Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Ada banyak cara mendapatkan uang dari internet bagi yang ingin memperoleh penghasilan sampingan atau ingin berganti pekerjaan. Hanya saja, kalian harus berhati-hati. Layaknya pekerjaan pada umumnya, cara menambah penghasilan dari internet juga tak luput dari tipu daya. Perbanyak info soal penipuan dan aktivitas ilegal lainnya.

Di artikel ini, kami akan membahas 10 cara mudah mendapatkan uang dari internet. Umumnya ada dua kategori, yakni cara menghasilkan uang dari internet melalui blog atau website dan cara menghasilkan uang dari internet tanpa harus membuat website. 

Cara Mendapatkan Uang dari Internet Melalui Website atau Blog

1. Membuat Blog

Menjadi blogger atau penulis blog adalah salah satu cara menghasilkan uang dari internet, syaratnya dengan membuat blog dan aktif menulis di sana.  

Dengan konsisten kalian menulis blog, kalian dapat memperoleh uang dengan mengizinkan blog mu di pasang iklan.

Untuk saat ini, memulai menulis di penyedia layanan blog masih gratis, contoh perusahaan media yang sukses membangun popularitas blognya yaitu Huffington post.

Beberapa tips buat blog yang perlu Anda ketahui:
  • Pilih topik umum, seperti kesehatan, keuangan, hubungan, hobi, atau pengembangan diri.
  • Buatlah konten yang informatif, bermutu, dan berkualitas.
  • Pelajari semua hal tentang SEO agar Anda tahu cara mengoptimasi blog dan memperbaiki peringkatnya di Google.
  • bergabung di komunitas blogger dan influencer.

Kalau blog sudah ramai, Anda punya peluang untuk:

  1. Melakukan iklan berbayar.
  2. Mengadakan kursus online dan menjual materi pembelajarannya.

2. Membuat Online Shop

Situs e-Commerce atau bisa disebut juga toko online semakin populer belakangan ini. Terlebih lagi adanya platform seperti WordPress dapat memudah kita dalam membuat situs eCommerce.

Dua metode yang perlu dipertimbangkan agar toko online kalian sukses

  • Membuat dan menjual produk ke sekelompok pembeli yang menjadi target kalian.
  • Membeli barang – barang manufaktur dari luar negeri yang harga nya jauh lebih murah, setelah itu kalian bisa memberi kemasan yang baru lalu pasarkan kembali dengan harga yang telah dinaikkan.

Contoh online shop yang mendulang kesuksesan yaitu Ratio Coffee  

3. Menjadi Reseller Web Hosting

Website adalah media yang ampuh untuk membangun reputasi online. Selain terlihat profesional dan meyakinkan, website membuat siapapun lebih mudah ditemukan di search engine. Maka tak heran kalau pemilik bisnis sampai pemerintah menggunakan website.

Karena itu, bisnis domain dan hosting jadi peluang yang menjanjikan. Jika ingin menangkap peluang ini, Anda tak perlu mengeluarkan modal untuk memiliki server sendiri. Cara termudah untuk mendapatkan peluang ini adalah bergabung menjadi reseller. 

4. Membuka Kursus OnlineĀ 

Kursus online semakin marak dilakukan. Orang – orang tidak keberatan untuk mengeluarkan uang untuk mengikuti kursus online demi mendapatkan informasi dan pengetahuan. 

Tips Memulai Kursus Online Secara Efektif
  • Menentukan Konsep

Dengan menentukan konsep yang akan kalian gunakan pada kursus online, kalian akan dapat mempermudah dalam pengembangan usaha kalian tersebut.

  • Melakukan Riset Pasar

Melakukan riset pasar merupakan salah satu langkah yang harus kalian lakukan sebelum menjalankan bisnis apapun. Hal ini bertujuan untuk mengetahui siapa konsumen bisnis kursus online yang kalian jalankan .

  • Buat Image Yang Berbeda

Image brand merupakan salah satu bagian yang terpenting dalam semua bisnis. Untuk membuat image brand yang berbeda kalian dapat menawarkan program atau promosi yang menarik.

5. Menjual Website

cara mendapatkan uang dari internet

Menjual website yang kalian miliki akan mendapatkan pundi – pundi rupiah. Tetapi besaran keuntungan tergantung pada tipe dan kualitas website tersebut.

Nilai jual website akan lebih tinggi bila dibandingkan dengan pendapatan yang biasanya Anda terima per bulannya. Pada umumnya jumlah atau angka penjualan tergantung pada beberapa faktor. Namun jangan khawatir, Anda masih bisa menerapkan harga jual sebanyak 15 hingga 30 kali lipat dari pendapatan pasif bulanan. 

Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi hasil akhir penjualan website:

  • Umur website.
  • Otoritas atau kepemilikan domain.
  • Jumlah traffic yang diterima website.
  • Jumlah keuntungan yang dibuat website.
  • Diversifikasi pendapatan.
  • pendapatan stabil.
  • Perkembangan website, apakah ada progresnya atau malah stagnan.

Baca juga : 6 Content Delivery Network Untuk Meningkatkan Kecepatan Website Anda

Cara Mendapatkan Uang dari Internet Tanpa Website

1. Menulis dan Menerbitkan eBook

cara mendapatkan uang dari internet

Bagi Anda yang hobi menulis bisa menggunakan cara ini untuk mendapat penghasilan dari internet. Menulis dan menerbitkan buku digital merupakan salah satu cara untuk mendapatkan uang dari internet bahkan untuk pemula.

Meskipun ada banyak saingan, jika buku yang Anda buat berisikan konten informatif dan berguna, buku yang Anda tulis akan membawakan kesuksesan. Karena Anda menerbitkan buku sendiri, maka Anda harus mengedit, menyusun format, mendesain cover, mengupload ke platform khusus, menulis deskripsi dan memasarkannya sendiri. Jika Anda masih bingung bagaimana cara memasarkan buku digital anda, simak tips-tips dibawah ini :

  1. Pastikan topik buku digital yang Anda tulis tidak memiliki banyak saingan, tapi tetap punya banyak peminat dan pembaca.
  2. Tulis buku yang memuat banyak informasi dan bermutu, jangan ragu untuk menyewa jasa editor yang profesional.
  3. Jika Anda merasa kesusahan untuk mendesain sampul dan menulis deskripsi yang menarik, Anda dapat menyewa jasa desainer. Karena 2 hal ini yang menjadi salah satu faktor buku Anda laku di pasaran.

2. Daftar Menjadi Freelancer

cara mendapatkan uang dari internet

Di internet, terdapat banyak situs yang menawarkan lowongan pekerjaan menjadi freelance. Klien akan memasang iklan yang berguna untuk mencari seseorang yang sesuai dengan kriteria mereka. Ada beberapa situs yang bisa Anda gunakan, yang sekarang ini sedang populer di kalangan freelancer. Seperti Upwork, Freelancer, Fiverr, Guru.

Kenali kemampuan dan keahlian Anda agar dapat direkrut oleh platform tersebut. Contohnya, jika Anda ingin menjadi freelance writer, Anda bisa memilih posisi sebagai penulis artikel, tutorial, dan masih banyak lagi. Di jaman sekarang persaingan semakin ketat, jadi jangan menandai diri Anda sebagai freelancer di semua bidang. Tingkatkan 1 skill untuk membranding diri Anda.

Sebisa mungkin tinjukkan diri Anda sebagai orang yang dicari oleh penyedia kerja tersebut. Perbaiki profile dan portofolio.

3. Jualan Foto dan Video Footage

cara mendapatkan uang dari internet

Cara untuk mendapatkan uang dari internet tanpa modal untuk pemula yaitu berjualan stok foto dan video. Jika kalian memiliki hobi menangkap atau merekam momen mungkin ini adalah salah satu cara. 

Dua website foto yang paling sering dikunjungi adalah:

  • Shutterstock
  • iStockPhoto

Sedangkan untuk video, empat website ini dapat Anda coba:

  • VideoHive
  • Pond5
  • VideoBlocks
  • Dissolve

4. Desainer Grafis

cara mendapatkan uang dari internet

Jika kalian memiliki skill desain atau kalian sering menggunakan aplikasi desain grafis seperti photoshop illustrator corel draw, kalian dapat bekerja sebagai desain grafis dan kalian dapat memanfaatkan sebagai cara untuk mendapatkan uang di internet .

Jika kalian tertarik kalian dapat bergabung di beberapa platform salah satu nya yaitu 99designs. Di situs ini kalian dapat bersaing dengan desainer lain agar kalian dapat mendapatkan project. Jika klien kalian menyukai apa yang kalian kerjakan, maka kerjasama antara kedua pihak akan tercipta.

5. Menjadi Youtuber

cara mendapatkan uang dari internet

Jika kalian memiliki kemampuan public speaking mungkin kalian bisa mencoba menjadi youtuber, dengan kalian menjadi youtuber kalian dapat menghasilkan uang dari internet. 

Beberapa tips agar sukses jadi YouTuber:

  • Rekam dengan kamera berkualitas tinggi.
  • Coba beberapa gaya, format, dan teknik penyuntingan video sampai menemukan yang pas.
  • Optimalkan judul, deskripsi, dan gambar video untuk mendapatkan lebih banyak viewers.
  • Jadwalkan publikasi video agar subscriber kalian tahu kapan saja mereka bisa menonton video di channel kalian.

Nah itu tadi beberapa cara medapatkan uang dari internet, Mungkin ada salah satu tips yang cocok untuk anda terapkan di waktu luang anda.

Baca juga : Cara Memasang Google Analytics di WordPress Bagi Pemula

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

× Konsultasi GRATIS dengan kami?