OOP 7

6 Kursus Online Pemrograman Berorientasi Objek untuk Programmer

Pemrograman Berorientasi Objek atau dalam bahasa inggrisnya Object Oriented Programming (OOP) adalah suatu paradigma yang memungkinkan Anda untuk menulis sebuah program dengan memodelkan hal-hal yang ada di dunia nyata ke dalam bentuk kelas (class) dan objek (object). Hal ini tidak hanya membuat suatu pemrograman menjadi lebih mudah, akan tetapi juga memungkinkan Anda untuk membuat program yang kompleks.

Meskipun ada beberapa paradigma dalam pemrograman, seperti prosedural dan fungsional, sebagian besar kode yang ditulis saat ini berorientasi pada objek. Dan bahasa pemrograman yang populer seperti Java, C#, Python, PHP, dan JavaScript mendukung pemrograman berorientasi objek.

Jadi, penting untuk memiliki pemahaman yang baik tentang dasar-dasar, prinsip-prinsip desain, dan pola pada pemrograman berorientasi objek untuk menulis kode sebuah program yang bagus untuk menyelesaikan masalah yang ada di dunia nyata. Jika Anda yang ingin mempelajarinya, berikut ada 6 kursus online untuk mempelajari atau meningkatkan keterampilan Anda tentang pemrograman berorientasi objek di Java, C#, Python, PHP, dan JavaScript menurut Javinpaul. Ini akan membantu Anda untuk fokus belajar pemrograman berorientasi objek daripada hanya belajar bahasa pemrograman atau sintaksisnya saja.

1. Object-Oriented Programming in Java

Anda bisa mempelajari pemrograman berorientasi objek dengan bahasa pemrograman Java dari Udacity secara gratis.

Kursus ini akan memperkenalkan Anda pada beberapa konsep pemrograman berorientasi objek penting di Java misalnya tentang class, objects, inheritance, polymorphism, abstraction, encapsulation, association, composition dan lainnya.

Anda akan belajar bagaimana menggunakan konsep pemrograman berorientasi objek ini dalam contoh kode, menemukan bagaimana konsep ini digunakan dalam pembuatan aplikasi di dunia nyata yang membutuhkan input dari pengguna dan memahami manfaat dari penguasaan konsep-konsep ini di Java.

berorientasi objek 1

Image by The Startup on Medium

Pada akhir kursus ini, Anda akan membuat sebuah program, dimana ini adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan keterampilan Anda tentang pemrograman berorientasi objek, memahami bagaimana dan kapan menerapkan konsep-konsep Java yang mendasar, dan Anda akan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang tools dan logika seorang developer Java profesional yang digunakan setiap hari.

2. The Four Pillars of OOP in Python 3 for Beginners

Kursus dari Udemy ini akan memberikan dasar-dasar pemrograman berorientasi objek dengan bahasa pemrograman Python.

Kursus ini tidak hanya akan mengajarkan Anda bagaimana menyusun kode dengan menggunakan kelas dan objek, tetapi juga bagaimana membuat kode dalam pemrograman berorientasi objek dengan menggabungkan atribut dan metode dalam suatu kelas.

Anda juga akan belajar tentang empat pilar yang menyatukan pemrograman berorientasi objek, yaitu:
1. Abstraction
2. Encapsulation
3. Polymorphism
4. Inheritance

berorientasi objek 2

Image by The Startup on Medium

Materinya mencakup semuanya secara rinci dengan beberapa contoh aplikasi di dunia nyata.

3. Basics of Object Oriented Programming with C#

Jika Anda seorang developer yang menggunakan bahasa C#, ini adalah kursus gratis dari Udemy untuk Anda mempelajari dasar-dasar Object Oriented dengan C#.

Kursus ini akan meletakkan dasar-dasar pemrograman berorientasi objek yang memudahkan Anda untuk belajar tentang metode pemrograman yang lebih kompleks, sistematis dan mudah dipahami.

berorientasi objek 3

Image by The Startup on Medium

Kursus ini ditujukan bagi pelajar yang telah memiliki setidaknya beberapa pengalaman dalam pemrograman, terutama yang menggunakan bahasa C#. Tetapi tidak menutup kemungkinan bagi pengembang Java atau bahasa yang lain.

4. Learn Object Oriented PHP By Building a Complete Website

Udemy membuka kursus ini untuk mempelajari pemrograman berorientasi objek menggunakan PHP. PHP adalah salah satu bahasa pemrograman yang cukup baik untuk membuat sebuah website.

Hampir 50% website yang ada di Internet dibuat dan dikembangkan menggunakan PHP, oleh karena itu bahasa ini menjadi bahasa yang penting untuk Anda pelajari.

berorientasi objek 4

Image by Udemy

Kursus ini dimulai dengan membahas konsep pemrograman berorientasi objek yang sederhana seperti classes, objects, methods, properties, MVC, MySQL, Data Abstraction, Data Binding, dan lain sebagainya.

Setelah itu, Anda akan diperkenalkan ke topik lanjutan sebelum Anda dapat menggunakan semua yang telah Anda pelajari untuk membuat website yang memiliki banyak fungsi dengan pemrograman berorientasi objek menggunakan PHP.

Dengan kursus ini Anda dapat mempelajari dasar-dasar pemrograman menggunakan PHP, bagaimana cara kerja suatu pemrograman berorientasi objek dan cara mengkombinasikan keduanya secara efektif untuk membuat suatu website.

5. SOLID Principles of Object-Oriented Design

Kursus yang bagus untuk Anda yang ingin mempelajari prinsip desain berorientasi objek. Kursus ini memperkenalkan prinsip-prinsip dasar untuk menulis sebuah kode program yang baik dan meningkatkan kemampuan Anda sebagai seorang developer.

berorientasi objek 5

Image by The Startup on Medium

SOLID principles ini dibuat oleh Robert C. “Uncle Bob” Martin dari buku klasiknya Clean Code yang didalamnya terdapat hal-hal yang penting tentang bagaimana mendesain sebuah aplikasi pada pemrograman berorientasi objek.

Jika Anda baru saja mulai menulis sebuah program untuk membuat perangkat lunak atau sudah melakukannya selama beberapa tahun, dengan menggunakan prinsip-prinsip ini Anda dapat meningkatkan enkapsulasi dan penggabungan pada aplikasi Anda dan menjadikannya lebih mudah untuk dikelola serta diuji dalam menghadapi perubahan kedepannya.

Anda bisa mencoba kursus ini secara gratis selama 10 hari.

6. Review of Object-Oriented Programming using JavaScript

Kursus online dari Codecademy memberikan Anda kemudahan untuk belajar tentang JavaScript dan beberapa bahasa pemrograman lainnya secara gratis termasuk Java.

berorientasi objek 6

Image by CodeAcademy

Dalam kursus ini, Review of Object Oriented programming, Anda dapat me-review dasar-dasar dari sebuah objek dan kelas pada kursus sebelumnya.

Bagian terbaik dari kursus ini adalah Anda dapat belajar pemrograman berorientasi objek dengan menulis suatu program. Anda akan diberikan instruksi, misalnya “Create a Bike Constructor on lines 7 that has no properties” dan kemudian Anda perlu menulis kode dan mengirimkannya untuk dikompilasi.

Pendekatan learn-by-doing ini membuat Anda lebih memahami tentang kode yang telah Anda tulis dari program yang telah dibuat.

Semua kursus di atas merupakan beberapa kursus online yang disediakan secara gratis tentang pemrograman berorientasi objek. Pemahaman yang baik tentang dasar-dasar pemrograman berorientasi objek, prinsip-prinsip desain, dan pola sebuah desain merupakan sesuatu yang perlu programmer pahami saat ini dan jika Anda seorang programmer pemula maka Anda perlu meluangkan waktu untuk mempelajarinya.

Reference

Javinpaul. 2019. 5 Free Object-Oriented Programming Online Courses for Programmers. [Online] Available at :https://medium.com/swlh/5-free-object-oriented-programming-online-courses-for-programmers-156afd0a3a73 [Accessed January 29, 2019]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.