15 Contoh Copywriting yang Menarik dan Menjual

Copywriting yang menarik dan efektif tidak selalu mudah untuk dibuat, tetapi tidak mustahil untuk dipelajari. Ada banyak sumber gratis yang tersedia di internet yang dapat membantu Anda membuat copywriting yang sukses.

Copywriting dapat menjadi senjata yang kuat bagi pemilik bisnis dalam menarik perhatian calon konsumen. Kata-kata yang tersusun dengan baik dan tujuan yang jelas dapat membuat orang yang membacanya secara tidak sadar tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang bisnis Anda, baik dengan mengunjungi profil Instagram atau website Anda, atau bahkan dengan langsung membeli produk yang Anda tawarkan.

Pada artikel ini, kami akan memberikan contoh copywriting yang menarik untuk berbagai jenis bisnis, mulai dari makanan, fashion, kesehatan, hingga website pendidikan.

Contoh copywriting berikut dapat menjadi inspirasi bagi Anda dalam membuat copywriting untuk bisnis Anda. Jadi, pastikan untuk membaca artikel ini sampai selesai!

Contoh Copywriting Produk Fashion

Pada contoh pertama ini kami akan memberikan beberapa contoh copywriting yang dapat digunakan untuk produk fashion. Copywriting yang tepat dapat membantu menjual produk fashion Anda dengan lebih efektif dan memikat perhatian calon konsumen.

1. Raddeya Hijab

Raddeya Hijab: Contoh copywriting produk fashion.
Raddeya Hijab: Contoh copywriting produk fashion.

Contoh copywriting pertama yang menarik berkaitan dengan produk hijab, yaitu Raddeya Hijab.

Raddeya Hijab menawarkan berbagai pilihan hijab dengan motif dan warna yang bervariasi, mulai dari warna cerah, gelap, hingga motif yang unik.

Apa Copywriting yang Menarik?

Anda dapat melihat pada bagian headline landing page milik Raddeya hijab bahwa mereka menggunakan kata-kata yang berirama.

Cantik seutuhnya dengan koleksi terbaru Raddeya.

Banyak bisnis besar yang menggunakan copywriting yang berirama pada iklan mereka karena kalimat tersebut lebih mudah diingat oleh calon pelanggan.

Apa yang Bisa Ditiru?

Salah satu teknik yang dapat Anda terapkan dalam copywriting adalah menggunakan rima. Meskipun tidak semua copywriting harus menggunakan rima.

Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakannya pada bagian-bagian tertentu atau iklan tertentu saja, misalnya pada bagian headline. Ini dapat membantu membuat copywriting Anda lebih mudah diingat oleh calon pelanggan.

2. Raina Signature Hijab

Raina Signature Hijab: Contoh copywriting produk hijab
Raina Signature Hijab: Contoh copywriting produk hijab

Raina Signature adalah salah satu bisnis yang pernah menggunakan jasa manajemen Instagram dan pembuatan landing page dari Techarea. Bisnis ini berfokus pada produk fashion muslimah, terutama hijab.

Raina Signature menawarkan berbagai pilihan hijab dengan model, warna, dan bahan yang beragam yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan sehari-hari.

Apa Copywriting yang Menarik?

Raina hijab berusaha untuk menarik perhatian calon pelanggan melalui foto dan video yang menarik yang diposting di media sosial.

Dalam copywriting-nya, bisnis ini tidak hanya menjelaskan detail produk, tetapi juga berusaha memberikan gambaran bagaimana produk tersebut dapat digunakan dalam kegiatan sehari-hari, sehingga dapat menciptakan keinginan pada orang yang melihat. Contohnya:

Noura Daily Bergo untuk kamu yang sibuk dan males ribet.

Tersedia 10 warna favorit.

Simpel dan praktis, desain timeless šŸ’•

Kalimat yang ditulis juga dibuat singkat dan jelas agar lebih mudah dipahami oleh pembaca.

Apa yang Bisa Ditiru?

Salah satu hal yang dapat Anda terapkan dalam mempromosikan produk adalah dengan mengkombinasikan foto dan video yang menarik dengan copywriting yang efektif.

Foto dan video yang bagus dapat membuat orang yang melihat semakin penasaran, dan Anda dapat menggunakan copywriting untuk memberikan informasi yang diperlukan dan membuat calon pelanggan lebih yakin untuk membeli produk tersebut.

3. Chubbydut

Chubbydut: Contoh copywriting baju anak-anak.
Chubbydut: Contoh copywriting baju anak-anak.

Chubbydut adalah bisnis yang menjual pakaian anak-anak, seperti jaket, baju tidur, baju renang, dan pakaian sehari-hari.

Selain memiliki toko fisik, Chubbydut juga menjangkau calon pelanggan secara online dengan memiliki website toko online sendiri.

Apa Copywriting yang Menarik?

Di website toko online-nya, Chubbydut menunjukkan beberapa kelebihan produk dan bisnis mereka. Contohnya:

  • Nyaman untuk digunakan oleh anak-anak yang aktif
  • Berkualitas tinggi sehingga lebih tahan lama
  • Aman, karena menggunakan bahan yang aman untuk anak-anak

Copywriting sederhana seperti ini cukup efektif untuk membuat orang tua yang ingin membelikan pakaian untuk anak mereka merasa lebih yakin dengan produk Chubbydut.

Apa yang Bisa Ditiru?

Tidak selalu perlu menggunakan kata-kata yang terlihat terlalu profesional dalam copywriting. Hal terpenting adalah memperhatikan siapa yang akan membaca copywriting yang Anda buat.

Chubbydut tahu bahwa target audiensnya adalah orang tua dengan anak kecil, sehingga penggunaan kata-kata yang sederhana dianggap lebih efektif. Jadi, selalu pertimbangkan target audiens Anda dalam membuat copywriting.

Contoh Copywriting Produk Makanan

Pada bagian kedua ini kami akan memberikan beberapa contoh copywriting yang dapat digunakan untuk produk makanan. Perhatikan contoh-contoh yang akan kami berikan agar Anda dapat membuat copywriting yang menarik untuk produk makanan Anda.

4. Kirana Catering

Kirana Catering: Contoh copywriting produk makanan.
Kirana Catering: Contoh copywriting produk makanan.

Website Kirana Catering mungkin dapat menjadi salah satu referensi yang berguna untuk contoh copywriting yang menarik bagi pemilik bisnis makanan.

Kirana Catering adalah bisnis yang menyediakan jasa catering untuk berbagai kebutuhan, seperti catering untuk resepsi pernikahan dan sebagainya.

Apa Copywriting yang Menarik?

Kelezatan makanan tidak hanya dapat diperlihatkan melalui foto atau video, tetapi juga dapat diungkapkan melalui copywriting yang menarik.

Selain itu, Anda juga bisa menjelaskan mengapa orang harus membeli makanan dari Anda, misalnya karena lebih lezat, efisien dari segi waktu, atau efisien dari segi biaya.

Kirana Catering misalnya, menjelaskan perannya sebagai penyedia jasa catering yang memberikan pelayanan terbaik, makanan berkualitas, dan pilihan makanan yang beragam.

Apa yang Bisa Ditiru?

Salah satu teknik yang dapat Anda terapkan dalam copywriting adalah dengan tidak bertele-tele dalam menjelaskan produk atau layanan Anda.

Fokuslah pada hal-hal yang dapat membuat orang merasa bahwa bisnis Anda adalah solusi yang tepat bagi kebutuhan mereka. Ini dapat membantu membuat copywriting Anda lebih efektif.

Contoh Copywriting Produk Kesehatan

Copywriting yang baik adalah yang dapat menarik perhatian masyarakat, memberi pemahaman tentang produk, dan meningkatkan kepercayaan terhadap produk yang dijual. Produsen perlu memahami cara membuat copywriting efektif terutama untuk produk kesehatan.

5. Silvi Skincare 

Silvi Skincare: Contoh copywriting skincare.
Silvi Skincare: Contoh copywriting skincare.

Bisnis kecantikan selalu populer karena banyak orang ingin terlihat lebih menawan dengan merawat wajah mereka.

Klinik Silvi Skincare merupakan salah satu pilihan bagi mereka yang mencari perawatan kecantikan terbaik.

Silvi Skincare ini menawarkan berbagai jenis perawatan yang dilakukan oleh dokter dan staf yang sudah berpengalaman di bidang kecantikan.

Apa Copywriting yang Menarik?

Klinik Silvi Skincare memiliki landing page yang digunakan untuk mempromosikan dan menawarkan berbagai jenis perawatan kecantikan. Salah satu yang menarik dari copywriting di halaman tersebut adalah pada bagian header.

Pancarkan wajah cantikmu dengan pilihan treatment wajah yang tepat di dari Silvi Skincare.

Klinik tersebut membantu pelanggan untuk tampil dengan wajah cantik dengan menggunakan perawatan yang tepat, bukan dengan janji-janji instan yang mungkin tidak realistis.

Apa yang Bisa Ditiru?

Salah satu teknik copywriting yang bisa dicontoh adalah dengan tidak menggunakan janji-janji yang tidak realistis dan diganti dengan menawarkan bantuan atau solusi yang dapat membantu calon pelanggan.

Ini lebih meyakinkan daripada hanya menawarkan janji yang belum tentu dapat dipenuhi.

Jadi, jika Anda ingin mempromosikan produk atau jasa, cobalah untuk fokus pada cara menyelesaikan masalah atau kebutuhan calon pelanggan, bukan hanya menjanjikan hasil yang mungkin tidak dapat dicapai.

6. Sabun Herbal Kamilah

Sabun Herbal Kamilah: Contoh copywriting produk kesehatan.
Sabun Herbal Kamilah: Contoh copywriting produk kesehatan.

Sabun Herbal Kamilah merupakan bisnis yang menjual produk sabun herbal yang diklaim dapat membuat wajah lebih cerah, bebas jerawat, dan bebas panu.

Apa Copywriting yang Menarik?

Produk yang berkaitan dengan kesehatan seperti sabun herbal membutuhkan edukasi yang lebih dibandingkan produk lain seperti makanan atau fashion. Oleh karena itu, copywriting yang digunakan harus mampu menyampaikan informasi dan edukasi yang berguna bagi calon pelanggan.

Landing page Sabun Herbal Kamilah terorganisir dengan baik dengan bagian-bagian yang memuat testimoni, fakta tentang produk, manfaat produk, dan lain sebagainya untuk meyakinkan calon pelanggan.

Apa yang Bisa Ditiru?

Salah satu contoh yang dapat diambil dari copywriting Sabun Herbal Kamilah adalah penyusunan landing page yang baik yang didukung oleh copywriting yang mendukung.

Dengan demikian, orang yang mengunjungi landing page tersebut akan merasa lebih yakin dan lebih cenderung untuk membeli produk tersebut.

Jadi, jika Anda ingin mempromosikan produk atau jasa, pastikan untuk membuat landing page yang terorganisir dengan baik dan menggunakan copywriting yang efektif untuk meyakinkan calon pelanggan.

Contoh Copywriting Pendidikan

Dalam dunia pendidikan, copywriting bisa digunakan untuk mempromosikan sebuah program atau kegiatan belajar, atau menjelaskan manfaat suatu produk atau layanan yang berkaitan dengan pendidikan.

Contoh-contoh copywriting pendidikan akan membantu kita untuk memahami bagaimana cara menulis teks promosi yang efektif dan menarik bagi pembaca dalam bidang pendidikan.

7. Nurul Islam Tengaran

Nurul Islam Tengaran: Contoh copywriting di bidang pendidikan.
Nurul Islam Tengaran: Contoh copywriting di bidang pendidikan.

Nurul Islam Tengaran adalah yayasan pendidikan yang menaungi beberapa jenjang pendidikan, mulai dari TK hingga SMA. Yayasan ini juga merupakan salah satu klien yang membuat website sekolah di Techarea.

Apa Copywriting yang Menarik?

Copywriting tidak hanya berkaitan dengan membujuk orang untuk membeli produk, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk menarik siswa baru, seperti yang dilakukan oleh Nurul Islam Tengaran.

Apa yang Bisa Ditiru?

Saran yang dapat Anda ikuti adalah dengan menyajikan data dan fakta yang dapat membuat orang lebih yakin untuk memilih produk atau jasa yang ditawarkan.

Gunakan angka-angka real yang berbasis data untuk memberikan kepercayaan kepada pembaca bahwa angka tersebut merupakan data yang sebenarnya dan tidak dibuat-buat.

8. SMK N 1 Warungasem

SMK N 1 Warungasem: Contoh copywriting di bidang pendidikan.
SMK N 1 Warungasem: Contoh copywriting di bidang pendidikan.

Contoh copywriting yang menarik lainnya dapat ditemukan di website SMKN 1 Warungasem, sebuah lembaga pendidikan di Batang, Jawa Tengah.

Sekolah ini telah lama memanfaatkan media online untuk menyalurkan informasi dan mempromosikan berbagai kegiatan yang diadakan di sekolah.

Selain itu, SMKN 1 Warungasem juga memiliki channel Youtube yang menyajikan dokumentasi kegiatan sekolah dan sejenisnya.

Apa Copywriting yang Menarik?

Meskipun secara keseluruhan website profil SMKN 1 Warungasem mirip dengan website profil sekolah lainnya, jika dilihat secara teliti, terlihat bahwa website ini menggunakan copywriting yang mudah dipahami, tidak terlalu berbelit-belit.

Hal ini sangat berguna bagi siswa atau orang tua yang ingin memahami informasi yang disajikan di website tersebut.

Apa yang Bisa Ditiru?

Saran yang dapat Anda ikuti adalah dengan menyertakan informasi penting dalam copywriting Anda dan sebisa mungkin hindari menambahkan informasi yang tidak relevan bagi pembaca.

Dengan membuat copywriting yang singkat dan jelas, pembaca akan lebih mudah memahami pesan yang disampaikan, serta menghemat waktu dan tenaga mereka.

Selain itu, copywriting yang terfokus akan lebih mudah dikonsumsi oleh pembaca.

9. SMK N 1 Pati

SMK N 1 Pati: Contoh copywriting di bidang pendidikan.
SMK N 1 Pati: Contoh copywriting di bidang pendidikan.

Website sekolah biasanya memiliki tampilan yang terkesan kaku dan menggunakan bahasa yang formal, namun website SMK N 1 Pati tidak demikian. Website SMK N 1 Pati ini memiliki tampilan yang modern dan copywriting yang menarik.

Apa Copywriting yang Menarik?

Pada halaman awal website SMKN 1 Pati, informasi yang disampaikan dituliskan dalam satu kalimat singkat yang mudah dipahami, seperti contoh di bagian bidang keahlian:

Teknologi Informasi dan Komunikasi – Program Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan.

Dengan cara ini, pengunjung hanya akan mendapatkan informasi yang diinginkan tanpa terganggu oleh informasi lain yang tidak relevan.

Apa yang bisa ditiru?

Copywriting yang dapat ditiru adalah dengan menggunakan kalimat singkat dan jelas pada copywriting di halaman utama, namun memberikan penjelasan yang lebih detail di halaman terpisah.

Ini akan mempermudah pengunjung website untuk memahami informasi yang disajikan tanpa merasa terganggu oleh informasi yang tidak relevan.

10. Yayasan Salafiyah Kajen

Contoh copywriting menarik di bidang pendidikan selanjutnya bisa ditemukan di website Yayasan Salafiyah Kajen, sebuah lembaga pendidikan Islam yang berbasis Pesantren dan Madrasah di desa Kajen, Margoyoso, Pati.

Yayasan Salafiyah Kajen mengelola pondok pesantren, PAUD, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, SMK, serta memiliki badan usaha seperti Koppontren dan BPRS.

Apa Copywriting yang Menarik?

Seperti contoh copywriting menarik lainnya, copywriting di website Yayasan Salafiyah Kajen disajikan dengan singkat dan jelas, terutama di halaman utama.

Dengan begitu, informasi yang disajikan menjadi lebih mudah dipahami oleh pengunjung website.

Sebagai tambahan, website yayasan ini juga menyertakan foto-foto dokumentasi kegiatan yang membuatnya lebih menarik.

Apa yang Bisa Ditiru?

Saran yang dapat diterapkan adalah dengan menggunakan kalimat singkat dan padat di bagian halaman utama, kemudian memberikan detail lebih lanjut di halaman terpisah.

Ini akan mempermudah pengunjung website untuk memahami informasi yang disajikan tanpa merasa terganggu oleh informasi yang tidak relevan.

Contoh Copywriting Bisnis Online

Dalam dunia bisnis online, copywriting memegang peranan yang penting karena dapat membantu meningkatkan konversi penjualan.

Di bagian ini, kami akan membahas contoh-contoh copywriting bisnis online yang dapat dijadikan sebagai referensi untuk meningkatkan strategi promosi bisnis Anda.

11. Fuse Mitra

Fuse Mitra: Contoh copywriting bisnis online.
Fuse Mitra: Contoh copywriting bisnis online.

Fuse Mitra adalah perusahaan yang berfokus pada bidang asuransi. Selain menyediakan beragam jenis asuransi, perusahaan ini juga menawarkan kesempatan bagi Anda untuk menambah penghasilan dengan menjadi agen asuransi.

Apa Copywriting yang Menarik?

Siapa yang tidak tertarik dengan kesempatan untuk menambah penghasilan dengan mudah? Pasti semua orang akan tertarik.

Inilah yang dimanfaatkan Fuse Mitra sebagai cara untuk menarik orang agar bergabung menjadi agen asuransi. Mereka menggunakan landing page sebagai media untuk menjual polis asuransi sambil mencari agen baru.

Dalam hal copywriting, landing page yang dimiliki cukup menarik dengan headline yang kuat, seperti:

Menjadi agen asuransi tidak pernah semudah ini!

Hanya dengan melihat headline tersebut, Anda pasti akan penasaran dan ingin mempelajari lebih lanjut tentang bisnis tersebut.

Apa yang Bisa Ditiru?

Salah satu hal yang bisa ditiru dari copywriting landing page Fuse Mitra adalah membuat headline dengan copywriting yang menarik dan membuat orang penasaran.

Dengan demikian, lebih banyak orang yang akan membaca informasi yang Anda miliki di website atau landing page tersebut.

12. Upods

Upods: Contoh copywriting bisnis online.
Upods: Contoh copywriting bisnis online.

Contoh copywriting yang menarik untuk bisnis online dapat dilihat pada website Upods, yang merupakan perusahaan penjual perangkat rokok elektrik.

Produk tersebut sedang populer saat ini dan Upods menawarkan berbagai jenis perangkat dengan berbagai variasi bentuk, warna, dan fitur.

Apa Copywriting yang Menarik?

Dapat dilihat pada landing page Upods, kita dapat menemukan landing page yang memiliki susunan yang rapi.

Hal ini secara tidak sadar akan membawa pengunjung untuk membaca informasi yang terdapat di landing page sampai akhir.

Ini karena susunan copywriting yang ada terkait satu sama lain, mulai dari masalah, solusi, kelebihan, manfaat, jenis, hingga testimoni dari pengguna device Upods.

Apa yang Bisa Ditiru?

Salah satu hal yang dapat ditiru dari Upods adalah menggunakan informasi yang lengkap agar membuat pengunjung atau calon pembeli merasa lebih yakin.

Selain itu, copywriting yang digunakan oleh Upods juga disertai dengan data yang valid, yang berguna untuk meningkatkan kepercayaan calon pelanggan.

13. Design on Phone

Design on Phone: Contoh copywriting bisnis online.
Design on Phone: Contoh copywriting bisnis online.

Design on Phone adalah platform belajar untuk membuat desain menggunakan smartphone.

Landing page ini digunakan untuk menjual course dan fasilitasi belajar desain menggunakan aplikasi yang tersedia di smartphone.

Hal ini merupakan solusi bagi siapa saja yang ingin meningkatkan kemampuan design tapi tidak memiliki perangkat yang sesuai seperti komputer atau laptop.

Apa Copywriting yang Menarik?

Sama seperti Fuse Mitra yang telah kita bahas sebelumnya, Design on Phone juga menggunakan copywriting yang singkat dan menarik pada bagian headline.

Tidak hanya itu, copywriting pada bagian sub headline juga menjadi daya tarik tersendiri dengan memuat kata “gratis 100%”.

Selain pada bagian headline, copywriting yang menarik di landing page Design on Phone juga terdapat pada keunggulan kelas dan teknik pelaksanaan kelas.

Apa yang Bisa Ditiru?

Copywriting yang dapat ditiru dari Design on Phone adalah penggunaan kata yang kuat pada bagian headline dan subheadline.

Dalam hal ini, Design on Phone menggunakan kata “gratis 100% tanpa lisensi”.

Anda juga dapat menyertakan kata-kata lain yang sesuai dengan copywriting landing page atau website bisnis Anda.

14. Rilla

Rilla: Contoh copywriting bisnis online.
Rilla: Contoh copywriting bisnis online.

Rilla merupakan produsen liquid untuk rokok elektrik yang berada di bawah perusahaan yang sama dengan Upods.

Mereka menyediakan berbagai jenis liquid premium dengan aroma dan rasa yang unik.

Selain itu, Rilla juga memiliki banyak pilihan liquid aroma pisang dengan berbagai kombinasi rasa yang dapat Anda pilih sesuai selera.

Apa Copywriting yang Menarik?

Rilla sangat ingin menampilkan kesan premium pada produknya, sehingga desain landing page dan copywriting yang dibuat juga bertujuan untuk menunjukkan hal tersebut.

Warna hitam dipilih sebagai warna dasar dari landing page yang mampu membuat produk terlihat lebih mewah.

Kemudian, dari segi copywriting, headline di setiap sectionnya dibuat cukup mencolok, seperti:

Jajaran Liquid Terbaik.

Kombinasi Rasa Pisang yang Enak.

Tidak lupa disertai dengan penjelasan mengapa Rilla mengklaim hal tersebut agar lebih dapat dipercaya.

Apa yang Bisa Ditiru?

Salah satu hal yang dapat dicontoh adalah Anda dapat mencoba lebih berani untuk menonjolkan kelebihan-kelebihan produk atau jasa Anda, terutama jika Anda yakin bahwa hal tersebut dapat membedakan produk Anda dari produk lain.

15. AXA Printing

AXA Printing: Contoh copywriting bisnis online.
AXA Printing: Contoh copywriting bisnis online.

Contoh copywriting yang menarik terakhir dapat dilihat pada landing page Axa Printing.

Axa Printing adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa percetakan kemasan.

Perusahaan ini telah melayani ratusan pelanggan yang berasal dari pemilik bisnis kecil hingga perusahaan besar di Indonesia.

Apa Copywriting yang Menarik?

Axa Printing juga memiliki copywriting yang menarik pada landing page sebagai salah satu media promosi.

Pada bagian landing page, mereka langsung menunjukkan bahwa Axa Printing adalah perusahaan jasa percetakan yang berada di kota Surabaya.

Ini sangat sesuai karena orang yang membuka landing page mereka pasti sedang mencari percetakan yang sesuai.

Tidak hanya itu, copywriting yang menarik juga ditambahkan pada bagian sub header, yang tidak dibuat dalam bentuk kalimat, melainkan menggunakan poin-poin seperti:

Berpengalaman
Cepat & tepat
Kualitas modern
Jaminan garansi

Ini sangat sederhana dan mudah untuk dibaca!

Apa yang Bisa Ditiru?

Salah satu hal yang dapat ditiru dari copywriting website Axa Printing adalah menampilkan kelebihan bisnis Anda pada bagian awal sehingga dapat terlihat ketika calon pelanggan pertama kali membaca.

Juga tidak lupa menggunakan kalimat yang singkat atau mengubahnya dalam bentuk poin-poin agar lebih mudah terbaca.

Mulai Promosi dengan Copywriting yang Menarik!

Itulah beberapa contoh copywriting yang menarik yang dapat Anda jadikan sebagai referensi.

Copywriting bukan satu-satunya faktor yang dapat menentukan laku tidaknya produk atau jasa yang Anda tawarkan. Namun, dengan copywriting yang menarik, produk atau jasa Anda akan lebih mudah dilirik oleh calon pelanggan.

Jika Anda mengalami kesulitan atau tidak memiliki waktu untuk membuat copywriting untuk landing page, website, atau sosial media bisnis Anda, Techarea adalah partner bisnis online terbaik.

Aji Setiawan

Aji Setiawan

SEO Content Writer Techarea Indonesia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *