9 Hal yang Dipertimbangkan dalam Memilih Provider Hosting

Memilih layanan web hosting dengan begitu banyaknya tawaran dari berbagai perusahaan layanan hosting tentunya akan membuat keputusan Anda dalam memilih perusahaan web hosting menjadi sulit. Hampir semua perusahaan layanan web hosting menjanjikan 99% uptime, sumber daya tak terbatas atau unlimited, dan dukungan yang luas. Dengan penawaran seperti itu, Anda tetap harus pintar-pintar dalam memilih web hosting yang tepat untuk website Anda. Berikut ada 9 hal yang harus dipertimbangkan saat memilih layanan web hosting :

9 Hal yang Dipertimbangkan dalam Memilih Provider Hosting

9 Hal memilih hosting

1. Performa Server

Performa server yang aman dapat dipastikan berjalan dengan baik. Pastinya hal ini dapat mempengaruhi waktu uptime website Anda, dengan waktu uptime yang tinggi memungkinkan user mengunjungi website kapanpun bahkan ketika trafik tinggi.

2. Harga

Harga masih menjadi hal utama yang dipertimbangkan oleh calon pengguna hosting. Tetapi bukan berarti itu alasan utama untuk memilih layanan web hosting tersebut. Tetapi ternyata masih banyak pelanggan yang hanya melihat harga yang di ditawarkan tanpa mencari tahu segi layanan hosting tersebut. Dengan harga yang mahal pun belum tentu cocok untuk Anda, maka dari itu mulailah dari sekarang untuk memilih layanan hosting dengan mencari tahu kualitas dan performa yang bagus, terutama untuk Anda yang mengandalkan situs Anda untuk menghasilkan uang atau bisnis.

3. Fitur / Add-ons

Selanjutnya Anda juga perlu mengetahui fitur apa yang ditawarkan kepada Anda. Apakah insentif tambahan yang mereka berikan untuk membuat hosting situs Anda menjadi lebih menarik? Atau mereka mempunyai beberapa pusat data, praktek hemat energi, atau fitur tambahan seperti backup data secara teratur, anti virus atau privasi domain gratis. Karena kebanyakan layanan hosting menawarkan lebih dari sebuah server.

4. Layanan 24 Jam

Dengan provider hosting yang siap melayani 24 jam pasti ada tim teknis yang siap bekerja 24 jam Anda bisa menghubungi pihak teknis jika terjadi error yang ada, kemudian akan dipulihkan dengan cepat. Karena bantuan yang cepat dan di dukung oleh para ahli dari penyedia hosting tersebut, tentunya akan memudahkan Anda dalam menangani masalah, karena setiap situs pasti akan mengalami berbagai masalah, entah itu down, atau terdapat error pada situs Anda.

5. Spesifikasi

Sesuaikanlah kebutuhan jangan terlalu tergiur dengan fiturnya dan ternyata sering mengalami masalah, terkadang penyedia hosting yang memiliki nama besar belum tentu bagus dan pas untuk Anda. Jika Anda ingin menyewa hosting untuk keperluan blog, situs e-commerce, konten yang kaya, dan video, lebih baik tidak memilih paket yang termurah, karena sebuah rencana hosting murah mungkin tidak akan memiliki RAM yang cukup dan ruang disk untuk melayani semua kebutuhan tersebut, dan Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk menangani masalah downtime dari situs Anda yang mungkin saja terjadi dikemudian hari.

6. Keamanan Data

Tidak sedikit penyedia layanan hosting yang menyediakan fitur keamanan lebih, seperti firewall dan fitur kemanan lainnya. Untuk keamanan pastinya diperlukan karena data bersifat privat dan harus dijaga kerahasiaanya, emang mau kalo data mu tercuri? maka dari itu carilah situs web hosting yang menyediakan layanan keamanan data dan mengutamakan keamanan pada layanan mereka. Sehingga anda tidak perlu khawatir jika suatu hari terjadi pada situs anda. Anda juga perlu untuk mencari tahu apakan perusahaan web hosting tersebut akan memberikan bantuan jika ada sesuatu yang terjadi pada situs Anda, apakah ada solusi yang akan diberikan untuk pencegahan hal tersebut.

Baca juga : Strategi Memilih Hosting untuk Toko Online

7. Ulasan/Review

Mengetahui hasil ulasan/review dari pelnggan merupakan pertimbangan yang penting sebelum memilih layanan hosting. Anda bisa menggunakan search engine Google untuk melihat apa yang dikatakan pelanggan mereka saat ini atau mantan pengguna mereka. Review dari pelanggan bisa menjadi acuan jika Anda kurang yakin dalam provider itu, dan juga agar tau kelemahan dan kelebihan dari provider hosting tersebut. Carilah review yang bagus dan cocok untuk Anda.

8. Alamat kantor 

Masih banyak calon pembeli hosting yang tidak percaya ketika sebuah provider tidak mencantumkan alamat kantor mereka, dalam memilih sebuah provider hosting carilah yang mencantumkan alamat kantor 

9. Nama Perusahaan

Tidak ada salahnya memang jika memilih sebuah provider hosting dengan melihat perusahaan tersebut sudah memiliki nama atau belum, apakah perusahaan ini terpercaya? apakah perusahaan ini dapat diandalkan?

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

× Konsultasi GRATIS dengan kami?