web php banner

Masa Depan PHP untuk Web Development

PHP adalah salah satu bahasa pemrograman populer yang berdiri sejak tahun 1995. PHP dirancang untuk melakukan beberapa fungsi. Meskipun kini banyak bahasa pemrograman dan framework bermunculan, PHP tetap menjadi bahasa yang paling populer di pasar custom software development dari sisi pemrograman server (server-side programming). Berikut panjelasan dari Ajay Kapoor.

Statistik menunjukkan bahwa PHP digunakan oleh 79,8% situs web untuk server-side programming. Ini adalah jumlah yang sangat besar dan merupakan bukti fakta bahwa PHP adalah pilihan yang sangat populer di kalangan web developers.

web PHP 1
Image by Ajay Kapoor on Hackernoon

Diagram tersebut menggambarkan bahwa PHP versi 5 adalah versi yang paling banyak digunakan di antara empat versi lainnya. Selain itu, versi yang di-upgrade sekarang menyediakan kemampuan untuk command line interface functions. Ini adalah alasan di balik meningkatnya popularitas versi PHP yang baru.

Hypertext Pre-processor memiliki kompatibilitas yang baik dengan HTML dan membantu dalam mengembangkan single page. Ini adalah bahasa yang banyak digunakan oleh berbagai situs web terkenal seperti Wikipedia, Facebook, dan lain-lain.

Tidak hanya itu, PHP menjadi bahasa yang paling disukai dari sistem manajemen konten terkenal seperti WordPress, Magento, Joomla dan sebagainya.

Berikut adalah perbandingan PHP dengan bahasa pemrograman server-side lainnya oleh w3techs.com:

web PHP 2
Image by Ajay Kapoor on Hackernoon

Bahasa server-side dijalankan di server sebelum sampai ke browser web pengguna. Hal ini dapat memberikan banyak manfaat yang dapat mengalahkan bahasa baru lainnya di mata setiap perusahaan software development.

Potensi PHP di masa depan

1. PHP Rilis Versi 8.0.0

Pembaruan versi PHP telah memberikan peningkatan kinerja yang signifikan. Versi 7 dan versi berikutnya seperti versi 7.1, versi 7.2 dan lain-lain dikenal untuk penggunaan memori yang lebih rendah.

Sebelum versi ini, pengembangan PHP difokuskan pada peningkatan yang menggunakan Just In Use (JIT). Meskipun ini menghasilkan peningkatan luar biasa tetapi hal ini memberikan sedikit perbedaan untuk aplikasi seperti Joomla.

web PHP 3
Image by Torque

Diagram dari Torque merepresentasikan bahwa berbagai versi PHP sangat populer di kalangan pengguna WordPress. PHP diperkirakan akan merilis versi 8.0.0 pada September 2021.

2. Menyediakan akses dinamis

web PHP 4
Image by Ajay Kapoor on Hackernoon

PHP ditujukan untuk mengembangkan situs web secara dinamis. Ada berbagai fungsi yang memungkinkan developer  membuat kodenya sendiri. Dengan begitu, developer memiliki kebebasan saat mengembangkan suatu web.

Selain itu, ada banyak library PHP yang digunakan oleh perusahaan pengembang PHP yang sudah ahli untuk memberikan solusi eCommerce dan juga CMS. Library-library tersebut membuat PHP tetap ada dan mempertahankan pertumbuhan yang stabil dalam pengembangannya.

3. Bantuan ahli

web PHP 5
Photo by Pexels

Jika Anda mengalami kesulitan saat mengerjakan PHP, Anda tidak perlu khawatir. Karena ada banyak pakar PHP yang secara khusus yang akan membantu pemilik dan pengembang situs web.

Anda dapat konsultasi dengan para ahli saat Anda kesulitan koding PHP. Ini adalah alasan lain yang memberikan pengembang PHP unggul dari bahasa pemrograman lainnya.

4. Friendly language

PHP merupakan bahasa yang mudah untuk diperbarui dan mudah menyesuaikan dalam berbagai sistem operasi seperti Linux, Unix, MAC OS, Microsoft Windows dan banyak lagi. Selain itu, PHP juga bahasa yang mudah dipahami bagi web developer pemula.

web PHP 6
Image by Ajay Kapoor on Hackernoon

5. Dokumentasi yang memadai

web PHP 7
Image by Ajay Kapoor on Hackernoon

PHP menyediakan semua jenis support yang diperlukan untuk dokumentasi. Hal ini dapat memudahkan para developer karena banyak dokumentasi PHP yang tersedia secara online dan disertai dengan generator dokumen.

PHP memiliki hampir semua fitur dan manfaat yang dicari oleh setiap web developer. PHP memiliki library, modul, dan yang menjamin layanan pengembangan web yang dinamis. Sebagian besar situs web dan sistem manajemen konten didasarkan pada pemrograman PHP.

Jadi, apakah Anda akan memilih PHP sebagai bahasa pemrograman Anda? Anda bisa konsultasi dan mewujudkan aplikasi impian Anda bersama Techarea.

Reference

Kapoor, Ajay. 2019. What is the Future of PHP?. [Online] Available at :https://hackernoon.com/what-is-the-future-of-php-d8d217624eea [Accessed February 20, 2019]


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.