Selain membangun profil Instagram yang kuat dan menarik followers melalui postingan Anda, brand juga diperlukan untuk menjangkau audiens melalui iklan Instagram. Dan kenapa tidak? Dengan 800 juta pengguna aktif dan 60 persen di antaranya berusia di bawah 30 tahun, Instagram bisa menjadi platform besar untuk menghubungkan Anda dengan audiens sekaligus membangun brand Anda. Ditambah lagi, eMarketer memperkirakan bahwa Instagram akan meraih $6.84 miliar dalam pendapatan iklan seluler global pada tahun 2018 — peningkatan yang cepat dari pendapatan iklan global perusahaan induk Facebook.
Lebih dari dua juta perusahaan menggunakan iklan Instagram untuk menjangkau pengguna, melibatkan followers, dan mempromosikan produk mereka. Jika perusahaan Anda siap untuk bergabung dengan mereka dan mulai beriklan di Instagram, berikut tips yang perlu Anda ketahui menurut Michelle Cyca.
Jenis Iklan Instagram
Instagram menawarkan lima format iklan, yaitu: foto, video, carousels, canvas story ads, dan story ads. Iklan juga terintegrasi dengan Pengelola Iklan Facebook (Facebook Ad Manager), sehingga Anda dapat memanfaatkan informasi pengguna Facebook untuk menargetkan audiens Anda.
Baca juga : Promo Jasa Iklan Instagram
Iklan Foto (Photo ads)
Photo ads memungkinkan bisnis/perusahaan untuk menceritakan kisah dan menampilkan produk mereka melalui gambar yang menarik. Jika Anda sudah menyusun konten visual yang bagus dan berkualitas tinggi, Anda dapat membagikannya kepada lebih banyak orang dengan Instagram photo ads.
Supported Call-to-Action Buttons
- Apply Now
- Book Now
- Call Now
- Contact Us
- Get Directions
- Learn More
- Get Showtimes
- Download
Iklan Video
Waktu yang dihabiskan pengguna untuk menonton video di Instagram mengalami peningkatan lebih dari 80 persen dari tahun ke tahun. Video yang diposting pada tahun 2017 jumlahnya empat kali lebih banyak dibandingkan dengan tahun 2016. Ini adalah waktu yang tepat bagi para pemilik brand untuk memanfaatkan format pemasaran yang populer ini untuk menangkap perhatian pengguna.
Supported Call-to-Action Buttons
- Apply Now
- Book Now
- Call Now
- Contact Us
- Download
Carousel ads
Carousel ads memungkinkan pengguna melakukan swipe serangkaian gambar atau video menggunakan call-to-action button untuk terhubung langsung ke situs web Anda. Carousel ads menawarkan ruang kreatif untuk menyampaikan cerita yang lebih panjang mengenai brand Anda. Anda bisa membuat highlight beberapa produk, berbagi multi-part story, atau fokus pada satu layanan sampai 10 gambar atau video.
Carousel ads sangat cocok untuk brand yang ingin menunjukkan keserbagunaan kontennya, dan akan cocok untuk brand lain dengan beragam aset kreatif, seperti perusahaan makanan dan fashion.
Supported Call-to-Action Buttons
- Apply Now
- Book Now
- Contact Us
- Call Now
- Download
Stories ads
Instagram Stories Ads adalah iklan yang dimunculkan dengan ukuran layar penuh kepada pengguna di antara Stories yang sudah mereka lihat dari orang yang mereka ikuti. 300 juta pengguna Instagram melihat Stories setiap hari, mewakili khalayak luas yang dapat Anda jangkau dengan iklan Anda!
Seperti format iklan Instagram lainnya, Anda dapat menargetkan audiens Anda dan memilih seberapa sering mereka melihat iklan Stories Anda. Karena Stories memiliki waktu kadaluwarsa setelah 24 jam, ini adalah format ideal untuk Anda berbagi penawaran dan promosi dengan waktu terbatas. Dan pengiklan dapat memanfaatkan semua fitur dari Instagram Stories, seperti menambahkan filter wajah, efek video, dan teks untuk menciptakan promosi yang menyenangkan dan kreatif.
Opsi-opsi ini memungkinkan Anda untuk membuat iklan Instagram Stories yang terlihat dan terasa seperti postingan normal Anda — dalam bentuk video atau gambar. Call-to-action dengan format fitur swipe-up dapat membawa audiens langsung ke situs web Anda dari iklan Stories Anda.
Image by blog.hootsuite.com
Supported Call-to-Action Buttons
- Apply Now
- Book Now
- Contact Us
- Call Now (video only)
- Download
Canvas Story Ads
Pengiklan juga dapat menggunakan Facebook Canvas untuk membuat video imersif untuk Instagram Stories yang dioptimalkan untuk mobile dan memuat dengan cepat untuk pengalaman menonton yang lancar. Facebook memiliki Canvas templates yang membuatnya cepat dan mudah membuat Canvas ad untuk Instagram, atau perusahaan dapat memilih untuk membuat Canvas khusus untuk pengalaman iklan yang benar-benar unik.
Supported Call-to-Action Buttons
- Apply Now
- Book Now
- Contact Us
Praktik Terbaik untuk Iklan Instagram
Sebelum Anda mengetahui teknis yang diperlukan untuk membuat iklan Instagram, berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat saat Anda membuat iklan Anda:
Kenali audiens Anda
Jangan lupa siapa yang ingin Anda hubungi segera setelah Anda menetapkan filter audiens Anda! Pelanggan Anda itu lebih dari satu set demografi dan minat. Anda telah belajar cara menjangkau orang yang tepat, jadi setelah Anda menarik perhatian mereka, jangan lewatkan kesempatan untuk memanfaatkannya.
Lihat panduan Hootsuite untuk membuat persona audiens untuk membantu Anda memahami audiens Anda. Solusi apa yang ditawarkan oleh produk atau layanan Anda? Apa yang mereka butuhkan dan inginkan? Pertahankan tujuan dan nilai mereka saat Anda membuat iklan.
Gunakan teks dengan bijak
Sebuah gambar dapat bernilai seribu kata. Hal ini bagus karena Anda tidak dapat menggunakan banyak teks di iklan Instagram Anda. Gunakan jumlah karakter teks Anda dengan bijaksana, dan jaga pribadi audiens Anda dalam pikiran Anda. Pelajari cara menulis call-to-action yang efektif yang akan menarik audiens untuk mengklik iklan Anda dan mengunjungi situs web Anda, melakukan pembelian, atau mengunduh aplikasi.
Gunakan hashtag
Menambahkan hashtag ke pos Instagram dapat meningkatkan ketertarikan rata-rata 12,6 persen. Dan branded hashtag (yang unik untuk perusahaan atau campaign Anda) dapat meningkatkan ketertarikan dan kesadaran. Anda dapat menggunakan hingga 30 hashtag di setiap postingan, tetapi pikirkan tentang kualitas daripada kuantitas. Coba hashtag yang relevan dengan audiens Anda dan populer di industri Anda.
Create an experience
Tahukah Anda bahwa 60 persen dari brand teratas menggunakan filter yang sama untuk setiap postingan? Itu karena konsistensi membantu memperkuat citra brand Anda. Setiap elemen iklan Anda harus mewakili siapa Anda sebagai perusahaan. Visual, pesan, dan nada itu semuanya penting.
Keep it fresh
Ganti iklan Anda secara teratur — setiap satu atau dua minggu — untuk mencegah audiens keluar dari lingkup Anda. Manfaat lain untuk mengubah iklan Anda secara teratur, selain membuat audiens Anda tertarik adalah Anda akan belajar iklan mana yang paling berhasil. Cobalah berbagai keterangan, format, dan audiensi.
Ukur kinerja dan optimalkan
Seperti halnya iklan Facebook, Anda dapat melihat kinerja iklan Instagram Anda di Facebook Ads Manager. Jika Anda menggunakan AdEspresso dari Hootsuite atau Hootsuite Ads, Anda memiliki akses ke kumpulan data real time yang lebih rinci yang memungkinkan Anda untuk melihat iklan mana yang berkinerja terbaik dan mana yang gagal beserta alasannya. Melacak kinerja adalah bagian terpenting dari setiap strategi iklan.
Tetapi ada banyak alasan lain untuk memeriksa analitik Instagram Anda secara teratur. Ini membantu Anda menetapkan tujuan dan sasaran yang realistis untuk setiap campaign baru, mendapatkan keunggulan pada pesaing Anda (dengan mengawasi apa yang mereka lakukan), dan membuktikan ROI kepada atasan atau anggota tim Anda.
Uji kualitas tulisan dan kreativitas Anda
Anda juga harus bereksperimen dengan berbagai tulisan iklan dan visual dalam campaign yang sama. Apakah “Learn more” menjadikan lebih baik daripada “Shop now”? Bagaimana dengan deskripsi produk, hashtag, atau body copy yang berbeda? Atau warna dan foto yang berbeda?
Anda bisa menggunakan AdEspresso dari Hootsuite untuk menguji iklan Instagram Anda dengan A/B testing tool, bahkan memberikan rekomendasi yang disesuaikan untuk meningkatkan kinerja iklan Anda.
Jadi, apakah Anda sudah siap membuat iklan untuk Instagram Anda?
Reference
Cyca, Michelle. 2018. How to Advertise on Instagram: A Guide for Marketers. [Online] Available at :https://blog.hootsuite.com/instagram-ads-guide/ [Accessed October 21, 2018]