Landing page adalah sebuah laman web yang dibuat secara khusus untuk keperluan marketing. Biasanya, laman ini muncul ketika pengunjung mengklik tautan dari email, iklan berbayar, atau media sosial.
Manfaat landing page bagi perusahaan atau pelaku bisnis, antara lain:
- Sarana promosi sebuah produk atau layanan.
- Meningkatkan conversion rate, yaitu persentase yang menunjukkan kemampuan sebuah situs dalam menarik pengunjung untuk melakukan suatu tindakan.
- Mengumpulkan informasi dari pengunjung yang dapat digunakan untuk melakukan analisis lanjutan.
Nah, pertanyaan yang sering kali muncul adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat landing page. Bagi perusahaan atau bisnis besar, hal ini mungkin tak menjadi masalah. Namun, lain halnya dengan pelaku UMKM yang memiliki modal lebih terbatas.
Kabar baiknya, saat ini sudah banyak landing page builder yang bisa Anda akses secara gratis. Apa saja kira-kira? Simak rekomendasi web builder untuk membuat landing page gratis di bawah ini!
Yang Akan Anda Pelajari
Rekomendasi Landing Page Gratis untuk UMKM
Kami telah mengumpulkan 10 web builder terbaik yang dapat memenuhi kebutuhan membuat landing page bisnis Anda. Hampir semua builder landing page dalam daftar ini tersedia secara gratis. Setiap builder memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Silakan pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
1. Canva
Canva adalah aplikasi desain grafis berbasis templat untuk membuat konten sosial media. Tidak hanya aplikasi desain grafis, sekarang Canva juga bisa digunakan untuk membuat presentasi, dokumen, whiteboard, mengedit video, dan hingga membuat landing page.
Canva menyediakan berbagai templat untuk membangun landing page yang dijamin menarik sekaligus user-friendly. Anda dapat menggunakan Canva untuk membuat landing page yang responsif dan berperforma tinggi tanpa harus memiliki kemampuan desain web.
Kelebihan | Kekurangan |
---|---|
Mudah digunakan | Jumlah template desain dan stok foto terbatas |
Serbaguna, tidak hanya untuk membuat landing page | Fitur gratis terbatas |
Template dan elemen desain beragam | Pengaturan file export kurang fleksibel |
Template dapat dimodifikasi sesuai keinginan (custom) | Hosted-only |
Harga: Gratis, paket Pro mulai dari USD 199 per tahun untuk 1 pengguna.
2. Carrd
Carrd merupakan web builder berbasis cloud yang cukup populer di kalangan kreator konten dan UMKM. Platform ini dapat Anda gunakan untuk membuat landing page, portofolio, formulir, hingga situs web.
Mirip dengan Canva, Carrd juga menyediakan berbagai templat yang dapat Anda modifikasi sesuai kebutuhan. Itulah sebabnya platform ini sangat disukai oleh pelaku UMKM dan pebisnis online.
Kelebihan | Kekurangan |
---|---|
Sederhana dan mudah digunakan | Tidak cocok untuk membuat landing page yang kompleks |
Budget-friendly | Paket Pro Lite terlalu terbatas |
Mobile-friendly | Tidak ada fitur e-commerce |
Cocok untuk pelaku UMKM dan freelancer | Tidak dapat digunakan untuk membuat blog |
Harga: Gratis, paket Pro Lite mulai dari USD 9 per tahun.
3. ConvertFlow
ConvertFlow adalah sebuah platform digital marketing yang mengusung konsep all-in-one. Anda dapat menggunakan ConvertFlow untuk membuat berbagai sarana iklan dan campaign produk, mulai dari pop-up, formulir, kuis, rekomendasi produk, hingga landing page.
Kelebihan | Kekurangan |
---|---|
Fitur digital marketing yang beragam | Sulit digunakan bagi pemula atau orang awam |
Templat yang menarik dan dapat dimodifikasi sesuai keinginan (custom) | Butuh waktu lebih lama untuk mempelajari dan memahami cara kerjanya |
Memiliki fitur A/B testing | Tarif untuk fitur berbayar relatif lebih mahal daripada platform landing page lainnya |
Dapat diintegrasikan dengan CRM | Kurang user-friendly |
Harga: Gratis untuk 5 landing page, berbayar mulai USD 99 per bulan.
4. ConvertKit
ConvertKit adalah platform email marketing yang ditujukan untuk kreator online membangun kedekatan dengan audiens mereka. Meskipun fokusnya adalah email marketing, ConvertKit juga dilengkapi dengan fitur pendukung lainnya untuk membangun bisnis online, termasuk formulir sign-up email, email designer, email automation, dan landing page.
Kelebihan | Kekurangan |
---|---|
Pembuatan landing page tidak dibatasi | Tarif dihitung berdasarkan jumlah subscribers email |
Mendukung penggunaan domain custom | Pilihan templat desain kurang beragam |
Memiliki fitur newsletter berbayar | Fitur commerce hanya bisa menjual produk digital |
Cocok untuk content creator | Fitur reporting terbatas |
Harga: Gratis, berbayar mulai USD 15 per bulan untuk 300 subscribers.
5. Google Sites
Google Sites adalah builder website dari Google untuk membuat website sederhana. Anda tidak memerlukan keahlian web desain atau pemrograman untuk menggunakan Google Site. Anda dapat membuat landing page gratis hanya dengan drag-and-drop, seperti membuat presentasi di Google Slides.
Google Sites memang tidak difokuskan untuk membuat landing page, tetapi Anda masih dapat memanfaatkan Google Sites untuk membuat website yang menarik sebagai sarana promosi bisnis Anda.
Kelebihan | Kekurangan |
---|---|
Gratis | Fitur yang terbatas apabila dibandingkan dengan platform lainnya |
Mudah digunakan | Sulit diintegrasikan dengan platform atau aplikasi yang bukan buatan Google |
Terintegrasi dengan produk Google lainnya | URL relatif panjang dan kurang efisien |
Cocok untuk pemula dan awam | Tidak ada fitur SEO |
Harga: Gratis.
6. Grapedrop
Grapedrop adalah platform desain web yang memudahkan pengguna untuk melakukan publikasi online secara instan. Fasilitas desain yang ditawarkan oleh platform ini sangat beragam, sehingga Anda dapat mendesain landing page secara detail dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.
Kelebihan | Kekurangan |
---|---|
Fitur desain yang lengkap dan detail | Tidak cocok untuk pemula atau orang yang awam dengan web desain |
Kebebasan untuk membuat desain landing page secara custom | Hosted-only |
Mendukung penggunaan domain custom | Branding Grapedrop |
Harga: Gatis, berbayar mulai USD 4.90 per bulan.
7. MailerLite
MailerLite adalah pesaing ConvertKit di ranah email marketing untuk kreator online. Karena apa yang ditawarkan MailerLite juga ditawarkan oleh ConvertKit. MailerLite sedikit lebih unggul karena memiliki 1 produk yang tidak ditawarkan oleh ConvertKit, yaitu Transactional Emails.
Anda dapat menggunakan MailerLite untuk mengumpulkan leads, melakukan automasi email, membuat form pendaftaran, menjual produk digital, dan tentu saja membuat landing page.
Kelebihan | Kekurangan |
---|---|
Mudah digunakan | Templat hanya bisa diakses secara berbayar |
Pilihan desain yang modern dan elegan | Terbatas untuk 10 landing page gratis |
Dapat mengirim 12 ribu email per bulan secara gratis untuk 1000 subscribers | Layanan live customer support gratis hanya berlaku selama 30 hari pertama |
Tarif tidak berdasarkan jumlah subscribers | Pendaftaran akun gratis sangat ketat |
Harga: Gratis, berbayar mulai USD 10 per bulan.
8. No-Code Microsite Builder by MTARGET
MTARGET adalah perusahaan email delivery yang berbasis di Indonesia. Bahkan platform ini diklaim sebagai yang pertama di Asia Tenggara. Selain email marketing, MTARGET juga memiliki produk No-Code Microsite Builder yang bisa Anda gunakan untuk membuat landing page sederhana.
Kelebihan | Kekurangan |
---|---|
Mudah dipelajari dan digunakan oleh pemula | Jumlah fitur terbatas |
Templat dan layout beragam yang dapat digunakan secara gratis | Kurangnya keleluasaan bagi pengguna untuk mengeksplorasi fitur |
Terintegrasi dengan Unsplash untuk mencari stok foto | Hasil pencarian gambar di Unsplash tidak sesuai dengan kata kunci |
Mobile-friendly | Tarif fitur berbayar relatif mahal |
Harga: Gratis untuk pelanggan MTARGET.
9. Ucraft
Ucraft adalah sebuah platform yang dapat digunakan untuk mendesain landing page, situs web, hingga toko online. Ucraft cocok bagi Anda yang membutuhkan landing page sederhana dengan tampilan visual yang menarik.
Kelebihan | Kekurangan |
---|---|
Templat yang modern dan stylish | Branding Ucraft |
Keamanan dan analitik gratis | Tidak mendukung domain custom |
Cocok untuk landing page yang memprioritaskan daya tarik visual | Fitur yang ditawarkan relatif sedikit dibanding platform lainnya |
Cocok digunakan oleh pelaku UMKM dan kreator online | Kurang cocok untuk mendesain landing page yang kompleks |
Harga: Gratis, berabayar mulai USD 4.99 per bulan.
10. umso
umso merupakan platform website builder yang dapat digunakan untuk membuat situs atau laman web secara cepat dan efisien. Uniknya, umso memiliki fitur untuk menghasilkan desain web yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna.
Kelebihan | Kekurangan |
---|---|
Mudah digunakan | Branding umso |
Website Generator untuk membuat website yang unik, bukan templat | Kurang cocok untuk membuat situs/laman yang kompleks |
Mendukung multilingual website | Tidak mendukung domain custom |
Harga: Gratis, paket Pro Site mulai USD 25 per bulan.
Baca juga: Elemen Penting Agar Landing Page Menghasilkan Konversi
Kesimpulan
Setiap bisnis memiliki kebutuhan yang berbeda. Bisnis online rintisan dapat memanfaatkan tools gratis sebelum berinvestasi yang lebih besar. Salah satu investasi utama untuk bisnis online Anda adalah membuat landing page.
Jika Anda baru memulai, Anda tidak akan salah dengan menggunakan builder landing page gratis yang telah kami ulas. Carrd adalah opsi yang tepat untuk membuat landing page sederhana. Jika Anda membutuhkan dukungan penggunaan domain custom tanpa biaya, ConvertKit dan Grapedrop adalah pilihan yang tepat.
Bagi Anda yang memiliki bujet, paket berbayar Ucraft dan umso akan memenuhi semua kebutuhan landing page Anda. Canva adalah pilihan terbaik jika kebutuhan Anda tidak hanya membuat landing page, tetapi juga desain konten sosial media dan materi marketing lainnya.
Jika Anda membutuhkan bantuan bisnis online, termasuk pembuatan landing page dan strategi marketing media sosial, tim Techarea siap membantu membawa bisnis Anda beralih ke digital.