10 Tools dan Platform terbaik untuk Otomatisasi Pemasaran di tahun 2018


Dalam istilah sederhana, otomatisasi berarti mencari cara untuk menyederhanakan tugas yang membutuhkan pengulangan, yang tidak hanya menghemat waktu dan usaha tetapi juga membuat seluruh proses menjadi lebih efisien. Pemasaran atau marketing adalah proses penjualan produk dan / atau layanan. Jadi, marketing automation (otomatisasi pemasaran) berarti mengotomatisasikan proses atau tindakan yang berhubungan dengan pemasaran.

Aktivitas pemasaran melibatkan banyak tugas berulang seperti mengirim email secara massal, mengelola campaign, social media marketing, analisis situs web, dan yang lainnya. Apabila tugas-tugas ini dikelola secara manual, maka tidak hanya membosankan dan memakan waktu tetapi juga dapat menciptakan ruang lingkup untuk kesalahan manual. Otomatisasi Pemasaran dapat membantu Anda untuk mengelola tugas-tugas ini menjadi lebih mudah dan dapat membantu kemakmuran bisnis Anda. Ini adalah bagian dari Customer Relationship Management atau CRM.

Ada banyak tools otomatisasi pemasaran dan tersedia di berbagai platform. Penting untuk Anda memilih yang tepat untuk memaksimalkan keuntungan.

Yang mana yang harus dipilih dan mengapa?

Pilihan Anda pada tools otomatisasi pemasaran akan tergantung pada ukuran dan penyebaran brand Anda. Sementara beberapa platform lain unggul hanya dengan email, manajemen media sosial dan analitik. Anda juga harus mempertimbangkan kenyamanan pengguna dan kesederhanaan antarmuka saat menangani perangkat lunak yang tampaknya rumit.

Sebelum melakukan analisis komparatif tentang kelebihan dan kekurangan serta pro dan kontranya, atau perbandingan harga, ada hal-hal yang harus Anda perhatikan ketika membandingkan penyedia perangkat lunak otomatisasi pemasaran.

Usability

Jika Anda berpikir otomatisasi pemasaran adalah tools yang mudah untuk ditangani, Anda melenceng dari sasaran. Bahkan, ini bisa sangat rumit untuk ditangani. Itulah mengapa sangat penting untuk melihat kegunaan dan menentukan apakah tools tersebut akan membantu sesuai dengan tujuan Anda.

Integrasi dengan Software Yang Ada

Salah satu aspek dari software otomatisasi pemasaran yang sangat penting tetapi sering diabaikan adalah integrasi dengan software Anda yang sudah ada. Beberapa alat otomatisasi pemasaran hanya memungkinkan integrasi yang terbatas dan itu juga dengan sebagian kecil dari sistem dan aplikasi pihak ketiga. Pilih satu yang menawarkan peluang integrasi yang lebih luas.

Pricing

Penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar alat otomatisasi pemasaran dilengkapi dengan sliding scale pricing model yang mana dibebani dengan biaya tambahan untuk add-on dan training. Keseluruhan biaya dapat meningkat jika Anda memilih produk dengan spesifikasi harga tertentu.

 

Sekarang setelah Anda mengidentifikasi fitur yang Anda inginkan dalam software otomasi pemasaran, Anda harus melihat aspek lain:

Kemampuan Email

Hampir semua alat otomatisasi pemasaran memiliki email marketing dengan berbagai fitur dan kemampuan. Pilihan Anda akan tergantung pada apa kebutuhan email Anda seperti fitur A/B testing, drip campaign, dan demographic segmentation.

Kemampuan Media Sosial

Ada alat otomatisasi pemasaran yang dapat terintegrasi dengan Facebook dan Twitter. Hal itu dapat berguna dalam melakukan social advertising, membangun aplikasi sosial, pemantauan media sosial, dan bahkan untuk menarik komentar dari Social Marketing (SM) ke CRM Anda.

Kemampuan Konten

Sebagian besar alat otomasi pemasaran memungkinkan Anda untuk membuat konten dalam bentuk webinar dan landing pages. Beberapa tools memberi kemudahan dalam pengoperasian sementara yang lain membutuhkan pengetahuan yang lebih dalam. Pilih salah satu yang Anda anggap nyaman untuk digunakan.

CRM dan Kompetensi Penjualan

Anda harus memilih alat otomasi pemasaran yang memiliki fasilitas yang dapat menghubungkan Customer Relationship Management (CRM) yang ada ke software dan menawarkan prospek dan kemampuan memberi tag.

Kemampuan Ecommerce

Ada beberapa platform otomatisasi pemasaran yang dapat bertindak sebagai database produk Anda. Tools dengan kemampuan ini ideal untuk perusahaan yang menjual produk secara online karena dilengkapi dengan fitur seperti program afiliasi dan kode kupon.

Kemudahan Pengaturan dan Pelatihan

Anda harus mempertimbangkan waktu dan biaya yang diperlukan untuk menerapkan software otomatisasi pemasaran. Anda harus membuat poin untuk meminta rincian karena fakta-fakta ini kadang-kadang tidak terlalu jelas.

 

Sekarang kita memiliki kriteria yang cukup mendalam tentang apa yang harus dicari dalam software otomasi pemasaran, kita dapat melihat berbagai opsi yang tersedia dan membuat perbandingan terhadap fitur-fiturnya.

Top 10 software otomatisasi pemasaran pilihan Team Relevance

1. Marketo

Marketo is user-friendly and can be used by sales and marketing teams to boost revenue and achieve higher sales.

Marketo automation software untuk marketing direkomendasikan untuk digunakan dalam mengatur bisnis skala kecil hingga menengah tetapi dapat digunakan juga di perusahaan besar. Perusahaan telah memperbarui fitur produk secara teratur untuk meningkatkan efektivitas dari sebuah software.

Pemasaran-1-Marketo-Dashboard

Image by relevance.com

Highlights:

  • Menyediakan platform email marketing berbasis web.
  • Menawarkan serangkaian fitur seperti landing pages, web analytics, email marketing, social media, dan lain-lain.
  • Memiliki kemampuan untuk membuat kampanye secara otomatis dan mempersonalisasi proses customer engagement.
  • Tersedia online 24/7.

2. HubSpot

HubSpot is a product designed specifically for small and medium businesses.

Software ini hadir dilengkapi dengan advanced marketing tools untuk berbagai proses dan tugas pemasaran online, seperti web analytics, social media marketing, pembuatan landing page yang menarik, content management, search engine optimization, dan masih banyak lagi. Anda dapat meluncurkan kampanye Anda dengan cepat dan efektif dengan software otomasi pemasaran ini.

Pemasaran-2-HubSpot-Dashboard

Image by relevance.com

Highlights:

  • Anda dapat mengedit konten dan mengubah desain dengan mudah.
  • Software ini dapat menyusun konten dan memastikan penerbitannya juga.
  • Dapat membuat template email dan juga mengotomatiskan konten dan baris subjek untuk individu tertentu.
  • Dapat mengoptimalkan konten dan landing page sesuai keywords
  • Tersedia dukungan 24/7
  • Tersedia versi percobaan

3. ActiveCampaign

ActiveCampaign is ideal for use in businesses with contacts driven purposes.

ActiveCampaign menawarkan layanan email marketing dengan integrasi pihak ketiga dan tanggapan secara otomatis dari berbagai tipe. ActiveCampaign dapat membuat dan mengirim email untuk aktivitas dan tujuan yang berbeda. Software ini juga dirancang untuk melacak aktivitas di web dan event, serta memberikan real time analytics berdasarkan hasilnya. ActiveCampaign juga berguna untuk mengumpulkan data pelanggan secara terorganisir.

Pemasaran-3-ActiveCampaign-Dashboard

Image by relevance.com

Highlights:

  • Memudahkan untuk menemukan kontak yang ada dan secara otomatis menambahkan kontak baru dari berbagai platform seperti CRM, e-commerce, dan lainnya.
  • Mengirim email ke pelanggan pada tanggal yang telah ditentukan.
  • Membuat data dinamis berdasarkan analisis perilaku pelanggan, data sosial, dan minat
  • Tersedia berbagai paket-paket bulanan.
  • Masa gratis percobaan selama 14 hari.
  • Tersedia online and live chat support, kecuali on-call support.

4. Act-On

Act-On adalah software otomatisasi pemasaran yang dapat bertindak sebagai platform pemasaran otomatis yang komprehensif untuk bisnis kecil dan menengah. Act-On adalah salah satu perusahaan otomatisasi pemasaran berbasis cloud tercepat dan fokus pada tugas-tugas seperti email marketing, social media management, landing pages, CRM integration lead management, website visitor tracking, dan lain-lain.

Pemasaran-4-Act-On-Dashboard

Image by relevance.com

Highlights:

  • Mudah digunakan dan mudah ditangani.
  • Solusinya dapat digunakan untuk mengidentifikasi pembeli potensial dan meningkatkan penjualan dengan accelerating buyers melalui penjualan
  • Fitur pelaporan khusus untuk social media campaign.
  • Platform pemasaran otomasi dapat memastikan hasil yang lebih tinggi
  • Tersedia dukungan online 24/7.

5. Ontraport

Solusi Ontraport merupakan yang terbaik untuk pengusaha dan bisnis kecil karena merupakan software bisnis otomasi yang mudah digunakan. Layanan yang ditawarkan termasuk email dan SMS marketing, content management, CRM, billing and online payments, dan lainnya.

Pemasaran-5-Ontraport-Dashboard

Image by relevance.com

Highlights:

  • Software ini tidak hanya mengotomatiskan upaya pemasaran tetapi juga menggabungkan kampanye offline dan online untuk menyediakan strategi kampanye yang terintegrasi sepenuhnya.
  • Campaign builder dengan menggabungkan email, SMS, landing page, dan digital ads.
  • Anda dapat mengirim email dan teks otomatis tanpa batasan.
  • Dapat diintegrasikan dengan CRM, e-Commerce, dan alat otomatisasi pemasaran.
  • Anda dapat membangun halaman  e-Commerce menggunakan software tools and capabilities.
  • Anda bisa mendapatkan hasil online dan offline menggunakan visual campaigning performance reporting tool.
  • Dapat melacak perilaku pelanggan dengan sangat terperinci di banyak parameter.
  • Tersedia dukungan secara online.

6. Campaigner

Campaigner is one of the topmost email marketing solutions for all types and sizes of businesses.

Anda dapat mengintegrasikan data eksternal Anda dengan software otomasi ini. Campaigner dapat memilih alamat pelanggan tertentu dan mengelola komunikasi email secara efisien. Software ini juga dapat mengintegrasikan pesan email dengan situs media sosial untuk meningkatkan peluang keberhasilan email campaign. Campaigner juga dapat melacak aktivitas seperti pembelian khusus untuk membuat data belanja dan membuat email campaign yang efektif untuk dikirim ke pengguna.

Pemasaran-6-Campaigner-Dashboard

Image by relevance.com

Highlights:

  • Dapat membuat email yang dipersonalisasi dan mengirim ke pelanggan secara otomatis
  • Dapat menghasilkan pendapatan dari email campaign.
  • Menawarkan lebih dari 900 template email.
  • Platform online dapat diakses dari mana saja.
  • Memberikan laporan terperinci tentang bagaimana seorang pengguna berinteraksi dengan campaign.
  • Menawarkan kenyamanan periklanan otomatis.
  • Tersedia uji coba gratis selama 30 hari.
  • Dukungan Pelanggan selama 24/7 yang dilengkapi dengan live chat.

7. Pardot

Pardot is a marketing automation suite perfect for boosting your revenue.

Pardot sangat populer karena kemampuannya untuk memberikan layanan yang luar biasa, kemudahan penggunaan, dan ketersediaan panduan interface yang dapat membantu dalam pembuatan campaign yang menarik dengan mudah. Pardot bekerja dengan sangat baik untuk perusahaan kecil hingga menengah yang sedang mencari software tools untuk meningkatkan efisiensi dari proses penjualan dan pemasaran.

Pemasaran-7-Pardot-Dashboard

Image by relevance.com

Highlights:

  • Anda dapat menggunakan software untuk membuat marketing campaign yang benar-benar komprehensif.
  • Dashboard dapat disesuaikan untuk mengukur dan melacak hasil campaign.
  • Memiliki kemampuan untuk menemukan celah dan memperbaikinya sebelum campaign diluncurkan.
  • Efektif untuk meluncurkan email campaigns dengan fitur pengiriman email otomatisnya
  • Kompatibel dengan Salesforce, SugarCRM, NetSuite, Microsoft Dynamic CRM, dan lainnya.
  • Tersedia versi percobaan gratis.

8. Infusionsoft

Infusionsoft makes work easy in the areas of follow-up, billing, contact management, and others.

Infusionsoft adalah perusahaan email marketing yang menawarkan software otomatisasi untuk usaha kecil dan menengah, difokuskan untuk membantu perusahaan mencapai sasaran pertumbuhan mereka melalui penggunaan teknologi yang powerful dan platform pemasaran otomatis.

Pemasaran-8-Infusionsoft-Dashboard

Image by relevance.com

Highlights:

  • Anda dapat membuat campaign yang disesuaikan untuk mencapai sasaran pemasaran Anda.
  • Dapat melakukan pelacakan situs web lebih dalam dalam hal first visit, purchase details, jumlah pelanggan online, average time spent on a page, dan lainnya.
  • Solusi pemasarannya menggabungkan CRM, e-Commerce, dan otomatisasi pemasaran.
  • Tersedia dukungan langsung online 24/7.

9. LeadSquared

LeadSquared adalah software otomatisasi pemasaran pilihan untuk bisnis yang berurusan dengan real estate, pendidikan, travel, kesehatan, dan keuangan. Software ini menawarkan layanan di area model bisnis B2C di mana produk dan layanan dijual ke konsumen akhir secara langsung.

Pemasaran-9-LeadSquared-Dashboard

Image by relevance.com

Highlights:

  • Software ini dianggap sebagai salah satu tools terbaik untuk manajemen prospek. Dirancang untuk menangkap prospek dari email, campaign, panggilan telepon, dan banyak sumber lainnya.
  • Anda dapat dengan mudah memprioritaskan prospek dan tugas dengan LeadSquared.
  • Fitur dapat diakses melalui situs web serta aplikasi seluler.
  • Dapat mengirimkan pemberitahuan penjualan secara otomatis kepada penjual.
  • Template email yang beragam ditawarkan untuk mendukung berbagai jenis perangkat.
  • Uji coba gratis ditawarkan selama 30 hari.

10. Netsuite

Netsuite adalah software otomasi pemasaran tingkat lanjut yang mampu mengotomatisasi berbagai proses, flows, dan tugas khusus pemasaran. Anda dapat menggunakan platform ini untuk membuat beberapa campaign dan menyelaraskannya dengan tim penjualan Anda. Pelaksanaan beberapa marketing campaigns yang didorong oleh email, media sosial, event management, dan lainnya dapat disederhanakan dengan mudah menggunakan Netsuite.

Pemasaran-10-Netsuite-Dashboard

Image by relevance.com

Highlights:

  • Anda dapat membuat landing pages menggunakan drag and drop interface.
  • Anda dapat membuat beberapa forms dan template berkualitas tinggi yang dapat digunakan kembali.
  • Tingkatkan penghasilan Anda dengan membuat email campaign massal yang ditargetkan dan email personalization marketing.
  • Kolaborasi penjualan dapat ditingkatkan dan siklus penjualan menjadi lebih singkat.
  • Dilengkapi dengan dukungan sepanjang waktu.

 

Ada banyak solusi software otomatisasi pemasaran berkualitas yang tersedia untuk bisnis tetapi yang telah dibahas di atas adalah yang paling populer di antara semuanya. Membandingkan alat otomatisasi pemasaran bukanlah hal yang mudah dilakukan karena masing-masing memiliki satu fitur yang menjadi Unique Selling Proposition (USP). Apa yang telah Team Relevance rangkum di atas adalah yang terbaik untuk semua jenis perusahaan dalam hal ukuran dan sektor tempat beroperasi.

 

Reference

Team Relevance. 2018. Top 10 Marketing Automation Tools and Platforms in 2018. [Online] Available at :https://www.relevance.com/top-10-marketing-automation-tools-and-platforms-in-2018/ [Accessed November 5, 2018]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.