6 Content Delivery Network Untuk Meningkatkan Kecepatan Website Anda

Sebagai seorang pemilik website, Anda akan terbiasa mendengar blogger lain menggunakan istilah CDN (Content Delivery Network) bagi website. Tanpa mengelola optimasi yang tepat, konten Anda tidak akan pernah mencapai target pengunjung website Anda, hal ini akan berpengaruh pada tingkat konversi dan keberhasilan website dengan hasil yang buruk. Respons halaman website yang lemot atau tertunda dapat menjadikan konversi yang berkurang.Salah satu yang dapat membantu optimasi adalah dengan kecepatan.

Namun sebelum Anda menggunakan CDN, Anda perlu memahami apa itu CDN (Content Delivery Network)?

Content Delivery Network (CDN)

Content Delivery Network (CDN) adalah jaringan yang mengirimkan konten situs web kepada pengguna berdasarkan lokasi geografis. Yang berarti ketika seseorang mengunjungi blog Anda, mereka diarahkan ke server host situs web Anda, yang terletak di suatu tempat di dunia. Server ini sedang diakses oleh setiap orang yang saat ini ada di situs web Anda. Volume lalu lintas tinggi ini sering menyebabkan server menjadi kelebihan beban, mengakibatkan respons halaman web lambat.

Situs web yang merespons lemot dapat menyebabkan pengunjung menjadi tidak sabar, akhirnya akan pergi meninggalkan situs dan akan mencari informasi melalui website yang berfungsi lebih baik dan cepat. Server host dapat macet, yang menyebabkan website Anda menjadi tidak dapat diakses.

content delivery network

Ketika sebuah website diterapkan CDN (Content Delivery Network), konten statis yang terdapat di dalam situs webnya akan di-cache dan disimpan di server-server ini di seluruh dunia. Konten statis dapat berupa apa saja seperti javascript, CSS, gambar, video, font, dll.

Setelah diterapkan, ketika seseorang mengunjungi situs Anda, CDN (Content Delivery Network) mengarahkan mereka ke server yang paling dekat dengan lokasi geografis mereka.

Misalnya, jika server utama untuk situs web Anda terletak di California, dan pengguna dari cape town mencoba mengaksesnya, CDN akan secara otomatis mengarahkan mereka ke server terdekat, yang mungkin berlokasi di cape town. Semakin dekat pengguna dengan server host Anda, semakin berdampak pada waktu buka situs web Anda .

Dengan menyebarkan konten ke server di seluruh dunia, ini memungkinkan halaman Anda memuat lebih cepat tanpa memberi terlalu banyak tekanan pada server host. Semakin dekat pengguna ke CDN, semakin cepat respons situs web Anda.

Content Delivery Network Alasan Menggunakan

  1. Muat situs dengan cepat
  2. Proteksi kerusakan
  3. Peningkatan SEO
  4. Pengalaman pengguna yang lebih baik

Berikut kami rekomendasikan CDN untuk di website atau blog Anda, untuk meningkatkan kecepatan website Anda.

1. Cloudflare

content delivery network

CDN populer untuk situs web kecil hingga raksasa dan tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Cloudflare mudah diintegrasikan melalui antarmuka yang ramah pengguna

Yang hebat adalah harga. Anda membayar biaya tetap bulanan dan tidak perlu khawatir tentang penggunaan bandwidth. Jaringan mereka tersedia di lebih dari 180 pusat data, sehingga Anda dapat membayangkan pengguna dari mana saja akan mendapatkan konten lebih cepat. Ratusan fitur kinerja dan keamanan ditawarkan oleh Cloudflare , dan saya sangat merekomendasikan mencoba platform mereka.

Kelebihan

  1. Mudah diatur
  2. Mudah memantau kinerja dari panel kontrol
  3. 180+ pusat data di seluruh dunia termasuk Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Asia-Pasifik, dan Australia / Selandia Baru.
  4. REST API memungkinkan pengembang untuk mengambil kendali penuh atas apa yang dilakukan layanan

2. Sucuri

cdn

Sucuri menawarkan solusi lengkap – kinerja, perlindungan, respons, cadangan, dan pemantauan.

Sucuri WAF terintegrasi ke dalam CDN mereka, sehingga pengiriman konten lebih cepat dan, pada saat yang sama, situs diamankan dari ancaman dan kerentanan online. Jika Anda bertanya-tanya seberapa cepat sucuri, lihat hasil tes ini .

Kelebihan:

  1. Batas bandwidth tidak terbatas dengan setiap paket
  2. Waktu aktif situs web yang andal
  3. Menawarkan fitur keamanan bersama dengan layanan CDN mereka
  4. Tim dukungan mereka tersedia 24/7 untuk membantu Anda memecahkan masalah Anda
  5. Pemantauan DNS yang menampilkan peringatan ketika server nama situs Anda, catatan MX, atau alamat IP berubah

3. CDN77

cdn

CDN77 telah dianggap sebagai pelopor di antara nama-nama besar di pasar. Server CDN77 berlokasi strategis di lebih dari 30 pusat data di seluruh dunia.

Ini memberikan pemrosesan dan transfer konten secepat kilat dan dilengkapi dengan beragam fitur yang cocok untuk situs web kecil dan besar.

HTTP / 2, TLS 1.3, kompresi Gzip / Brotli, perlindungan DDoS / asal, integrasi CMS, dan banyak lagi yang ditawarkan.

4. KeyCDN

content delivery network

KeyCDN cepat, terukur, dan andal. Mereka menawarkan semua tumpukan teknologi terbaru seperti HTTP / 2, kompresi, perlindungan dari DDoS dan bot buruk, solusi streaming langsung, dll. Terintegrasi dengan baik dengan CMS populer seperti WordPress, Joomla, Drupal, Magento, PrestaShop, dll.

Jika Anda menggunakan WordPress, maka Anda juga dapat mencoba Kinsta , yang mendapat CDN gratis yang ditenagai oleh KeyCDN.

Kelebihan:

  1. 34 pusat data
  2. Mudah diatur di situs WordPress Anda
  3. Paket “Pay as you go”
  4. Dukungan tersedia 24/7 tanpa biaya tambahan

5. Google Cloud CDN

cdn

Google Cloud CDN adalah layanan pengiriman konten berbiaya rendah yang menggunakan jaringan global Google. Mereka memiliki pusat data di 90 lokasi di seluruh dunia.

Muncul dengan sertifikat SSL tanpa biaya tambahan untuk mengamankan situs web Anda . Anda juga dapat mengintegrasikannya dengan mulus dengan Google Cloud Platform.

Kelebihan:

  1. Menawarkan kredit percobaan gratis
  2. Terdapat 90 pusat data
  3. Paket harga yang terjangkau
  4. Sertifikat SSL gratis

Baca Juga: Google Cloud CDN + Storage Bucket Untuk Menyajikan File Statis

6. Amazon CloudFront

cdn

Amazon CloudFront adalah CDN populer untuk situs web, terutama karena kecepatannya. Ya, ini sangat cepat, tetapi juga sangat maju. Jadi, mungkin lebih baik untuk programmer atau pengembang daripada pemula.

Kelebihan:

  1. Terintegrasi dengan AWS
  2. Kemudahan pengiriman konten yang dipersonalisasi dan dinamis
  3. Ratusan lokasi tepi di seluruh dunia.

Kesimpulan

Kami harap artikel ini membantu Anda memilih penyedia CDN terbaik untuk mempercepat website AndaJika Anda mencari layanan pembuatan website yang andal, maka Anda dapat melihat porfolio kami disini.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 thoughts on “6 Content Delivery Network Untuk Meningkatkan Kecepatan Website Anda”