komposisi tim 05

5 Komposisi Tim Kerja yang Sukses

Membangun tim yang memiliki kinerja baik, berarti tidak hanya memiliki orang yang tepat dengan keterampilan yang hebat untuk melakukan suatu pekerjaan. Tetapi juga bisa mengintegrasikan orang-orang itu ke dalam tim yang ada dan membentuk tim tersebut menjadi lebih efektif. Jadi, bagaimana cara membuat komposisi tim kerja yang sukses? Berikut komposisi tim kerja yang sukses menurut Gordon Coe.

1. Memahami misi yang lebih luas

komposisi tim 01

Photo by Unsplash

Ini adalah salah satu hal penting agar tim mampu mengetahui pekerjaan yang sedang dilakukan dan bagaimana hal itu sesuai dengan skema secara keseluruhan. Hal ini dapat membuat tim memahami tentang tujuan dan memastikan keputusan yang telah mereka buat dapat fokus kepada pencapaian hasil yang tepat. Dengan kata lain, mereka dapat memahami suatu masalah dan tindakan apa yang perlu dilakukan.

2. Pemberdayaan (Empowerment)

komposisi tim 02

Photo by Unsplash

Tim yang sukses dapat beroperasi secara otonom. Mereka diberdayakan dengan jiwa kepemimpinan mereka dan kemampuan untuk membuat keputusan tanpa harus menunggu komando. Mereka dapat menjalankan diri dengan fokus dan dedikasi terhadap penyebabnya.

3. Kepemimpinan (Leadership)

komposisi tim 03

Photo by Unsplash

Kepemimpinan yang kita maksud di sini adalah kepemimpinan tingkat atas. Seseorang pernah berkata bahwa budaya dimulai dari bagian atas dan inovasi dimulai dari bagian bawah. Kepemimpinan dalam tim bukan berarti ‘Saya adalah bos – lakukan seperti yang saya katakan‘, namun kepemimpinan di sini berarti mendukung dalam pengambilan keputusan tim, membuka kebuntuan masalah, menetapkan konteks di sekitar pekerjaan yang sedang dilakukan, menjadi bagian depan, serta menjadi payung sebagai pelindung untuk tim.

4. Ritme (Cadence)

komposisi tim 04

Photo by Unsplash

Tim yang sukses selalu memiliki suatu ritme. Ritme kerja dan fokus merupakan hal-hal yang agak sulit untuk dihindari. Jika suatu tim berbagi tentang sebuah tujuan maka seiring berjalannya waktu mereka juga mengembangkan praktik kerja bersama. Dan ketika terjadi konflik, seperti argumen tentang kebijakan, perselisihan dengan pemilik produk terkait prioritas, maka hal itu akan dilakukan dengan hormat, bukan dengan kebencian.

Tim yang sukses juga memiliki kredibilitas. Dilihat dari hasil pekerjaan yang mereka lakukan dan bagaimana hal itu dikomunikasikan. Tim yang sukses akan merasa lebih mudah untuk mendapatkan dukungan ketika mereka ingin mencoba sesuatu yang baru. Karena mereka mampu bereksperimen lebih banyak.

5. Keanekaragaman (Diversity)

komposisi tim 05

Photo by Unsplash

Tim yang terdiri dari tingkat pengalaman dan kemampuan yang beragam lebih baik daripada tim yang hanya memiliki satu keahlian saja. Tim dengan individu dari latar belakang yang berbeda dan memiliki berbagai tingkat keahlian akan saling belajar dari waktu ke waktu. Kehidupan tim akan lebih tampak lebih menyenangkan. Keragaman itu penting dan itu bukan berarti sebatas ras atau gender. Namun ini tentang keragaman keterampilan atau skill dan latar belakang dengan semua orang untuk mencapai tujuan bersama.

Jika kita berupaya untuk memberi bimbingan kepada tim tentang serangkaian prinsip, kejelasan suatu tujuan, dan kita berusaha mendukung, mengembangkan, dan memberdayakan orang-orang di tim tersebut, maka semua komposisinya sudah kita jelaskan agar tim itu bisa berkembang.

 

Reference

Coe, Gordon. 2018. Five ingredients for successful teamwork. [Online] Available at :https://methods.co.uk/blog/five-ingredients-for-successful-teamwork/[Accessed August 13, 2018]

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.