8 Manfaat Landing Page yang Membuat UMKM Lebih Sukses

Menurut HubSpot, landing page dapat meningkatkan konversi hingga 10% di berbagai kategori bisnis, termasuk UMKM. Ini berarti landing page memiliki potensi besar untuk mengoptimalkan strategi pemasaran dan mengembangkan bisnis Anda.

Bagi UMKM yang ingin meningkatkan konversi dan mengembangkan bisnis, landing page adalah solusi efektif. Landing page berbeda dari website umum karena didesain khusus untuk meyakinkan dan mengarahkan pengunjung menuju tujuan spesifik, seperti pembelian produk, berlangganan newsletter, mengunduh e-book, dan sebagainya.

Namun, manfaat landing page tidak berhenti di situ saja. Masih banyak manfaat landing page yang bisa didapatkan untuk membantu bisnis Anda sukses. Pelajari lebih lanjut dengan membaca artikel ini sampai selesai.

Manfaat Landing Page

Dalam digital marketing, landing page adalah media promosi yang tidak bisa Anda lewatkan. Sebab, ada sejumlah manfaat landing page yang bisa dirasakan bisnis Anda jika menggunakan landing page. Berikut adalah beberapa manfaat landing page bagi bisnis:

1. Memberi Kesan Pertama yang Baik

Kesan pertama pelanggan sangat berpengaruh terhadap keputusannya dalam membeli produk. Sehingga penting untuk menciptakan kesan pertama yang baik. Untuk memberikan impresi yang baik, Anda dapat menyambut calon pelanggan dengan landing page yang proper.

Isi landing page dengan informasi yang bermanfaat, gambar yang berkualitas, dan testimoni yang positif. Ini bisa jadi cara yang tepat untuk menciptakan penilaian awal yang bagus supaya mereka mau lanjut melakukan pembelian.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Landing page juga bisa digunakan sebagai media branding yang tak kalah ampuhnya dengan media sosial. Hal ini terjadi ketika pengunjung membuka landing page Anda.

Jika mereka tertarik dengan isi yang ada di dalamnya, maka mereka akan mengingat brand Anda ketika membutuhkan produk atau layanan tersebut di masa mendatang. Oleh karena itu, siapkan logo atau tagline tertentu yang bisa memudahkan pengunjung mengingat brand Anda.

3. Membangun Kredibilitas

Manfaat landing page yang ketiga adalah membangun kredibilitas. Tanpa landing page, informasi produk akan sulit ditemukan dan brand Anda bisa dianggap abal-abal karena kurang eksis di mata konsumen.

Dengan landing page, Anda dapat memberikan konsumen kemudahan dalam mengakses informasi sehingga tingkat kepercayaan meningkat. Buat mereka percaya bahwa produk Anda mampu menjadi solusi atas permasalahan yang mereka hadapi.

Salah satu cara sederhana dan ampuh untuk membangun kredibilitas adalah dengan menyematkan testimoni pelanggan. Selain itu, Anda juga bisa memberikan trial produk atau jasa gratis agar konsumen bisa merasakan manfaat dari produk sebelum membelinya.

4. Menjawab Keraguan Pelanggan

Salah satu kekurangan dari belanja online adalah pelanggan tidak bisa melihat barang secara langsung. Hal ini seringkali membuat mereka ragu untuk membeli karena takut produk yang dijual palsu, rusak, atau tidak sesuai dengan gambar yang ditampilkan.

Oleh karena itu, landing page hadir untuk menjawab keraguan pelanggan. Anda bisa menuliskan informasi produk secara lengkap dan menampilkan gambar produk asli dengan tampilan yang memikat. Berikan testimoni dari pelanggan sebelumnya untuk menimbulkan rasa percaya bagi calon pelanggan baru.

Anda juga bisa menambahkan fitur chat WhatsApp di landing page agar calon pelanggan bisa menghubungi Anda apabila membutuhkan informasi lebih lanjut. Menangkan hati calon pelanggan dengan membalas pesan mereka secara cepat dan responsif.

5. Meningkatkan Performa Iklan

Saat berniat menjalankan iklan berbayar, seperti Google Ads, Meta Ads, dan lain-lain, pastikan Anda sudah memiliki landing page terlebih dahulu. Karena landing page bisa dianggap sebagai gerbang utama yang akan dimasuki calon pelanggan setelah terpapar iklan.

Quality score iklan akan meningkat jika landing page memiliki konten yang menarik, cepat diakses, dan mudah dipahami. Hal ini akan membuat iklan lebih sering muncul ketika audiens sedang mencari kata kunci terkait.

Jika iklan tidak memiliki landing page, pengunjung akan bingung harus melakukan transaksi di mana. Pengalaman buruk ini dapat membuat penyedia layanan iklan seperti Google enggan menampilkan iklan Anda. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan landing page sebagai bagian dari strategi iklan berbayar.

6. Meningkatkan Trafik Website

Manfaat landing page selanjutnya adalah dapat meningkatkan trafik atau lalu lintas website.

Pertambahan jumlah pengunjung website tersebut dapat membuat brand Anda lebih dikenal. Setiap kali orang berkunjung ke landing page Anda dan merasa terbantu dengan isi di dalamnya, kemungkinan mereka akan kembali ke website Anda di masa depan dan bahkan merekomendasikan website Anda ke orang lain.

Oleh karena itu, landing page dapat membantu meningkatkan engagement website Anda, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kepercayaan pengguna dan memperkuat citra.

Salah satu manfaat landing page adalah meningkatkan trafik website.
Salah satu manfaat landing page adalah meningkatkan trafik website. Gambar oleh Negative Space dari Pexels.

7.   Mendapatkan Leads

Landing page bisnis biasanya dilengkapi dengan formulir data diri yang perlu diisi oleh pengunjung seperti nama, email, dan nomor telepon. Dengan mengisi formulir tersebut, Anda bisa mendapatkan leads atau data calon pelanggan potensial yang bisa menjadi fokus penjualan.

Melalui nomor telepon dan email tersebut, Anda bisa memberikan penawaran atau promosi produk, sehingga dapat menarik minat target audiens untuk membeli produk.

Landing page dapat berperan sebagai alat konversi yang efektif untuk mengubah pengunjung menjadi calon pelanggan, dan kemudian menjadi pelanggan sejati.

8. Meningkatkan Konversi

Manfaat landing page terakhir dan yang paling utama adalah meningkatkan konversi. Desain landing page yang sudah disesuaikan dengan tujuan pemasaran mampu mendorong pengunjung untuk segera mengambil tindakan.

Keberhasilan konversi tidak hanya dipengaruhi oleh desain landing page saja. Faktor lain seperti minimnya distraksi, adanya Call To Action (CTA) yang spesifik, kecepatan akses, kemudahan akses melalui perangkat mobile, dan banyak lagi juga mempengaruhi. Oleh karena itu, perlu memperhatikan banyak faktor dalam mendesain landing page yang dapat meningkatkan konversi.

Baca juga: 20+ Cara Meningkatkan Konversi Penjualan dengan Landing Page

Buat Landing Page untuk Bisnis yang Lebih Sukses

Sebelum membuat landing page, pastikan Anda menetapkan terlebih dahulu tujuan dari pembuatan landing page. Idealnya, satu landing page hanya memiliki satu tujuan saja.

Setelah itu, siapkan isi landing page secara matang, mulai dari copywriting, foto atau video, dan testimoni pelanggan. Kemudian, buat landing page menggunakan WordPress atau dapat menghubungi kami untuk konsultasi gratis mengenai kebutuhan landing page Anda.

Kami menyediakan layanan pembuatan dan optimasi landing page khusus untuk UMKM dengan harga terjangkau untuk membantu bisnis Anda mendapatkan lebih banyak pelanggan melalui landing page.

Alfadhylla Rosalina

Alfadhylla Rosalina

Aktivis gerakan lingkungan, sanitasi, dan keamanan pangan, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *