Apa itu Podcast?

Sebelumnya udah pada tau apa itu podcast belum? Kalo belum mari simak penjelasan ini terlebih dahulu, Jadi podcast adalah salah satu tren broadcasting yang baru muncul akhir-akhir ini, yang terkenal setelah sering digunakan banyak youtuber terkenal saat ini.

Secara definisi, podcast adalah konten audio yang terdiri dari berbagai episode, serta tema yang berbeda, podcast disebarluaskan melalui platform berbasis audio seperti Spotify, Apple podcast, Youtube, dan masih banyak lagi. Selain bentuk audio, sekarang sudah berkembang menjadi visual podcast, disitu bukan cuma percakapan tapi juga direkam secara visual.

Jadi apakah podcast memiliki manfaat bagi bisnis kamu?, Ya! tentu saja. Selain meningkatkan penjualan kamu, podcast juga bermanfaat untuk meningkatkan ingatan pendengar podcast dan mengenal bisnis kamu. Berikut saya berikan beberapa contoh manfaat dari podcast, di antaranya sebagai berikut : 

1. Membangun Image Perusahaan

Dengan podcast ini pastinya bisnis anda semakin dikenal banyak orang. Membangun image perusahaan bukan hanya menjual produk, tapi juga memperkenalkan perusahaan anda juga. Yang pastinya akan berdampak baik untuk bisnis anda.

Anda dapat mulai dengan mengeksplor topik-topik terkait bisnis anda. Jika sudah konsisten membuat podcast sesuai dengan bisnis anda, maka secara pendengar setia pun mulai berdatangan. Tentunya itu memerlukan waktu yang tidak sedikit, namun hasilnya akan memaksimalkan branding yang telah dibangun.

Jika konten podcast anda sudah memiliki kesan bagi audiens, maka saatnya anda memancing konsumen dari podcast. Gunakan podcast untuk menjadi content marketing anda. Jangan lupa tingkatkan branding di platform lain juga ya!

2. Meningkatkan Kepercayaan Pendengar Podcast 

Podcast yang disampaikan secara storytelling, menciptakan hubungan yang lebih dekat dibandingkan artikel tertulis. Oleh karena itu jangan asal memilih penyiar. Pastikan memilih orang yang mengerti pengaruh podcast untuk meningkatkan kepercayaan pendengar terhadap perusahaan.

3. Media Promosi Bisnis

Diawali dengan tema seputar bisnis kamu dan disajikan dengan konten berkualitas. Dengan begitu, kamu bukan hanya sekedar memberi tahu, tetapi juga memberi kesan yang menarik untuk pendengar. Harapanya pendengar tertarik dengan produk anda.

4. Dapat Diterima dengan Fleksibel oleh Pendengar

Podcast dirancang dengan mengutamakan kualitas dari isi bahan pembicara tanpa memperhatikan layar. Podcast dapat didengar saat berkendara, bersantai, dan lain sebagainya. Oleh karena itu podcast sangat digemari oleh banyak kalangan.

5. Sebagai Sumber Pemasukan

Bicara bisnis pasti tidak jauh dari pemasukan, iya kan?

Sekarang ini sudah banyak platform podcast yang memungkinkan mendapat penghasilan melalui podcast.

Baca juga : 5 Strategi Sukses Bisnis Online Shop

6. Membangun Hubungan Erat

Berdasarkan riset Infinite di tahun 2020, demografi pendengar podcast tersebar rata antara audiens laki-laki dan perempuan pada setiap kelompok usia. Hal ini berarti podcast memiliki komunitas yang berasal dari hampir semua target konsumen.

Podcast memiliki kategori yang cukup spesifik untuk menjangkau target audiens yang lebih sempit. Misalnya, Apple Podcast yang memiliki sekitar 67 kategori. Semakin anda dapat memfokuskan topik, semakin besar peluang anda menjangkau audiens yang sesuai dengan target konsumen anda.

7. Meningkatkan Skill Public Speaking

Untuk dapat menarik perhatian audiens dari awal hingga akhir, dibutuhkan announcer yang andal. Memproduksi episode baru secara konsisten dapat meningkatkan kemampuan public speaking announcer.

Oleh karena itu, anda juga dapat memanfaatkan podcast untuk mengasah kemampuan staf dalam public speaking, terutama bagi staf yang berhubungan langsung dengan konsumen.

Podcast memang memiliki berbagai keuntungan tak terduga untuk bisnis. Jika anda berniat untuk mulai membuat podcast, cukup persiapkan mikrofon, software audio recorder dan editor, serta tentunya, akses internet.

Selain terjun langsung ke dunia podcast, anda juga bisa bergabung sebagai sponsor. Announcer program podcast akan merekomendasikan produk atau layanan yang ditawarkan pada siarannya. Dengan cara ini, anda memiliki kesempatan menjangkau target audiens dalam waktu singkat.

Sampai tahap ini, anda telah memahami apa itu podcast serta manfaat bagi bisnis anda. Semoga bisnis anda semakin meroket. Salam sukses dari Rumahweb Indonesia.

Baca juga : Apa itu Landing Page, Apakah Bisa Mempengaruhi Penjualan Produk?

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

× Konsultasi GRATIS dengan kami?