Tips Membuat Landing Page Bagi Pemula

Landing page
source : Pinterest

Mungkin banyak yang belum tahu bagaimana cara membuat landing page yang baik dan benar, atau mungkin sudah tahu cara buatnya tapi belum dapat banyak respon dari pengunjung? Mungkin itu disebabkan karena desain landing page kurang menarik atau terlalu banyak informasi, sehingga landing page terlihat penuh dan masih banyak penyebab lainnya. Tapi jangan khawatir, saya akan berikan beberapa tips simpelnya untuk membuat landing page Anda semakin berkualitas, simak Tips Landing Page di bawah ini ya!

1. Buat Desain Simpel dengan Catatan Desain Rapi dan Bersih

Landing page

Terlalu banyak tulisan dapat mempengaruhi respon pengunjung Anda, karena landing page akan terlihat penuh dan tidak menarik. Pengunjung akan lebih tertarik jika landing page Anda terlihat bersih dan rapi. Jadi Anda harus lebih memperhatikan desain landing page Anda.

Tujuan utama landing page adalah memudahkan konversi pengunjung menjadi pelanggan atau leads. Landing Page yang efektif adalah halaman website yang memanfaatkan warna dan gambar menarik dengan baik.

2. Buat Call To Action (CTA) yang Menarik

Buat call to action yang jelas dan mudah dipahami, call to action yang jelas menjadi keutamaan yang menuntun pengunjung memberikan action selanjutnya. CTA (Call To Action) ini sangat dibutuhkan agar nantinya pengunjung website Anda bisa dengan mudah melakukan tindakan yang Anda inginkan.

Misalnya, jika yang dinginkan adalah tindakan pembelian, maka Anda harus menyiapkan tombol “Beli Sekarang atau Pesan Sekarang” dengan ukuran yang mudah dilihat, serta warna yang terang. Begitu juga jika yang diinginkan adalah registrasi.

3. Berikan Informasi yang Ringkas, Jelas, dan Bermanfaat Bagi Pengunjung

Seperti gambar di atas, tidak perlu mencantumkan banyak informasi, berikan informasi secukupnya tetapi dapat menarik perhatian pengunjung untuk memberikan action. Mungkin beberapa orang berpikir, memberikan banyak informasi sangat membantu reader. Ya, memang memberikan banyak informasi kadang dapat membantu reader, tetapi ini di versi landing page, malah jika terlalu banyak informasi tujuan utama Anda untuk mengambil action dari para pengunjung malah terabaikan karena terkecoh dengan informasi yang banyak. Atau mungkin para pengunjung malas membaca informasi yang Anda berikan karena terlalu banyak.

Baca Juga : Jasa Pembuatan Landing Page Berkualitas

4. Pastikan Landing Page yang Anda Buat Cocok Digunakan di Perangkat Mobile

Di zaman sekarang kebanyakan orang-orang mengunjungi suatu website menggunakan perangkat mobile, namun itu tidak menutup kemungkinan ada pengunjung yang mengakses website menggunakan Laptop/PC. Jadi Anda pastikan landing page Anda cocok digunakan di Laptop/PC maupun Mobile.

5. Tambahkan Header untuk Menambah Tawaran Menarik Lainnya

Anda bisa menambahkan header untuk memberikan opsi lainnya pada pengunjung, hal ini cukup penting karena dapat menambah action opsi lainnya dari header yang Anda buat.

Seperti contoh di atas, terdapat beberapa item di header seperti Product, Features, Introgations, Pricing dan Get it Free. Jika pengunjung tidak memberikan action pada button “Get Started” kemungkinan mereka memberikan actionnya pada button “Get it Free”. Mungkin juga jika Anda menemukan 2 tawaran seperti ini Anda akan memilih untuk percobaan gratisnya terlebih dahulu. Karena itu buatlah kata-kata yang menarik untuk tawaran lainnya.

6. Berikan Beberapa Testimoni Pelanggan atau Portofolio agar Lebih Efektif

Menambahkan bukti testimoni atau portofolio dapat membuat pengunjung lebih tertarik, karena sudah tersedia bukti. Semakin banyak testi dan portofolio semakin  banyak pula para pengunjung yang tertarik.

Testimoni/portofolio bukan hanya berfungsi untuk membuat pengunjung percaya. Bukti Testimoni/portofolio bisa menambah kesan yang bagus untuk website Anda, membuktikan bahwa Anda/tim Anda bekerja dengan baik.

7. Buat Beberapa Versi Landing Page

Pengunjung tidak selalu mengunjungi langsung website kalian, mungkin mereka datang dari iklan/promosi. Jadi Anda bisa membuat landing page khusus untuk pengunjung yang datang dari iklan/promosi. Memberikan landing page khusus membuat pengunjung tidak jenuh dan bosan dengan desain yang itu-itu saja.

Baca Juga : Plugin Elementor Gratis Untuk Landing Page WordPress

8. Jangan Terlalu Banyak Form

Semakin banyak form yang Anda berikan, semakin kecil kemungkinan mereka mengisi form tersebut. Anda tidak perlu mengetahui seluruh biodata pengunjung, cukup beberapa hal yang perlu Anda ketahui saja. Misalnya nama, email, dan no HP.

9. Sesuaikan Landing Page dengan Isi Iklan

Landing page

Jangan membuat iklan dengan melebih-lebihkan, memang kemungkinan besar pengunjung akan tertarik. Namun jika mereka sudah mengunjungi website Anda tetapi tidak sesuai dengan yang di iklankan, kemungkinan besar minat mereka untuk memberi action akan hilang.

Contohnya seperti iklan spotify, jika di iklannya tertera 3 hari percobaan gratis, jika pengunjung akan memberi actionnya pada button “get spotify free”, maka Anda harus benar-benar memberikan uji coba gratis selama 3 hari.

10. Jalankan Uji Coba Landing Page

Landing page

Menurut saya menjalankan uji coba termasuk hal yang penting, karena Anda bisa tahu apa tanggapan orang lain tentang landing page Anda. Dengan uji coba, Anda bisa mengetahui apa yang sudah benar dari landing page Anda dan apa yang perlu diperbaiki.

Masih banyak lagi tips yang sangat bisa Anda gunakan untuk melakukan optimasi landing page Anda, Semoga tips ini bermanfaat baca juga artikel lain kami.

Baca Juga : 10 Tools dan Platform terbaik untuk Otomatisasi Pemasaran di tahun 2021

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 thoughts on “Tips Membuat Landing Page Bagi Pemula”

× Konsultasi GRATIS dengan kami?