video-animasi

5 Alasan Membuat Video Animasi untuk Produk Anda


Ketika perusahaan sedang fokus pada strategi pemasaran, perusahaan akan memikirkan materi apa yang harus mereka terapkan. Selain dalam bentuk teks, pemilik bisnis produk dan layanan juga menangani materi visual termasuk gambar, animasi, dan video. Meskipun diketahui bahwa orang-orang lebih memahami informasi visual daripada teks, ternyata tidak banyak perusahaan yang bersedia untuk membuat video untuk produk mereka.

Berikut adalah lima alasan mengapa Anda harus memiliki video animasi untuk presentasi produk atau layanan yang sukses menurut Tubik Studio.

1. Ceritakan Kisah Anda dengan Cara yang Sederhana dan Menyenangkan

Storytelling masih menjadi cara yang trendi untuk menyampaikan informasi. Tidak peduli apa pun jenis pesan yang ingin Anda sampaikan, baik itu informatif, mendidik, atau pengantar, Anda selalu dapat mengarangnya menjadi sebuah cerita. Orang tidak hanya menyukai cerita yang bagus tetapi juga cenderung mengingatnya dengan baik. Gunakan kekuatan storytelling untuk membuat video animasi Anda agar mudah diingat.

Banyak perusahaan penyedia teknik dan solusi perangkat lunak telah memanfaatkan media video animasi. Perusahaan-perusahaan ini tahu bahwa topik teknologi atau statistik yang berat dapat diubah menjadi ilustrasi yang menarik dan mudah dipahami. Semua grafik dan bagan lebih mudah diterima jika dianimasikan dan disertai dengan suara.

Jangan berusaha untuk mendeskripsikan produk atau layanan Anda dengan kata-kata. Cobalah selesaikan semua ide menantang atau abstrak Anda ke dalam video yang bagus dengan plot yang menarik dan Anda akan dengan mudah menarik perhatian audiens.

Berikut ini contoh video animasi penjelasan yang dibuat oleh desainer Tubik Studio berdasarkan artikel tentang gamification dalam desain UI/UX. Video ini, dengan cara yang mudah dan menyenangkan, menjelaskan bahwa teknik gamification dapat memotivasi pengguna dan meningkatkan user experience.

2. Libatkan dan Pengaruhi Audiens Anda

Selain menarik perhatian dan menyampaikan cerita, video animasi bisa berpengaruh kepada audiens Anda. Pernahkah Anda memperhatikan bahwa call-to-actions (CTA) yang disematkan di dalam video animasi tidak terlihat agresif dan mengganggu? Itu karena CTA ini adalah bagian dari cerita dan orang-orang tidak merasa Anda mencoba menjual sesuatu kepada mereka.

Pertimbangkan bahwa video animasi sebagai teknik yang memiliki peran penting dan gunakanlah sebagai cara yang cerdik untuk menyampaikan pesan penjualan tanpa harus memaksa.

Berikut ini merupakan video promo animasi yang didesain untuk Binned, sebuah layanan pembersihan tempat sampah yang merupakan contoh yang baik untuk menyertakan pesan penjualan ke dalam skenario. Video tersebut menawarkan cerita yang menggambarkan proses pembersihan yang didukung oleh ilustrasi khusus dan menambahkan pesan penjualan yang menunjukkan harga per bulan. Jadi, di satu sisi, ini adalah kartun yang menghibur dan di sisi lain, ini adalah tawaran bermutu tinggi yang akan mempengaruhi.

3. Jangan Menghabiskan Banyak Uang untuk Produksi Video

Anggaran sering menjadi faktor penentu dalam mendukung satu atau materi promosi lainnya. Jika Anda memutuskan untuk membuat video live-action, Anda harus siap membayar properti, casting, set, peralatan, editing video, dan produksi. Ketika Anda mengalihkan produksi video animasi ke agen desain, Anda hanya membayar waktu kepada seorang ilustrator dan motion designer yang dapat mengubah ide-ide Anda yang menantang menjadi kenyataan. Lebih penting lagi, Anda dapat dengan mudah menambahkan perubahan pada video Anda saat mendesainnya dan sesudahnya.

Saat itu perusahaan perangkat lunak Opera mencari biro desain yang dapat membuat presentasi video kesuksesan produk mereka di tahun 2016. Masing-masing dari delapan ilustrasi rumit yang menunjukkan lingkungan dan musim yang berbeda. Sekarang, bisakah Anda bayangkan berapa harganya jika Opera memutuskan untuk menonton video live-action dengan skenario yang sama? Aktor, dekorasi, lingkungan, dan perangkat akan mengeluarkan biaya seperti menghasilkan sebuah trailer film. Berikut video Opera yang mencerminkan efektivitas biaya video animasi.

4. Jangan Batasi Kreatifitas Anda

Peluang dalam motion design itu tidak terbatas. Karena motion design dapat memberikan kebebasan kreatif secara total. Desainer dapat mengubah setiap cerita Anda menjadi video yang mengesankan dan menarik.

Video animasi memberi Anda kebebasan untuk membuat adegan yang secara fisik tidak mungkin dilakukan dan membuat maskot perusahaan Anda menjadi hidup. Anda dapat membuat serangkaian video animasi untuk menunjukkan kemajuan perusahaan Anda, fitur baru, atau pembaruan terkini.

Contoh kreatif lain dari ilustrasi khusus dan desain video animasi yang dibuat oleh Tubik Studio untuk OffCents, perusahaan yang melacak emisi karbon Anda dari transportasi. Dengan aplikasi OffCents, orang dapat mengambil bagian dalam melawan pemanasan global dan pencemaran lingkungan dengan mendanai berbagai proyek pengurangan karbon.

5. Buat Tim Pemasaran Anda Senang

Selain menjadi video penjualan yang menarik dan berorientasi penjualan, video animasi juga membawa kontribusi yang berharga bagi strategi pemasaran.

Video animasi yang menyenangkan dan orisinal sangat mudah dibagikan di media sosial, itulah sebabnya mereka memiliki peluang bagus untuk menjadi viral. Jika video Anda diunggah ke YouTube dan disematkan di laman web Anda, Anda mungkin berharap mesin telusur memberi preferensi pada laman Anda. Selain itu, video animasi dapat menjadi bagian dari buletin email, kampanye iklan berbayar, artikel blog, dan presentasi.

Video animasi adalah alat pemasaran canggih yang dapat digunakan pada platform apa pun yang Anda pilih. Pertimbangkan jenis konten ini dan pastikan Anda tahu manfaat apa yang dapat diberikan oleh video animasi ke bisnis Anda.

Reference

Tubik Studio. 2018. 5 Reasons to Create Animated Video for Your Product. [Online] Available at :https://uxplanet.org/5-reasons-to-create-animated-video-for-your-product-3ee2cc578a11 [Accessed December 4, 2018]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.