5 Strategi Sukses Bisnis Online Shop

Di musim pandemi seperti sekarang ini semakin banyak orang mengisi waktu luangnya dengan berbisnis online, salah satunya bisnis online shop. Dengan bisnis online Anda hanya perlu mencari ide untuk produk yang akan Anda jual di online shop. Namun tidak semua bisnis online shop akan berjalan dengan mulus. Karena itu Anda perlu mengetahui strategi sukses bisnis online shop untuk menargetkan minat pelanggan terhadap produk Anda.

Tentunya tidak sekedar website online saja, perlu sebuah strategi agar brand Anda dikenal publik secara luas. Sehingga produk yang Anda jual akan laku dalam jumlah yang besar. Jika Anda masih bingung bagaimana cara memasarkan produk secara online yang dapat menarik banyak pembeli, berikut 5 strategi sukses bisnis online shop : 

Strategi Sukses Membangun Website Online Shop

1. Buat Situs Online Shop

Pembuatan situs online dapat digunakan sebagai pusat dari branding produk yang Anda miliki. Anda juga dapat memasukkan apa saja di situs Anda, seperti profil perusahaan dan info tentang produk beserta kelebihan dan kekurangan. 

Isi konten yang lengkap dapat menggiring pengunjung untuk menuju website dan mempelajari apa yang belum mereka ketahui. Situs yang Anda buat bisa dijadikan sebagai landing page jika Anda ingin menampilkan promosi atau adanya produk baru. Anda juga dapat mencantumkan kontak atau  menyediakan layanan pelanggan jika pengunjung ingin menghubungi secara langsung.

Singkatnya situs website Anda dapat digunakan sebagai pusat publikasi dan informasi tentang produk. 

Baca juga : Cara Memulai Bisnis Dari Nol

2. Menggunakan SEO dan Google Ads 

Website yang baru saja dibangun memang tidak secara langsung dikenal banyak orang. Oleh karena itu Anda harus melakukan optimasi kata kunci yang berhubungan dengan produk sebagai pengiring. SEO dari website harus dimaksimalkan agar pengunjung yang mencari kata kunci tertentu bisa menemukan situs yang Anda bangun. 

Tujuan penggunaan SEO dan Google Ads adalah pada saat calon pembeli memulai pencarian di Google membuat website Anda muncul di halaman utama. Dengan kata kunci tertentu, website akan mudah ditemukan dan meningkatkan kemungkinan situs Anda akan dikunjungi. 

3. Membuat Akun Sosial Media

Jika Anda hanya mengandalkan SEO saja tentunya tidak akan maksimal jika Anda tidak memiliki akun media sosial seperti Instagram atau Facebook. Kenapa harus punya akun media sosial? Di zaman milenial seperti sekarang ini tentunya orang-orang akan menghabiskan waktunya di sosial media seperti Instagram yang sekarang penggunanya mengalahkan pengguna Facebook. 

Jika Anda ingin lebih mengenalkan produk Anda, buatlah konten-konten yang menarik dan bisa disebarkan di media sosial lainnya. Anda bisa membuat konten seperti gambar atau video promosi seperti memberikan diskon atau bonus.

 4. Gunakan Instagram dan Facebook Ads

Sama halnya dengan Google Ads, Anda juga bisa beriklan pada Facebook dan Instagram untuk semakin melebarkan jangkauan promosi. Pada umumnya terdapat aturan tertentu yang harus dipatuhi, khususnya gambar yang tidak boleh terlalu banyak dan teks yang sudah tersusun dengan benar.

Sebaiknya jangan gunakan Facebook atau Instagram personal. Buat akun khusus untuk bisnis online yang sedang Anda bangun. Selanjutnya kelola akun tersebut dengan baik untuk melakukan promosi dan juga buat iklan di Facebook atau Instagram.

Baca juga : 4 Tips Meningkatkan Pengunjung Website

5. Jual Produk Anda di Marketplace

Bergabung di marketplace adalah salah satu cara yang bisa dikatakan sangat membantu meningkatkan image produk Anda, karena di marketplace tempatnya para penjual dan pembeli. Bahkan sudah jutaan orang yang berbelanja di marketplace, sehingga kemungkinan terjadi closing akan besar. Contohnya Anda bisa berjualan di Lazada, Shopee, atau Tokopedia.

Anda tidak perlu membuat banyak akun marketplace, asal Anda mengelola dengan baik dan bisa menghasilkan keuntungan yang besar.

Baca juga : Desain UX untuk Bisnis Anda yang Lebih Baik

× Konsultasi GRATIS dengan kami?