Waspada Botnet – Ancaman Paling Berbahaya Bagi Internet

Jika komputer Anda tiba-tiba lemot atau melambat tanpa alasan yang jelas, mungkin salah satu penyebabnya karena komputer anda telah diambil alih atau dikendalikan oleh bot internet.

Ada banyak motif dalam penggunaan botnet, botnet banyak digunakan untuk melakukan tujuan negatif semisal melakukan spam email, serangan DDoS, dan menyebarkan virus atau malware.

Penjelasan Botnet

botnet

Botnet atau bot internet adalah robot web, robot WWW sebuah software atau perangkat lunak yang melakukan tugas berulang secara otomatis atau peralatan bersambung dengan rangkaian internet, yang boleh dikawal atau diberi arahan menggunakan satu komputer induk secara jarak jauh.

Web earch engine atau mesin pencari digunakan untuk berselancar di web yang telah disetting secara sistematis untuk menampilkan katalog informasi dari situs web, misalnya dalam situs perdagangan ketika melakukan pencarian penawaran maka akan menampilkan informasi penawaran dalam hitungan detik dan beberapa situs web digunakan untuk memberikan informasi penting seperti kondisi cuaca, berita dan olahraga, nilai tukar mata uang.

Namun, tidak semua bot yang terdapat dalam internet digunakan dengan tujuan bermanfaat. Ada penjahat dunia maya yang sengaja merancang botnet untuk menginstal diri secara diam-diam di komputer yang tidak terlindungi atau rentan terkena akan virus dan pengiriman spam hingga berpartisipasi dalam serangan penolakan layanan terdistribusi (DDoS) yang menjatuhkan seluruh situs web.

Baca Juga: 6 Content Delivery Network Untuk Meningkatkan Kecepatan Website Anda

Mengubah Komputer Anda menjadi Zombie

Setelah terinfeksi, komputer Anda menjadi bagian dari botnet – jaringan komputer yang terinfeksi atau zombie yang dikendalikan dari kejauhan oleh penjahat cyber yang menyewanya untuk menjalankan rencananya yang ilegal.

Jadi tidak hanya komputer Anda terinfeksi dan keamanan internet Anda terganggu, tetapi sumber daya sistem dan bandwidth Anda yang disewakan kepada penawar tertinggi untuk membantu mereka menyerang pengguna lain. Potensi kejahatan cyber yang sangat besar ini membuat botnet ini dipercaya oleh beberapa pakar keamanan sebagai ancaman paling berbahaya di internet saat ini.

Jaringan semacam itu yang terdiri dari ratusan atau ribuan perangkat yang terinfeksi memiliki sumber daya yang diperlukan untuk melakukan tindakan jahat skala tinggi seperti:

  1. Pengiriman spam kotak masuk dalam hitungan detik
  2. Serangan DoS dan DDoS yang merusak seluruh situs web
  3. Serangan hacking paksa dengan memecahkan kata sandi dan tindakan keamanan internet lainnya
  4. Pencurian identitas dan penipuan internet dengan mengumpulkan informasi pribadi dari pengguna yang terinfeksi

Cara Kerja Botnet

botnet

Botnet dapat menyelinap ke komputer atau jaringan melalui banyak cara. Melalui kerentanan atau perangkat lunak yang digunanakan telah ketinggalan zaman, sehingga ketika Anda melakukan pencarian atau mengakese internet komputer akan kemungkinan terkena virus.

Biasanya dalam penyebaran menggunakan trojan, trojan dalam keamanan komputer merujuk kepada sebuah perangkat lunak berbahaya yang dapat merusak sebuah sistem atau jaringan. Tujuan dari Trojan adalah memperoleh informasi dari target, dan mengendalikan target untuk mengunduh (seperti program antivirus jahat ).

Baca Juga: 10 Pemindai Keamanan PHP untuk Menemukan Kerentanan

Cara Menghindari Botnet

Sekarang harus jelas bahwa strategi global diperlukan untuk melawan botnet, yang mencakup praktik yang baik di Internet serta perlindungan antivirus. Seperti yang sekarang Anda ketahui bagaimana botnet beroperasi, berikut adalah beberapa saran tentang cara menghadapinya.

  1. Selalu perbarui sistem operasi Anda
  2. Jangan buka file dari sumber yang tidak dikenal atau mencurigakan
  3. Pindai semua unduhan sebelum menjalankan file yang diunduh, atau temukan berbagai cara mentransfer file.
  4. Jangan klik tautan yang mencurigakan
  5. Instal program antivirus

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.