soft-skill-paling-dicari-perusahaan-2019-1

5 Soft Skill yang Dibutuhkan Perusahaan di Tahun 2019

Memperkuat soft skill adalah salah satu investasi terbaik yang dapat Anda lakukan dalam karir Anda, karena hal itu perlu dikembangkan. Ditambah lagi, dengan semakin berkembangnya teknologi Artificial Intelligence (AI), hal ini membuat soft skill menjadi sesuatu hal yang semakin penting. Karena AI sebenarnya adalah jenis skill robot yang tidak bisa diotomatisasi. Itulah sebabnya 57% pemimpin senior saat ini mengatakan soft skill lebih penting daripada hard skill.

Di awal tahun 2019, menurut data LinkedIn, setidaknya ada 50.000 keterampilan profesional. Para profesional sangat tertarik untuk mempelajari keterampilan baru, karena banyak orang mulai berfokus untuk membangun kebiasaan baru. Jika Anda menyukai LinkedIn, Anda mungkin punya waktu untuk belajar beberapa keterampilan bulan ini. Karena LinkedIn membuka akses LinkedIn Learning untuk semua keterampilan di bulan Januari, sehingga Anda dapat mempelajari semuanya secara gratis.

Untuk mengetahui keterampilan apa yang berpotensi untuk Anda pelajari, data LinkedIn yang disediakan secara eksklusif, ditentukan dengan melihat keterampilan yang dalam permintaan relatif tinggi terhadap ketersediaan lapangan pekerjaan. Permintaan diukur dengan mengidentifikasi keterampilan yang terdaftar di profil LinkedIn seseorang yang dipekerjakan dengan tarif tertinggi. 

Berikut 5 soft skill yang paling dibutuhkan perusahaan di tahun 2019 menurut Paul Petrone.

1. Kreativitas

soft-skill-paling-dicari-perusahaan-2019-1

Photo by Tim Mossholder on Unsplash

Kreativitas menjadi skill penting karena ketika robot yang kini semakin hari menjadi sangat bagus dalam mengoptimalkan ide-ide lama, organisasi atau perusahaan sekarang paling membutuhkan karyawan kreatif yang dapat memikirkan solusi masa depan. Anda bisa mengasah kreativitas Anda dengan mengikuti kursus yang disarankan LinkedIn. Diantaranya adalah Creativity Bootcamp, The Five-Step Creative Process, Creativity: Generate Ideas in Greater Quantity and Quality.

2. Persuasi

soft-skill-paling-dicari-perusahaan-2019-2

Photo by rawpixel on Unsplash

Jika Anda memiliki platform atau konsep produk yang bagus dan hebat, Anda juga perlu belajar tentang skill persuasi. Karena kunci utama keberhasilan suatu produk adalah Anda bisa membujuk orang untuk membelinya. Anda bisa mempelajari soft skill dengan mengikuti kursus pilihan LinkedIn, yaitu Persuading Others, Becoming A Thought Leader, Advanced Consumer Behavior.

3. Kolaborasi

soft-skill-paling-dicari-perusahaan-2019-3

Photo by rawpixel on Unsplash

Di zaman sekarang yang mudah berubah, banyak sekali solusi-solusi inovatif yang mulai mendisrupsi teknologi lama. Ketika proyek yang sedang dikembangkan oleh suatu perusahaan semakin kompleks, kolaborasi menjadi suatu hal yang lebih penting untuk dilakukan. Agar Anda bisa berkolaborasi dengan baik, tidak ada salahnya jika Anda mengikuti kursus yang direkomendasikan LinkedIn tentang kolaborasi. Diantaranya adalah Collaboration Principles and Process, Being an Effective Team Member, Business Collaboration in the Modern Workplace. 

4. Kemampuan beradaptasi (Adaptability)

soft-skill-paling-dicari-perusahaan-2019-4

Photo by resources.workable.com

Pikiran yang dapat beradaptasi merupakan alat yang penting untuk memberi arah yang tepat di dunia yang terus berubah saat ini. Karena bisa jadi, solusi yang kemarin diterapkan kemungkinan tidak dapat menyelesaikan masalah yang muncul di waktu yang akan datang. Anda bisa mengambil kursus yang direkomendasikan LinkedIn untuk melatih kemampuan beradaptasi Anda. Diantaranya adalah Strategic Agility, Developing Adaptable Employees, Developing Adaptability as a Manager.

5. Manajemen Waktu

soft-skill-paling-dicari-perusahaan-2019-5

Photo by Aron Visuals on Unsplash

Manajemen waktu atau time management merupakan skill yang perlu dikuasai oleh setiap orang. Karena dengan skill ini Anda dapat menjadi orang yang lebih produktif. Untuk memulai belajar skill ini, Anda bisa memilih kursus yang disarankan LinkedIn, yaitu Tony Schwartz on Managing Your Energy for Sustainable High Performance, Finding Your Time Management Style, Time Management for Managers.

Jadi, apakah Anda mulai tertarik untuk mempelajari soft skill baru di tahun 2019?

Reference

Petrone, Paul. 2019. The Skills Companies Need Most in 2019 – And How to Learn Them. [Online] Available at :https://www.linkedin.com/pulse/skills-companies-need-most-2019-how-learn-them-paul-petrone/ [Accessed January 15, 2019]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.