Teknik Most Important Task 5

Tingkatkan Produktivitas Kerja Anda dengan Teknik MIT (Most Important Task)

Apakah Anda pernah merasa lelah setelah seharian bekerja dan tidak dapat mengingat bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda? Atau Anda hanya tahu banyaknya tugas yang harus dilakukan besok? Barisan to-do-list bisa membuat Anda lelah, kewalahan, dan bahkan sedikit frustrasi. Berikut tips untuk membuat Anda tetap fokus dan produktif sepanjang hari menggunakan teknik MIT (Most Important Task) dari Sihui Huang.

Teknik M.I.T (
Most Important Task)

“A Most Important Task (MIT) is a critical task that will create the most significant results. Every day, create a list of two or three M.I.T.s, and focus on getting them done as soon as possible. Keep this list separate from your general to-do list. – The Personal MBA”

Teknik M.I.T adalah teknik untuk menulis daftar target pekerjaan yang penting dan harus Anda selesaikan. Anda bisa menerapkan teknik M.I.T ini dengan menggunakan aplikasi pencatat seperti Workflowy.

Pertama, sebelum Anda mulai bekerja, tulis tugas paling penting yang ingin Anda fokuskan dan selesaikan di bagian “M.I.T”. Kemudian, buat daftar rencana tugas pekerjaan yang akan Anda lakukan, baik M.I.T dan non-M.I.T secara berurutan di bagian “Log”.

Teknik Most Important Task 1

Image by Sihui Huang on Medium

Seiring berjalannya waktu, mungkin akan ada tugas-tugas baru yang masuk ke daftar Anda. Anda bisa menambahkannya ke bagian “Log” menurut urgensi dan tingkat kepentingan tugas-tugas tersebut.

Teknik Most Important Task 2

Image by Sihui Huang on Medium

Teknik M.I.T. ini bersifat fleksibel dan dapat berubah. Anda bisa menukar M.I.T. dengan pekerjaan yang baru atau memutuskan tidak mengerjakannya saat itu lalu memindahkannya di hari yang lain.

Pada akhir hari Anda bekerja, Anda bisa memperbarui perkembangan semua tugas, terutama pada bagian M.I.T. dan Anda bisa meninggalkan catatan untuk pekerjaan besok.

Teknik Most Important Task 3

Image by Sihui Huang on Medium

Tiga manfaat besar dari Teknik M.I.T.

Teknik Most Important Task 4

Ada tiga manfaat besar dari teknik M.I.T., yaitu:

  1. Membuat daftar M.I.T. di awal hari dapat menentukan fokus untuk hari itu. Daftar M.I.T bisa menjadi pengingat Anda untuk tetap fokus dan tenang agar tidak mudah terdistraksi dengan tugas yang tiba-tiba muncul. Jika ada hal-hal penting muncul, Anda bisa mengevaluasinya dengan daftar M.I.T. dan memperbarui atau menyesuaikannya dengan daftar.
  2. Meninjau log Anda pada akhir hari adalah kesempatan untuk merenungkan bagaimana kegiatan Anda hari ini dan mengidentifikasi bagian-bagian yang perlu perbaikan.
  3. Dengan memiliki catatan tentang bagaimana Anda menghabiskan hari Anda, Anda bisa membuat perencanaan mingguan dan bulanan lebih mudah. Pada akhir setiap minggu, Anda dapat melihat bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda dan apakah itu sesuai dengan prioritas Anda.

Penting bagi Anda untuk secara teratur mengakui kemajuan pekerjaan yang telah Anda lakukan dan merayakan keberhasilan kecil yang Anda miliki. Semoga teknik ini  bisa membantu Anda menikmati setiap langkah dalam perjalanan pekerjaan Anda.

Reference

Huang, Sihui. 2019. Never feel overwhelmed at work again: how to use the M.I.T. technique. [Online] Available at :https://medium.freecodecamp.org/never-feel-overwhelmed-at-work-again-how-to-use-the-m-i-t-technique-70d132aad0cc [Accessed February 19, 2019]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.