputer dan jaringan, seperti teknologi enkripsi dan perlindungan firewall. Mereka melakukan audit keamanan, melakukan penilaian risiko dan membuat rekomendasi untuk meningkatkan keamanan sistem data perusahaan. Dengan mengidentifikasi kelemahan, Information security analysts mengembangkan kebijakan keamanan yang tepat yang menjaga keamanan data.

Database Administrator

Database administrators memiliki fondasi teknis dalam struktur database, instalasi, dan maintenance. Dengan pengetahuan khusus tentang relational database languages (misalnya, Oracle, Microsoft SQL Server), mereka mengelola database perusahaan, menjaga stabilitas database, melakukan database backup, dan mengubah struktur database sesuai dengan kebutuhan data perusahaan.

 

SPOTLIGHT CAREERS

Keterampilan software engineering yang paling banyak diminati saat ini adalah mobile application development karena adanya ledakan pertumbuhan di jaringan seluler, telepon, dan perdagangan. Pada 2017, pasar aplikasi mobile global bernilai 77 miliar dollar, menurut University of Alabama di Birmingham, dan pasar Web mobile bernilai 850 miliar dollar pada 2018 menurut perusahaan konsultan industri seluler Digi-Capital. Dampaknya, mobile application developer memiliki keterampilan yang diinginkan perusahaan. Di bawah ini adalah daftar tiga karir pilihan di bidang software engineering menurut survei Robert Half Technology.

MOBILE APPLICATION DEVELOPER

Mobile application developer menggunakan bahasa dan platform seperti JavaScript, .NET, dan Objective-C untuk membangun aplikasi dan situs web untuk perangkat mobile (misalnya, iPhone, iPad, Samsung Galaxy). Bekerja dengan sistem operasi mobile seperti iOS dan Android, developers design, code, test, debug dan mendokumentasikan proses mobile application development. Gelar dalam ilmu komputer atau teknik komputer direkomendasikan untuk karir ini. Meningkatnya permintaan untuk aplikasi mobile pribadi dan perusahaan telah menyebabkan kebutuhan developer semakin banyak. Gartner Inc. memproyeksikan bahwa pada akhir tahun 2017 permintaan pasar akan melebihi bakat yang tersedia untuk mobile app developers perusahaan paling tidak lima banding satu.

QUALITY ASSURANCE ENGINEER

Quality assurance engineer (QA Engineer) memikirkan dan melaksanakan pengujian dan rencana peninjauan kualitas untuk mengidentifikasi masalah selama proses pengembangan software. Dengan pemahaman tentang siklus pengembangan software dan prinsip quality assurance, QA Engineer menentukan ruang lingkup pengujian, melakukan rencana pengujian manual dan otomatis, serta bekerja sama dengan developer untuk mengidentifikasi area perbaikan.The Bureau of Labor Statistics telah memberi label bidang karir ini sebagai bidang yang mengalami pertumbuhan yang tinggi, dan diharapkan dapat menciptakan 100.000 pekerjaan baru secara nasional antara 2012 dan 2022.

APPLICATIONS ARCHITECT

Applications architect menggabungkan pengetahuan tentang development tools dan arsitektur sistem dengan keterampilan bisnis yang cerdas dan kepemimpinan tim untuk mengoordinasikan pembuatan aplikasi tingkat perusahaan (enterprise-level). Sebagai posisi yang penting, applications architect berfungsi sebagai penghubung tim yang menyatukan user experience dan front-end developers, programmers dan quality assurance specialists pada setiap proyek. Gelar sarjana dalam ilmu komputer atau sistem informasi secara umum diperlukan, dan ini adalah salah satu pekerjaan dengan bayaran terbaik di bidang teknologi informasi.

 

Jika Anda tertarik untuk berkarir sebagai software engineer atau software developer, Anda bisa magang di Techarea dengan submit data Anda di Magang Techarea. Techarea juga membuka peluang untuk Anda yang potensial dan ingin terus mengembangkan diri untuk bergabung dengan kami. Kami tunggu Apply Anda di Kerja di Techarea.

 

Reference

Learn How to Become. 2018. Software Engineering Degrees & Careers : How to Become a Software Engineer. [Online] Available at :https://www.learnhowtobecome.org/computer-careers/software-engineering/ [Accessed November 8, 2018]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.