Software-Engineer-3

9 Tempat Belajar Pemrograman Yang Perlu Anda Ketahui

Pemrograman memiliki begitu banyak manfaat yang sangat berguna dan penting dalam segi bisnis dan pemasaran. Berikut ini ada beberapa alasan kenapa Anda perlu belajar pemrograman menurut Larry Kim:

    • Steve Jobs mengatakan bahwa pemrograman dapat mengajarkan Anda bagaimana cara berpikir dan memecahkan masalah.
    • Anda dapat melakukan lebih banyak hal untuk Anda sendiri secara online, yang merupakan nilai tambah yang besar bagi startup yang membutuhkan uang.
    • Anda dapat meningkatkan komunikasi dengan programmer dan IT karena Anda bisa berbicara dengan bahasanya dan memahami tantangannya.
    • Anda akan mendapatkan wawasan yang lebih banyak dan lebih baik tentang pengembangan produk.
    • Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang dunia yang semakin mengutamakan teknologi di sekitar Anda dan perusahaan Anda.
    • Anda dapat mengevaluasi perangkat lunak dan aplikasi yang mungkin Anda gunakan di bisnis Anda lebih mudah, dan wawasan Anda lebih bermakna.
    • Anda mungkin saja mengembangkan solusi otomatis yang dapat membantu untuk menghemat waktu Anda dan membuat hidup lebih mudah.

Pemrograman menjadi bahasa yang mengantar banyak hal di dunia kita saat ini, dari perangkat yang dapat dipakai saat olah raga, alat yang ada di tempat kerja, hingga perkakas pintar di rumah kita.

Jika Anda belum mengetahui dimana tempat untuk belajar pemrograman, berikut ini 9 tempat belajar pemrograman yang perlu Anda ketahui:

1. Udacity

pemrograman-1-udacity

Image by Udacity

Udacity merupakan tempat kursus online yang memudahkan Anda untuk belajar bahasa pemrograman yang didalamnya terdapat pengajar yang ahli di bidangnya. Didalamnya terdapat kursus yang gratis dan berbayar. Anda dapat belajar kursus lewat situs Web, Android, dan iOS. Anda dapat mengunduh Udacity secara gratis di Google Play dan App Store. Materi kursus berupa video, kuis, yang disampaikan oleh programmer dari Google, Facebook, dan perusahaan besar lainnya yang menjadikan aplikasi ini berharga.

2. Udemy

pemrograman-2-udemy

Image by Udemy

Udemy adalah platform pembelajaran online yang menampilkan 80.000 program video yang diajarkan oleh instruktur ahli. Anda dapat mengikuti kursus apa saja mulai dari bahasa pemrograman seperti Python, dan Java hingga kelas pengembangan pribadi seperti desain, menggambar, menulis, dan yoga.

3. SoloLearn

pemrograman-3-sololearn

Image by Naspers.com

SoloLearn merupakan tempat yang menyediakan berbagai kursus mulai dari HTML, CSS, JavaScript dan masih banyak lainnya. Anda bisa belajar koding dengan praktek secara langsung untuk melatih logika berpikir Anda melalui Android atau iOS.

4. Tynker

pemrograman-4-Tynker

Image by Geekdad

Aplikasi dari Apple ini didesain dengan grafis untuk anak-anak tetapi bagus juga untuk orang-orang dari segala usia. Tynker menggunakan teka-teki untuk mengajarkan dasar-dasar pengkodean. Selain itu, Tynker memungkinkan pengguna membangun game mereka sendiri. Anda dapat mendapatkan aplikasinya di iTunes.

5. Lynda.com

pemrograman-5-lynda

Image by Shutech Blog

Dengan berlangganan sebesar 25 dollar, Anda dapat mengakses banyak program Lynda.com dan Anda dapat mempelajarinya di semua jenis perangkat. Kursus-kursus ini sangat bagus untuk orang-orang yang memiliki waktu terbatas, karena Anda dapat melakukan apa yang Anda bisa ketika Anda sempat, dan dapat melanjutkan kembali di bagian yang Anda tinggalkan.

6. Mimo: Learn to Code

pemrograman-6-mimo

Image by getmimo.com

Mimo menawarkan cara terbaik dan paling personal untuk belajar membuat kode di jadwal Anda yang padat. Anda dapat belajar pemrograman, membuat aplikasi, game, situs web, mengotomatiskan kehidupan Anda, memajukan karir Anda, dan masih banyak lagi. Mimo menciptakan kurikulum yang dapat Anda personalisasi terkait latihan yang menyenangkan dan efektif, proyek, dan tantangan yang sesuai dengan rutinitas harian Anda dan membuat Anda termotivasi.

7. Codecademy

pemrograman-7-codecademy

Image by Codecademy

Codecademy adalah perusahaan pendidikan yang berkomitmen untuk membangun pengalaman belajar terbaik di dalam dan luar, menjadikan Codecademy tempat terbaik untuk belajar, mengajar, dan menciptakan pengalaman belajar online di masa depan.

8. CodeCombat

pemrograman-8-codecombat

Image by CodeCombat

Salah satu permainan pemrograman yang lebih populer di luar sana. Code Combat dirancang untuk kelompok pembelajar dan dapat digunakan di ruang kelas atau tempat kerja. Code Combat tidak hanya memiliki program untuk segala jenjang usia pada bahasa tertentu, namun juga ilmu komputer secara keseluruhan.

9. CodeWars

pemrograman-9-codewars

Image by qulified.io

Ketika Anda sudah merasa ahli dan nyaman dengan dasar-dasar pemrograman, Anda dapat menantang diri Anda untuk mencapai penguasaan coding dengan tantangan di kehidupan nyata melawan programmer lain.

Belajar pemrograman dengan metode permainan dan aplikasi mobile membuat belajar pemrograman menjadi sederhana dan bahkan menyenangkan, terlepas dari usia, batasan waktu, atau lokasi Anda.

Reference

Kim, Larry. 2018. 9 Places to Learn How to Code in 15 Minutes or Less a Day. [Online] Available at :https://medium.com/marketing-and-entrepreneurship/9-places-to-learn-how-to-code-in-15-minutes-or-less-a-day-7cada7e39a36 [Accessed December 19, 2018]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.