POS untuk Penjualan Bagi Bisnis Restoran, Pengertian dan Kegunaan

Yuk bahas tentang kegunaan POS untuk penjualan!

POS itu apa sih? POS ( Point of Sale ) adalah tempat di mana pelanggan melakukan pembayaran untuk barang atau jasa, dan pajak penjualan dapat dibayarkan. Hal ini bisa dilakukan di toko fisik, dimana terminal POS dan sistem digunakan untuk memproses pembayaran kartu, atau titik penjualan virtual, seperti komputer atau perangkat elektronik seluler.

POS sering digunakan guna membantu pengelola bisnis  atau pemilik usaha dalam hal mempermudah transaksi dengan pelanggannya. POS berfungsi mencakup segi keamanan dalam bertransaksi maupun mendata stok barang.

Awalnya POS adalah sebuah mesin kasir atau biasa disebut Cash Register, mesin semacam kalkulator yang dilengkapi uang dan mencetak bukti pembelian (struk), atau invoice. Namun, karena perkembangan teknologi semakin canggih, fungsi cash register tak lagi memenuhi kebutuhan untuk usaha yang memerlukan detail laporan laba rugi, stok barang dan kebutuhan custom lainnya. Dari sanalah, POS hadir untuk melengkapi kekurangan.

Baca juga : Cara Memulai Bisnis Dari Nol

3 Hal Penting Mengapa Restoran Wajib Menggunakan POS untuk Meningkatkan Penjualan

1. Mempercepat Informasi

POS untuk penjualan

Jika Anda mengunjungi restoran yang sudah menggunakan POS, pasti tidak akan ada suara kasir menyebutkan list pesanan ke bagian dapur atau sebaliknya. Semua informasi pesanan langsung muncul di layar bagian dapur. Proses update stok makanan pun bisa diketahui secara langsung melalui aplikasi, jadi memudahkan kasir dan bagian dapur.

Selain memudahkan untuk mengetahui update stok makanan, pelanggan juga dimudahkan informasi tentang pesanan dan total pembelian, dan pelanggan pun bisa meminta struk pembayaran melalui email. Karena itu menggunakan POS proses bisnis Anda akan lebih efektif.

2. Mempercepat Pengumpulan Data

Sistem POS dapat menghasilkan laporan penjualan dengan lengkap dan akurat. Laporan yang dihasilkan adalah jumlah produk yang terjual, produk terlaris, keuntungan, dan kerugian, dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan sistem ini, Anda dapat menghilangkan human error yang biasanya terjadi ketika memasukkan data penjualan, sehingga data yang dihasilkan benar-benar akurat.

Data tentang jumlah produk makanan, nama pemesanan, stok dan hal apapun tentang restoran pun dapat tercatat dengan mudah. Karena itu kasir tidak perlu merekap data lagi, dan data yang tersedia dapat diakases dalam waktu singkat.

Hambatan dalam pengumpulan data bahkan sudah jarang ditemui, bahkan semua data dapat dikumpulkan dalam satu dokumen. Pada umumnya dokumen tersebut ada pada dashboard yang dapat diakses oleh manajemen dan owner restoran. POS akan merekam semua kegiatan yang berkaitan dengan penjualan. Bisnis Anda akan menjadi efisien dan menghemat banyak pengeluaran.

Baca juga : Psikologi Marketing yang Tepat untuk Bisnis

3. POS untuk Growth

Ada banyak cara untuk menumbuhkan bisnis, komponen utama untuk pertumbuhan bisnis adalah data. Melalui POS yang canggih, Anda bisa memperoleh data dengan mudah. Kita bisa mengetahui semua jumlah orderan kita selama periode terntentu. Kita bisa melihat produk yang laris dan produk yang jarang diminati dalam 6 bulan. Data tersebut dapat dimanfaatkan untuk menentukan produk unggulan. Restoran juga bisa mengeleminasi produk yang penjualan minim dan menggantinya dengan produk lain.

Default image
Ana Jumiati

Saya tertarik untuk mengikuti perkembangan ilmiah yang berdampak pada bisnis. Saya seorang pemikir kritis, strategis dan kreatif. Saya selalu ingin mengambil tantangan baru. Saya memiliki pola pikir yang sangat fleksibel dan mudah beradaptasi. Saya terbuka untuk mempelajari keterampilan atau metode baru dan dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru di mana saya berada.

Daftar Newsletter Gratis

Bergabung dengan 1800+ orang lainnya dan dapatkan wawasan terbaru tentang pembuatan website, toko online, aplikasi dan pengembangan IoT.

Leave a Reply