Anda Perlu Mengetahui Bagaimana Cara Anda Belajar 5

Anda Perlu Mengetahui Bagaimana Cara Anda Belajar

Tenaga kerja adalah salah satu bagian yang paling penting dalam perusahaan. Untuk meningkatkan kualitas perusahaan, kini perusahaan memiliki kebutuhan untuk melatih dan mengembangkan tenaga kerja mereka. Ada beberapa cara yang diterapkan untuk melatih kemampuan mereka. Agar Anda bisa memiliki hasil belajar yang berkualitas, Anda perlu mengetahui bagaimana cara Anda belajar. Jika Anda saat ini sedang membangun sebuah kursus atau sedang belajar tentang pemrograman, berikut adalah penjelasan tentang cara belajar menurut Alex Shortsleeve.

Manfaat dari kursus yang menarik

Anda Perlu Mengetahui Bagaimana Cara Anda Belajar 1
Photo by Maxwell Ridgeway on Unsplash

Untuk membangun sebuah kursus pelatihan yang menarik kadang-kadang bisa menjadi hal yang sulit karena isinya mungkin rumit atau sulit dipahami. Ini bisa menimbulkan rasa bosan dan membuat banyak orang tidak akan menyelesaikan pelatihan, hanya mencoba sesekali, mempercepat belajar, atau mendengarkan secara pasif.

Meskipun banyak kursus pelatihan secara langsung yang dipimpin oleh instruktur, kini semakin banyak pelatihan yang dikonversi menjadi online atau dalam format campuran yang menggabungkan instruktur langsung dan online.

Bayangkan jika Anda mengembangkan kursus online dengan cara yang sangat menarik. Anda dapat mengharapkan beberapa manfaat yang mulai terwujud. Manfaatnya dapat mencakup tingkat penyelesaian kursus yang lebih tinggi, hasil retensi yang lebih baik, moral dan motivasi karyawan yang meningkat, pemahaman yang jelas tentang mengapa mereka mengikuti kursus, dan hasil kinerja yang lebih baik.

Sebelum Anda memutuskan bagaimana membuat kursus yang menarik, Anda perlu menentukan formatnya terlebih dahulu.

Neil Fleming, seorang peneliti, mantan guru sekolah dan administrator, mengembangkan suatu cara yang disebut VARK yang merupakan singkatan dari Visual, Aural, Read/write, dan  Kinesthetic, untuk mengidentifikasi bagaimana cara individu belajar dan bagaimana individu mengajar. Fleming menemukan bahwa setiap kali seorang guru menggunakan pendekatan multi-modal, yaitu visual, aural, read/write, kinesthetic dalam pengajaran mereka, siswa mendapat skor yang lebih baik dan menyimpan lebih banyak informasi. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan pendekatan VARK sebagai format kursus Anda.

V untuk Visual

Anda Perlu Mengetahui Bagaimana Cara Anda Belajar 2
Photo by YouTube

Visual dapat mencakup salah satu dari video, gambar, diagram alur, dan grafik. Pertimbangkan bahwa beberapa pengguna Anda akan merespons dan lebih terlibat dengan materi Anda jika mereka dapat melihat diagram atau menggambarnya. Meskipun banyak yang telah dikatakan tentang PowerPoint, itu dapat digunakan sebagai dasar di banyak program pembelajaran Anda. Anda bisa membuat presentasi menggunakan desain yang memunculkan imajinasi.

A untuk Aural

Anda Perlu Mengetahui Bagaimana Cara Anda Belajar 3
Photo by NeONBRAND on Unsplash

Aural mengacu pada audio, narasi, efek suara, dan diskusi dua arah. Ada beberapa cara untuk memasukkan audio ke dalam eLearning Anda. Anda dapat memasukkan rekaman podcast atau tautan ke diskusi dan presentasi lainnya seperti TED Talks yang memungkinkan pelajar untuk mendengar apa yang sedang dibahas.

Selain itu, ada berbagai presentasi diskusi langsung yang juga dapat dimasukkan menggunakan alat-alat seperti Adobe Connect, WebEx, dan GoToMeeting. Jenis meeting software ini memungkinkan pendengar untuk berpartisipasi juga dengan mengetik komentar mereka di ruang obrolan atau benar-benar berbicara langsung ke presenter menggunakan mikrofon mereka sendiri.

R untuk Read/Write

Anda Perlu Mengetahui Bagaimana Cara Anda Belajar 4
Photo by Maarten van den Heuvel on Unsplash

Read/write dapat mencakup buku teks, manual, daftar, dan istilah serta definisi. Dengan teknologi saat ini, Anda dapat membuat teks yang ramah pengguna dan memberikan pengalaman yang jauh lebih menyenangkan.

Anda bisa menggunakan software dari FlipBuilder untuk meningkatkan buletin dan memungkinkan pengguna Anda untuk mengubah halaman. Anda juga dapat menambahkan tautan video untuk membuat teks Anda menjadi hidup.

K untuk Kinesthetic

Anda Perlu Mengetahui Bagaimana Cara Anda Belajar 5
Photo by Annie Spratt on Unsplash

Kinesthetic yaitu memasukkan format seperti presentasi interaktif atau simulasi di mana pengguna perlu berpartisipasi. Ini juga dapat mencakup penerapan prinsip-prinsip dan penerapan contoh kehidupan nyata seperti dalam studi kasus atau peninjauan pengalaman pribadi.

Anda bisa menggunakan Articulate Storyline, Adobe Captivate, Lectora Online, TechSmith Camtasia, dan TechSmith Snagit untuk merancang kursus online Anda. Anda dapat memasukkan partisipan dalam pembelajaran Anda.

Teknologi seperti Virtual Reality dan Augmented Reality juga termasuk contoh pendekatan kinestetik yang dapat menciptakan simulasi lingkungan dan membuat partisipan Anda terbenam dalam dunia tersebut sehingga mereka dapat berinteraksi dengan fitur-fiturnya.

Belajar Pemrograman

Bagi Anda yang belajar pemrograman, memahami konsep VARK akan menjadi hal yang sangat bermanfaat. Dua area yang perlu dipertimbangkan ketika pemrograman adalah User Interface (UI) dan User Experience (UX). Kedua hal ini memerlukan programmer untuk mempertimbangkan bagaimana pengguna menavigasi dan mengoperasikan berbagai software dan situs web.

VARK juga dapat membantu partisipan Anda dalam mempelajari banyak bahasa baru. Misalnya, jika Anda baru memulai mempelajari cara menulis kode, HTML5 dan CSS dapat menggambarkan bagian visual dan read/write VARK. JavaScript menjadi pendekatan aural dan kinestetik. Dengan JavaScript, Anda bisa membuat konten interaktif seperti permainan serta membantu mengembangkan presentasi dalam bentuk audio dan video.

Untuk mempelajari cara menulis dalam bahasa-bahasa ini, partisipan perlu mempertimbangkan bagaimana cara mereka belajar. Kemudian temukan cara untuk menggunakan bahan pembelajaran yang menjelaskan cara membuat kode dalam modalitas pembelajaran pilihan mereka. Dengan kata lain, cari video, podcast, tutorial cetak, serta latihan yang memungkinkan Anda mempraktikkan pemrograman.

Anda Perlu Mengetahui Bagaimana Cara Anda Belajar 6
Photo by Alex Shortsleeve on Medium

Seperti yang dapat Anda lihat di sebelah kiri, Anda memiliki instruksi tertulis. Tetapi jika Anda membutuhkan bantuan, Anda cukup mengklik “Watch a video” dan melihat serta mendengarkan materi tambahan. Ini berbicara kepada bagian visual, aural, dan read/write VARK. Dengan memasukkan solusi kode di tengah dan melihat hasil Anda di sebelah kanan, pendekatan kinestetik serta visual dapat ditunjukkan.

Dengan menggunakan semua modalitas pembelajaran dalam presentasi Anda, partisipan Anda akan datang untuk menikmati pengalaman mereka dengan situs atau media pembelajaran Anda.

Selain itu, jangan lupa untuk menemukan cara Anda belajar dan kemudian mencari modalitas tersebut ketika Anda belajar pemrograman. VARK sendiri memungkinkan partisipan dan instruktur untuk mengekspresikan diri mereka dalam berbagai cara.

Jika Anda berpikir untuk mengembangkan pelatihan untuk staf, siswa, atau partisipan Anda, penting bagi Anda, Anda bisa mengembangkannya dalam format yang menarik menggunakan software apa pun yang tersedia. Kursus online tidak perlu statis dan membosankan lagi. Dengan berbagai teknologi yang sekarang tersedia, menggabungkan empat modalitas pembelajaran yang berbeda yaitu Visual, Aural, Read/write, dan Kinesthetic seharusnya bukan hal sulit.

Gunakan imajinasi Anda untuk membuat tidak hanya tutorial yang menghibur tetapi juga menarik. Sebelum Anda dapat menghasilkan materi yang menarik sambil menggabungkan semua modalitas pembelajaran, mulailah dengan menerapkannya dalam pembelajaran Anda sendiri, seperti coding, desain instruksional, atau set keterampilan lain yang Anda ingin kembangkan.

Jika Anda tertarik untuk belajar tentang pemrograman software atau website, Anda bisa mendaftarkan diri Anda di magang atau kerja Techarea.

Reference

Shortsleeve, Alex. 2018. Whether you’re developing a course or learning to code, you need to know how you learn. [Online] Available at :https://medium.freecodecamp.org/developing-engaging-courses-as-well-as-learning-to-code-requires-an-understanding-of-learning-5be7e5380b96 [Accessed March 26, 2019]


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.