Landing page adalah elemen kunci dalam strategi pemasaran melalui Google Ads. Banyak bisnis, termasuk UMKM, saat ini mengandalkan Google Ads untuk menargetkan pasar yang tepat dan meningkatkan omset mereka.
Pertanyaannya, bagaimana membuat landing page yang menarik bagi audiens sehingga mereka tertarik untuk membeli produk Anda? Untuk menjawab pertanyaan itu, kami menyajikan contoh-contoh landing page penjualan yang simpel namun efektif.
Simak artikel ini sampai akhir.
Yang Akan Anda Pelajari
Kenalan dengan Landing Page
Buat Anda yang belum paham tentang landing page, kami akan memberikan penjelasan sekilas tentang landing page beserta fungsinya.
Tetapi, jika Anda sudah paham tentang landing page, silahkan langsung menuju ke contoh landing page.
Landing page adalah sebuah halaman website yang didesain khusus untuk kegiatan marketing. Halaman ini berisi berbagai penjelasan tentang produk yang Anda tawarkan. Misalnya tentang kelebihan, manfaat, testimoni, serta elemen lainnya yang bisa membuat calon pembeli Anda lebih yakin untuk membeli.
Jadi, fungsi utamanya adalah sebagai halaman edukasi produk/jasa sekaligus mengarahkan calon pembeli untuk melakukan pembelian. Karena di landing page tersedia tombol yang digunakan untuk melakukan pembelian dan sejenisnya.
Baca juga: Apa itu Landing Page?
Contoh Landing Page Penjualan
Setiap bisnis memiliki strategi masing-masing dalam menyusun landing lage. Tampilan atau susunannya bisa jadi berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh tim khusus di bisnis tersebut.
Namun, buat Anda yang belum bisa sejauh itu, daftar landing page berikut ini bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk membuat landing page Anda sendiri.
Saat melihat landing page tersebut, posisikan diri Anda sebagai calon pembeli sehingga Anda bisa menilai landing page tersebut menarik atau tidak.
1. Contoh Landing Page Hijab
Saat pertama kali membuka landing page hijab ini, mata Anda pasti langsung tertuju pada model cantik yang ada di bagian atas halaman landing page.
Dengan tangan yang memegang hijab dan warna hijab yang lebih mencolok dibanding yang lainnya, Membuat Anda langsung menangkap maksud dari landing landing page tersebut, yaitu sebuah brand hijab.
Begitupun ketika Anda scroll ke bawah lagi, terdapat berbagai foto cantik yang menunjukkan hijab tersebut.
Elemen berupa gambar manusia memang menjadi salah satu yang paling sering digunakan pada landing page. Pada landing page hijab ini sendiri, elemen foto manusia berusaha menjelaskan bahwa ketika Anda menggunakan hijab tersebut, kurang lebih seperti itulah tampilannya.
Maka dari itu, untuk menciptakan keinginan pada calon pembeli, usahakan menggunakan foto yang memang menarik dan berkualitas.
Dalam landing page ini juga diberikan berbagai keterangan penting misalnya pilihan warna, motif, serta kualitas bahan yang digunakan. Tujuannya adalah agar calon pembeli lebih yakin untuk menggunakan produk tersebut.
2. Contoh Landing Page Jasa Sablon
Apa yang membuat Anda lebih yakin untuk menggunakan suatu jasa? tentunya tidak jauh dari kualitas dan juga pengalaman mereka di bidang tersebut.
Maka dari itu, landing page jasa sablon di atas mencantumkan pengalaman mereka di bidang sablon kemasan serta berbagai poin penting lainnya yang membuat calon pengguna jasa lebih percaya.
Tidak cukup sampai di situ, dalam landing page tersebut juga ditampilkan nama-nama brand yang sudah percaya pada jasa sablon tersebut.
Anda bisa menambahkan hal tersebut untuk membuat orang lebih yakin kalau bisnis Anda memang sudah terpercaya.
3. Contoh Landing Page Produk Perhiasan
LTSW merupakan sebuah bisnis yang menjual perhiasan untuk anak-anak. Maka dari itu pemilihan gambar dan juga warna disesuaikan dengan karakter anak-anak.
Seperti halnya pada landing page hijab di atas, landing page perhiasan ini juga memunculkan citra ketika seseorang menggunakan perhiasan tersebut. Di samping itu, warna soft digunakan untuk menyesuaikan dengan karakter anak perempuan yang lembut.
Meskipun pengguna produk ini merupakan anak-anak, namun landing page ini tidak ditujukan untuk anak-anak, melainkan untuk orang tua. Karena tidak mungkin juga balita sudah bisa membeli perhiasan sendiri.
Itulah kenapa dalam landing page ini diberikan berbagai macam hal seperti kualitas produk, keamanan produk bagi anak-anak dan lain sebagainya agar orang tua lebih yakin untuk membelikan perhiasan tersebut bagi anak-anak mereka.
Baca juga: Tips Membuat Landing Page Bagi Pemula
4. Contoh Landing Page Laundry
Jangan salah, tidak hanya bisnis online saja yang butuh landing page. Bisnis offline juga bisa kok promosi menggunakan landing page. Salah satunya jasa laundry seperti yang satu ini.
Susunan landing page laundry ini bisa dibilang cukup sederhana. terdiri dari headline, kemudian testimoni, kelebihan, promo, daftar harga dan lain sebagainya.
Tapi menurut kami, salah satu yang paling penting adalah dari testimoni. Semakin banyak Anda mencantumkan testimoni di landing page tersebut, maka itu yang bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan.
Apalagi jika Anda juga menambahkan foto atau video behind the scene dari laundry Anda. Calon pelanggan pasti akan lebih yakin untuk menggunakan jasa laundry milik Anda.
5. Contoh Landing Page Jasa MUA
Buat Anda yang memiliki jasa make up artist dan sejenisnya, landing page yang satu ini mungkin bisa Anda jadikan sebagai referensi.
Buatlah headline semenarik mungkin dengan kata-kata yang bisa membuat mereka berpikir “Ini bagus juga sepertinya”. Sehingga siapapun yang melihatnya akan semakin penasaran dan membaca landing page Anda secara keseluruhan.
Anda juga bisa menambahkan berapa lama Anda punya pengalaman di bidang tersebut dan berapa banyak klien yang sudah puas dengan pelayanan yang Anda berikan. Jika perlu, berikan video atau foto hasil dari make up Anda.
Pemilihan warna pada desain landing page ini menggunakan warna yang bisa dibilang mirip-mirip dengan warna bedak, sehingga bisa memunculkan citra dari jasa tersebut yaitu jasa make up artist.
6. Contoh Landing Page Gadget
Contoh landing page berikutnya berhubungan dengan produk teknologi yaitu pods. Seperti yang Anda lihat, warna yang digunakan adalah warna yang bisa memberikan kesan modern dan futuristik.
Secara susunan memang tidak jauh beda dengan landing page pada umumnya, namun dari segi desain UI/UX, landing page ini berusaha memunculkan sesuatu yang canggih.
Hal itu didukung juga dengan penggunaan foto yang memang dikonsep dengan baik. Sehingga produk yang ingin dipasarkan terlihat lebih menonjol dan menarik perhatian.
Landing page seperti ini cocok buat Anda yang ingin memasarkan produk teknologi seperti smartphone, jam tangan, dan lain sebagainya.
Baca juga: Plugin Elementor Gratis Untuk Landing Page WordPress
7. Contoh Landing Page Jasa Asuransi
Headline menjadi satu bagian penting yang harus sangat dipikirkan, seperti yang ada pada landing page agen asuransi fuse mitra.
Pada bagian headline, mereka menuliskan bahwa menjadi agen asuransi itu sangat mudah. Kalimat itu akan mematahkan anggapan orang selama ini bahwa menjadi seorang agen asuransi bukanlah pekerjaan yang mudah.
Kemudian pada bagian berikutnya, mereka menyadarkan orang-orang bahwa semua orang butuh asuransi dengan penjelasan yang mudah dipahami.
Tidak lupa juga mereka menyertakan manfaat ketika seseorang bergabung menjadi agen asuransi, misalnya insentif dan bonus yang menarik, peluang pasif income dan lain sebagainya.
8. Contoh Landing Page Catering dan Dekorasi
Jasa catering dan dekorasi pernikahan menjadi jasa yang selalu banyak dibutuhkan. Hal itu juga membuat jasa tersebut menjadi semakin banyak jumlahnya.
Setiap pasangan tentu menginginkan yang terbaik di hari spesialnya, termasuk dekorasi yang ada di lokasi acara. Salah memilih jasa dekorasi bisa membuat hasil yang mereka inginkan tidak sesuai dengan ekspektasi.
Bagi pemilik jasa catering dan dekorasi, landing page mungkin bisa menjadi satu dari berbagai strategi marketing yang bisa meyakinkan calon pelanggannya.
Karena, di situ Anda bisa menyertakan berbagai hal yang menjadi kelebihan jasa Anda, portfolio dekorasi yang pernah Anda kerjakan, dan masih banyak lagi.
Pada contoh landing page ini, kami menggunakan font yang membuat tampilannya menjadi lebih unik, sama seperti font font yang digunakan pada undangan pernikahan pada umumnya. Meskipun terlihat sederhana, namun pemilihan font juga penting Anda perhatikan.
Tingkatkan Penjualan Anda dengan Landing Page!
Itulah contoh-contoh landing page yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ketika ingin membuat landing page untuk bisnis Anda.
Jika Anda ingin membuat landing page yang profesional dengan desain seperti di atas, Techarea sebagai partner bisnis Go-Digital siap untuk membantu mewujudkannya. Tim kami akan merancang landing page yang memang sesuai dengan bisnis Anda.
Selain itu, untuk membuat landing page yang berkualitas dan cepat, penting untuk memilih platform hosting yang tepat. Salah satu pilihan yang bisa dipertimbangkan adalah NEO WordPress. NEO WordPress adalah solusi hosting berbasis cloud yang dirancang untuk mempermudah pembuatan website. Platform ini menawarkan kecepatan tinggi, keamanan yang ditingkatkan, dan pengelolaan yang lebih efisien, menjadikannya cocok untuk UMKM yang ingin membangun landing page profesional tanpa ribet.