Aplikasi Desain Diagram Database Terbaik dan Gratis 6

5 Aplikasi Terbaik dan Gratis untuk Desain Diagram Database

Skema database adalah blueprint yang menggambarkan deskripsi struktur database, tipe data, dan batasan pada database. Perancangan skema database menjadi salah satu langkah pertama dan penting untuk mengembangkan perangkat lunak atau situs web apa pun.

Berikut adalah daftar 5 aplikasi desain diagram database terbaik dan gratis menurut Anthony Thong Do untuk membantu Anda menentukan aplikasi yang tepat bagi Anda dalam merancang diagram skema database.

1. dbdiagram.io

Aplikasi Desain Diagram Database Terbaik dan Gratis 1
Image by holistics.io

Aplikasi ini gratis dengan objek dan diagram yang tidak terbatas. Aplikasi dbdiagram.io adalah alat perancang database yang cepat dan sederhana bagi Anda yang menggambar diagram database dengan menggunakan bahasa khusus seperti Domain (DSL).

Aplikasi ini memiliki bahasa yang sederhana untuk didefinisikan dan fokus secara eksklusif pada menggambar diagram database relationship. Selain itu, Anda bisa menyimpan dan membagikan diagram Anda secara online.

User Interface aplikasi juga terlihat sederhana dan rapi dengan diagram yang cantik. Aplikasi ini dirancang untuk para developer, DBA, analis data.

2. draw.io

Aplikasi Desain Diagram Database Terbaik dan Gratis 2
Image by holistics.io

Draw.io merupakan aplikasi diagram online yang gratis untuk membuat diagram alur atau flowchart, diagram proses, dan lain sebagainya. Aplikasi ini gratis untuk penggunaan berbasis website, dan berbayar untuk aplikasi Atlassian seperti Confluence atau JIRA.

Aplikasi ini menyediakan berbagai jenis bagan seperti flowchart, bagan organisasi, UML, ER, dan diagram jaringan. Anda bisa menyimpan diagram Anda ke layanan penyimpanan cloud seperti GDrive, Dropbox dan OneDrive, atau ke komputer Anda sendiri.

3. Lucidchart

Aplikasi Desain Diagram Database Terbaik dan Gratis 3
Image by holistics.io

Lucidchart adalah aplikasi diagram berbasis cloud dan kolaboratif. Lucidchart dapat membantu tim Anda tidak hanya untuk membuat diagram database tetapi juga flowchart, process maps, model UML, bagan organisasi, pada perangkat apa pun di seluruh platform yang sudah Anda gunakan.

Anda bisa mendapat pengalaman yang baik terutama jika Anda lebih dari seorang desainer dan ingin tampilan drag-and-drop. Anda dapat mengintegrasikan diagram Anda dengan GSuite atau Microsoft Office.

Aplikasi ini dapat Anda akses gratis dengan fitur terbatas, yaitu 3 diagram dan 60 objek per diagram. Anda juga bisa membayar sebesar 4,95- 20 dollar per bulan untuk fitur yang tak terbatas.

4. SQLDBM

Image by holistics.io

SQLDBM menawarkan Anda cara yang mudah dan nyaman untuk merancang database Anda di mana saja di browser apa pun, bekerja tanpa perlu aplikasi pemodelan database. Aplikasi ini menggabungkan rules dan object database yang diperlukan seperti database keys, skema, indeks, column constraints dan relationship.

SQLDBM hanya mendukung MySQL dan MS SQL. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung Anda yang menerapkan Forward EngineeringandReverse Engineering. User Interface yang disediakan 100% drag-and-drop. Anda bisa menggunakan SQLDBM secara gratis untuk versi Beta dengan diagram dan objek tanpa batas.

5. QuickDBD

Image by holistics.io

QuickDBD merupakan aplikasi yang dapat dengan cepat menangkap ide, sehingga dapat membantu Anda menggambar diagram hanya dengan menggunakan input teks saja. Aplikasi ini mendukung ekspor data ke SQL, PDF, dan Word. Anda bisa menggunakannya secara gratis untuk 1 diagram publik dan 10 tabel. Atau Anda bisa membayar paket seharga 14 dollar setiap bulan untuk tabel yang tidak terbatas dan private diagram.

Jika Anda tertarik untuk magang atau bekerja menjadi software developer atau web developer, Anda bisa mendaftarkan diri Anda di magang atau kerja Techarea.

Reference

Do, Anthony Thong. 2018. Top 5 Free Database Diagram Design Tools. [Online] Available at :https://www.holistics.io/blog/top-5-free-database-diagram-design-tools/ [Accessed April 25, 2019]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.