8 Cara Sederhana Foto Produk Dengan HP Untuk Toko Online

Bagikan ke media sosial

Foto produk yang berkualitas, menarik, dan menjual tidak selalu dihasilkan dengan kamera yang mahal. Kamu bisa menghasilkan foto produk yang berkualitas hanya dengan hp saja.

Saat ini banyak pemilik toko online pemula yang memilih membuat foto produknya sendiri dibandingkan harus membayar fotografer profesional. Selain bisa lebih hemat biaya, teknologi kamera ponsel pintar sekarang juga bisa menghasilkan foto yang tidak kalah bagus.

Kamu juga bebas berkreasi sesuai dengan keinginanmu untuk menghasilkan foto terbaik untuk toko online yang sedang kamu jalankan.

Supaya kamu bisa menghasilkan foto produk yang menarik meskipun hanya menggunakan kamera ponsel, kamu perlu memperhatikan hal-hal penting dalam pengambilan foto.

Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai trik dan tips yang bisa kamu praktikkan saat membuat foto produk dengan kamera smartphone saja. Simak artikel ini sampai akhir ya.

Seberapa Penting Kualitas Foto Produk? 

Contoh foto produk yang berkualitas. Seiko Sarb033 on natural brown leather strap, with canvas and leather messenger bag.
Contoh foto produk yang berkualitas. Gambar oleh Paul Cuoco di Unsplash.

Buat para pemilik toko online, foto produk adalah senjata utama yang harus dimiliki untuk mempromosikan sebuah produk. Tanpa adanya foto produk, kamu akan kesulitan untuk menjual barang tersebut secara online.

Ketika kamu punya foto produk yang menarik, kamu bisa menggunakannya untuk berbagai kebutuhan, misalnya untuk promosi di media sosial, toko online, landing page, hingga marketplace. Semakin menarik foto produk yang kamu buat, maka peluang produk kamu dilihat banyak orang akan semakin besar. 

Foto produk yang kamu pasang di toko online juga bisa sekaligus membangun kepercayaan calon pembeli, mereka akan lebih percaya dan yakin membeli dari toko yang memasang foto produk yang bagus, dibandingkan foto produk yang terkesan diambil asal-asalan.

Jadi, buat kamu yang sedang memulai bisnis online, trik dan tips foto produk dengan ponsel berikut ini bisa kamu coba.

Baca juga: 8 Contoh Landing Page Keren untuk UMKM

Teknik Foto Produk Dengan HP

orang mengambil gambar dengan ponsel
Orang mengambil gambar dengan ponsel. Gambar oleh Eaters Collective di Unsplash

Pengaturan yang ada pada kamera smartphone memang tidak sebanyak dan serumit di kamera profesional seperti DSLR ataupun mirrorless. Namun, hal ini justru membuat kamu harus jeli dalam menggunakan kamera ponsel kamu.

Pada saat proses pengambilan foto produk, ada beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan agar hasil foto produk yang kamu buat lebih berkualitas.

1. Bersihkan Lensa Kamera

Sebelum mengambil foto produk dengan handphone, terlebih dahulu kamu harus membersihkan lensa kamera ponsel yang akan kamu gunakan. Karena debu-debu yang menempel di lensa kamera handphone kamu akan mempengaruhi hasilnya.

Selain debu-debu yang menempel, hal yang sering terjadi adalah adanya bekas sidik jari di lensa tersebut. Terkadang orang tidak menyadari bahwa penyebab foto mereka menjadi buram atau berkabut adalah karena lupa membersihkan lensa kamera mereka dari dua hal tersebut.

Kamu bisa membersihkannya menggunakan tisu atau kain yang yang halus agar tidak menggores lensa. Jika ada, kamu juga bisa menggunakan kain fiber yang biasa digunakan untuk membersihkan lensa kaca mata.

2. Pilih Tempat Dengan Pencahayaan yang Baik

Pencahayaan yang cukup menjadi salah satu faktor penentu bagus tidaknya hasil foto yang kamu ambil. Maka dari itu pilihlah lokasi pengambilan foto dengan pencahayaan yang mendukung.

Misalnya di teras atau di samping jendela. yang terpenting adalah produkmu bisa terlihat dengan jelas dan tidak gelap.

Pilihan lain jika mungkin cahaya matahari sedang tidak bagus, kamu bisa menggunakan bantuan lampu sebagai pencahayaan tambahan. Posisikan lampu tersebut supaya seluruh area produk kamu bisa terekspos cahaya dengan maksimal.

3. Buat Konsep yang Menarik

Kalau kamu berjualan di marketplace, konsep foto yang unik dan sedikit berbeda akan membuat foto produkmu menjadi pusat perhatian di antara produk lain yang sejenis.

Sebagai contoh misalnya kamu berjualan produk sunscreen, kamu bisa membuat foto dengan konsep pinggir pantai sesuai dengan fungsi produknya. Jadi, foto tersebut akan sekaligus mendeskripsikan banyak hal kepada calon pembeli.

Supaya kamu bisa menemukan konsep yang menarik, cobalah untuk menggali ide-ide kreatifmu atau melakukan brainstorming dengan orang lain.

Baca juga: Membuat nama toko online yang bagus, keren dan mudah diingat

4. Gunakan Background dan Properti Pendukung

Pemilihan background dan properti yang kamu gunakan akan sangat berpengaruh pada hasil akhirnya. Jangan asal menentukan warna background yang justru membuat produk kamu tidak terlihat jelas.

Misalnya produk yang kamu jual berwarna biru, maka kamu harus memilih warna lain sebagai background sehingga produkmu terlihat lebih stand out.

Sedangkan untuk pemilihan properti foto, kamu bisa menggunakan barang barang yang sesuai dengan produkmu, misalnya kamu menjual makanan, maka kamu bisa menggunakan barang barang yang sesuai dengan makanan tersebut. Entah itu menambahkan cabai utuh, alat masak, biji kopi dan lain sebagainya.

5. Atur Fokus Kamera

Kalau kamera profesional punya lensa yang bisa diatur fokusnya secara otomatis dan manual, kamera smartphone juga bisa loh. Hal ini penting kamu perhatikan supaya titik fokus foto kamu tepat di produknya.

Saat mengambil foto produk dengan ponsel genggam, tekan layar untuk menentukan titik fokusnya, kalau kamu menggunakan fokus otomatis yang ada di kamera hp, biasanya fokusnya akan mengarah ke objek terdekat dengan perangkat tersebut.

Kamu juga bisa mengunci titik fokusnya dengan menekan dan menahan layar pada titik yang kamu inginkan. Dengan begitu fokusnya tidak akan berpindah pindah lagi.

6. Ambil Foto dari Beberapa Angle yang Berbeda

Jangan mengambil foto dari satu angle saja, cobalah untuk mengeksplor dengan mencoba berbagai angle yang berbeda. Misalnya dari depan, atas, samping, serong, dan lain sebagainya.

Dengan begitu kamu punya banyak pilihan dan bisa mengevaluasi angle mana yang bisa menghasilkan foto terbaik.

Hal ini juga berkaitan dengan jenis produk yang kamu miliki.

Foto produk makanan mungkin akan terlihat lebih menarik jika diambil jarak dekat dengan angle 45 derajat dari atas dibandingkan dengan angle lurus dari depan.

Jadi, pertimbangkan juga hal hal tersebut.

7. Lakukan Editing Sederhana 

Jika dirasa hasilnya fotonya masih ada yang kurang, misalnya dari segi pencahayaan, ketajaman, saturasi warna dan sejenisnya. Kamu bisa melakukan editing sederhana.

Sekarang sudah banyak tersedia aplikasi mobile untuk editing foto yang sangat membantu untuk memperbaiki hasil foto kamu.

Beberapa rekomendasi aplikasi tersebut di antaranya ada Adobe Lightroom, VSCO, dan masih banyak lagi. Sebagian aplikasi juga menyediakan filter yang bisa kamu coba terapkan di foto produk kamu. 

Baca juga: 7 Aplikasi bisnis online gratis untuk pebisnis pemula

8. Perbanyak Referensi Foto dari Internet

Kamu bisa melihat lihat referensi foto di Instagram atau di Pinterest sebagai inspirasi foto produk kamu.

Amati secara keseluruhan mulai dari pemilihan background, properti foto, pencahayaan, sudut pengambilan gambar dan lain sebagainya.

Dengan begitu mungkin akan muncul ide-ide baru yang bisa kamu gunakan untuk membuat foto produkmu sendiri.

Tips Foto Produk Dengan HP Untuk Bisnis Online 

orang memotret baju dengan smartphone
Orang memotret baju dengan smartphone. Foto oleh Photo by Liza Summer di Pexel.

Setelah mempelajari secara teknis cara foto produk dengan hp, kini kami akan memberikan berbagai tips foto produk dengan ponsel untuk berbagai macam produk.

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, setiap produk punya karakteristik masing-masing. Sehingga dalam pengambilan foto produk harus disesuaikan dengan karakteristik produk tersebut.

Tips Foto Produk Makanan dengan HP

Foto produk makanan identik dengan foto yang menunjukkan kelezatan makanannya. Kamu harus bisa mengambil foto makanan yang membuat siapapun membayangkan kelezatan makanan tersebut ketika melihatnya. Beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk foto produk makanan di antaranya:

  • Buat konsep yang menggugah selera
  • Perhatikan saturasi warna makanan
  • Ambil angle 45 derajat 
  • Ambil foto flatlay atau pengambilan gambar dari atas
  • Tambahkan efek seperti asap, meleleh dan sebagainya
Baca juga: Tips-tips membuat promo menarik untuk UMKM

Tips Foto Produk Baju Dengan HP

Produk yang sepertinya tidak ada matinya ini memang sangat membutuhkan foto yang berkualitas. Mulai dari detail produknya hingga tampilan ketika baju tersebut dipakai.  

Kamu harus bisa memberikan foto-foto yang memanjakan mata calon customer kamu, apalagi untuk baju wanita, tanpa foto yang bagus, bisa jadi produkmu dilewati begitu saja.

Berikut ini adalah beberapa tips foto untuk produk baju.

  • Gunakan background polos
  • Tambahkan sedikit properti pendukung seperti kursi
  • Foto di tempat umum sesuai dengan penggunaan yang cocok dengan bajunya
  • Gunakan model yang sesuai dengan persona target customer
  • Foto produk tanpa model, misal digantung atau ditata di bawah
  • Perlihatkan detail baju seperti kerah, saku dan lainnya

Tips Foto Produk Hijab Dengan HP

Tidak jauh beda dengan baju, hijab juga menjadi produk yang banyak dibutuhkan oleh kamu hawa. Bahkan semakin hari semakin banyak brand hijab baru yang bermunculan.

Jadi, selain kualitas produk yang harus kamu jaga, kualitas foto produk juga harus kamu pikirkan agar bisa semenarik mungkin.

Beberapa tips foto produk untuk hijab di antaranya:

  • Mix and match dengan baju yang cocok
  • Perlihatkan detail bahan dan tekstur hijab
  • Perlihatkan warna dengan jelas dan sesuai produknya
  • Foto penggunaan hijab untuk berbagai aktivitas sehari hari
Baca juga: Strategi pemasaran email terbaik untuk membantu bisnis Anda berkembang

Buat Foto Produk Lebih Menarik dan Eye Catching!

Itulah berbagai teknik dan tips yang bisa kamu coba untuk memaksimalkan hasil foto produk dengan hp. Supaya kamu bisa mendapatkan hasil yang terbaik, teruslah mencoba dan mengeksplor kemampuan foto kamu.

Setelah melakukan sesi foto, jangan lupa untuk mengevaluasi hasilnya. Sehingga kamu bisa memperbaikinya ketika memang masih ada kekurangan. Jangan ragu juga untuk meminta pendapat orang lain yang mungkin berada di posisi customer.

Tidak perlu khawatir jika hanya melakukan foto produk dengan hp saja, karena alat bukanlah yang terpenting. Kamu tetap bisa menghasilkan foto yang menarik dan berkualitas meskipun hanya menggunakan ponsel.

Aji Setiawan

Aji Setiawan

SEO Content Writer Techarea Indonesia

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.