7 Tools Copywriting Bahasa Indonesia

Tools Copywriting Bahasa Indonesia

Copywriting merupakan elemen penting dalam strategi pemasaran karena melibatkan pembuatan pesan yang persuasif untuk menarik audiens target.

Namun, tidak semua orang memiliki pengalaman dalam membuat copy yang efektif. Untungnya, saat ini tersedia berbagai tools yang dapat membantu Anda menulis copy dengan lebih mudah dan efisien. Anda dapat menggunakan tools copywriting bahasa Indonesia untuk membuat copywriting menarik dan mempermudah pekerjaan.

Di artikel ini kami akan membahas beberapa tools copywriting bahasa Indonesia yang mudah digunakan oleh siapa saja, baik itu penulis copy berpengalaman maupun pemula.

Yuk, mari pelajari artikelnya sampai selesai!

Daftar Tools Copywriting Bahasa Indonesia

Kami telah mengkurasi tools copywriting bahasa Indonesia yang dapat membantu Anda dalam menulis copywriting dengan lebih efektif. Dalam daftar ini, Anda akan menemukan berbagai tools yang dapat membantu memperbaiki tata bahasa, menemukan sinonim, hingga membuat copywriting dalam hitungan detik. Dengan menggunakan tools copywriting ini, Anda dapat meningkatkan kualitas copywriting Anda dan mencapai tujuan pemasaran dengan lebih efektif.

1. KBBI Daring

Tangkapan layar aplikasi KBBI.
Tangkapan layar aplikasi KBBI.

Dalam menulis copywriting, penggunaan kata yang tepat dan benar sangat penting. Hal ini memastikan bahwa pesan Anda disampaikan dengan jelas dan efektif. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan KBBI Daring sebagai sumber daya online untuk memeriksa ejaan dan makna kata.

KBBI Daring adalah laman resmi pencarian kata dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Anda dapat mengaksesnya melalui website dan aplikasi yang tersedia untuk Android maupun iOS.

Selain itu, Anda dapat manfaatkan KBBI Daring untuk menemukan sinonim atau variasi kata yang tepat untuk menyampaikan pesan dengan lebih baik.

Misalnya, ketika Anda ingin menulis sebuah headline, Anda dapat mencari inspirasi atau sinonim kata-kata yang dapat membuat judul yang menarik dan memikat perhatian pembaca.

2. Tesaurus Tematis

Tangkapan layar website Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia.
Tangkapan layar website Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia.

Thesaurus Tematis adalah alat yang bermanfaat untuk menulis copywriting, terutama dalam mencari sinonim dan variasi kata yang tepat untuk meningkatkan variasi dan keberagaman dalam teks.

Alasan mengapa tools ini sangat berguna adalah karena penggunaan kata yang tepat dan menarik dalam menulis copywriting sangat penting untuk menarik perhatian pembaca dan mempengaruhi mereka untuk mengambil tindakan tertentu.

Tampilan tools ini cukup sederhana, Anda akan dihadapkan pada sebuah kolom pencarian yang di bawahnya tersedia beberapa kelas kata yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, seperti adjektiva, adverbia, konjungsi, nomina, numeralia, partikel, dan verba.

Namun, jika Anda ingin memunculkan semua hasil dari semua kelas tersebut, Anda bisa memilih semua kelas kata.

Tertarik untuk mencobanya? Anda bisa langsung kunjungi website Tesaurus Tematis sekarang.

3. Rima Kata

Tangkapan layar website Rima Kata.
Tangkapan layar website Rima Kata.

Rima Kata adalah sebuah situs web yang dapat Anda manfaatkan sebagai alat copywriting bahasa Indonesia. Website ini akan membantu Anda menemukan kata-kata yang rima dan membuat copy Anda lebih menarik dan mudah diingat. Selain untuk menulis copy, alat ini juga sering digunakan dalam menulis puisi, bahkan juga lagu.

Penggunaan teknik rima dapat membantu memperkuat pesan yang ingin Anda sampaikan dan membuatnya lebih mudah diingat oleh pembaca. Penggunaan alat copywriting bahasa Indonesia ini juga cukup mudah, Anda cukup mengetikkan kata terakhir copy Anda di kolom yang tersedia, setelah itu akan muncul banyak referensi kata-kata yang dapat Anda gunakan untuk membuat rima.

Salah satu perusahaan besar yang sering menggunakan teknik rima dalam copywriting atau promosi adalah GoTo, itulah alasan mengapa kita yang melihat iklannya menjadi lebih mudah mengingat pesannya.

Berikut ini adalah salah satu contoh copywriting iklan Gojek x Tokopedia yang menggunakan teknik rima:

“Promo spesial Tokopedia untukmu, pelanggan setia”.

Dengan menggunakan Rima Kata, Anda juga dapat membuat copywriting yang menarik seperti yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan besar.

4. Ejaan.id 

Ejaan.id adalah sebuah aplikasi berbasis web yang berfungsi untuk memeriksa ejaan dalam bahasa Indonesia. Bisa dibilang ini adalah Grammarly untuk bahasa Indonesia. Ejaan.id dibuat untuk membantu masyarakat memperbaiki dan meningkatkan kemampuan menulis bahasa Indonesia dengan benar.

Untuk Anda seorang penulis atau copywriter, Ejaan.id dapat membantu dalam menulis copywriting dengan memastikan penggunaan ejaan bahasa Indonesia yang benar dan baku.

Penulisan yang benar dan baku akan membuat copywriting Anda menjadi lebih profesional dan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap merek atau produk yang ditawarkan.

5. DeepL Translator

Tangkapan layar website DeepL Translator.
Tangkapan layar website DeepL Translator.

Ide menulis copy terkadang bisa kita dapatkan dari mana saja, baik itu sumber dalam negeri maupun luar negeri. Buat Anda yang sering menggunakan referensi dari luar negeri untuk menulis copy bahasa Indonesia, DeepL Translator menjadi salah satu alat yang akan sangat berguna.

DeepL Translator adalah sebuah platform penerjemahan daring yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk menerjemahkan teks dari satu bahasa ke bahasa lain. Platform ini dikembangkan oleh perusahaan teknologi DeepL GmbH yang berbasis di Jerman dan diluncurkan pada tahun 2017.

Anda bisa menggunakan alat ini sebagai bantuan dalam menulis copywriting dengan memudahkan proses terjemahan dari bahasa asing ke bahasa Indonesia atau sebaliknya. Alat ini dapat membantu Anda untuk menghindari kesalahan terjemahan dan memastikan pesan yang ingin disampaikan tetap terjaga keaslian dan efektifitasnya.

Kerennya lagi, alat ini sudah mendukung terjemahan dari bahasa-bahasa populer di dunia seperti Inggris, Jerman, Prancis, Spanyol, Italia, Belanda, Polandia, Portugis, Rusia, dan Mandarin. Menarik sekali, bukan?

6. Copy.ai

Contoh prompt penulisan email menggunakan Copy.ai
Contoh prompt penulisan email menggunakan Copy.ai

Teknologi kecerdasan buatan kini sedang banyak dibicarakan karena bisa membantu melakukan banyak pekerjaan dengan lebih cepat, salah satunya membuat copywriting.

Copy.ai bisa membantu Anda membuat copywriting secara cepat hanya dalam hitungan detik. Copy.ai ini akan membantu membuat judul, deskripsi, kalimat pembuka, dan teks berdasarkan topik yang diinginkan.

Anda juga bisa memilih jenis konten seperti iklan, posting media sosial, artikel blog, atau email marketing, dan menghasilkan konten yang disesuaikan. Anda juga bisa memilih gaya penulisan seperti lucu, serius, profesional, atau persuasif.

7. DIA by MTARGET

Tangkapan layar website MTARGET DIA, tools copywriting bahasa Indonesia dengan teknologi AI.
Tangkapan layar website DIA by MTARGET, tools copywriting bahasa Indonesia dengan teknologi AI.

DIA (Digital Intelligence Assistant) by MTARGET adalah tools terakhir dalam daftar ini yang dapat membantu Anda menulis copy untuk email marketing.

Kampanye email marketing membutuhkan pesan yang relevan dan menarik agar calon pelanggan atau pelanggan setia Anda melakukan tindakan yang Anda inginkan, seperti mengunjungi website, melakukan pembelian, dan lainnya.

DIA by MTARGET menggunakan kecerdasan buatan untuk memudahkan Anda menulis email dengan lebih cepat dan hasil yang lebih baik. Dengan menggunakan DIA by MTARGET Anda tidak akan pusing lagi dan menghabiskan banyak waktu hanya untuk membuat copy untuk email marketing Anda.

Mana Tools Copywriting Bahasa Indonesia yang Anda Suka?

Secara keseluruhan, berbagai tools copywriting bahasa Indonesia di atas dapat membantu Anda membuat copywriting yang efektif. Setiap tools memiliki kegunaannya masing-masing, mulai dari memperbaiki tata bahasa hingga membuat copywriting dalam hitungan detik.

Walaupun tools copywriting dapat membantu memperbaiki kualitas copywriting Anda, Anda masih harus membuat pesan yang menarik dan relevan bagi audiens Anda, dan mengembangkan strategi pemasaran yang tepat untuk mencapai tujuan Anda. Tools copywriting tidak dapat menggantikan kreativitas dan pemikiran strategis Anda.

Demikian artikel yang membahas rekomendasi tools copywriting bahasa Indonesia. Dapatkan berbagai informasi menarik lainnya di blog Techarea tentang bisnis, digital marketing, dan teknologi.

Share:

Facebook
WhatsApp
LinkedIn
X

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *