Cara Membuat Website dengan Mudah, Cepat, dan Hemat

Banyak orang mencari cara membuat website gratis. Anda mungkin adalah salah satunya dan untungnya Anda tidak sedang salah tempat. Artikel ini akan membantu Anda membuat web dengan mudah, hemat, dan cepat.

Website memang bisa membuat apapun yang Anda lakukan tampak lebih meyakinkan. Entah Anda seorang freelance fotografer, graphic designer, penulis artikel atau blogger, pengusaha, sampai dengan pebisnis kuliner. Website dapat membuat Anda semakin serius, dan profesional.

Cara Membuat Website mudah, hemat, dan cepat dalam 6 Langkah

1. Menentukan Jenis Website 

Dengan menentukan jenis website yang tepat, Anda akan memiliki bayangan konsep website seperti apa yang akan Anda bangun. Ini sangat penting karena akan mempengaruhi pada pemilihan paket web hosting, domain, dan tema yang akan Anda gunakan.

Ada banyak jenis website yang bisa Anda pilih. Berikut adalah beberapa jenis website yang paling populer:

  • Website toko online.
  • Blog atau website pribadi. 
  • Website portofolio.
  • Situs berita.
  • Website forum.

2. Menentukan Platform Website

Ada banyak platform untuk membangun website, tapi menurut statistik, yang paling banyak digunakan adalah WordPress dengan penggunaan lebih dari 30% di seluruh dunia.

Dengan WordPress, kalian dapat membuat website dengan mudah tanpa harus menguasai pemrograman. Anda hanya perlu sekali klik instalasi, memasukkan nama, deskripsi website, dan memilih template, website Anda sudah dapat digunakan dan diakses melalui internet.

3. Menentukan Hosting dan Nama Domain

a. Pilih Hosting

Hosting berfungsi untuk menyimpan semua file website sehingga dapat diakses secara online. Semua file seperti tema, plugin, teks, media, kode HTML, hingga draft konten tersimpan di hosting.

b. Menentukan Nama Domain 

Domain berfungsi sebagai alamat website Anda agar orang-orang bisa dengan mudah mengakses website Anda di browser. Misalnya, ketika orang ingin mengunjungi website techarea, mereka hanya perlu mengetikkan www.techarea.co.id di browser lalu muncul website techarea.

4. Install WordPress dan sesuaikan tampilan

Disini ada 2 cara menginstall WordPress :

  • Cara otomatis install WordPress
  • Cara manual

Jika anda tidak mengaktifkan fitur auto install silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Login cPanel, Login ke cPanel melalui tautan yang diinfokan : http://namadomainanda/cpanel
  2. Buka Softaculous Installer, Pada bagian softaculous apps Installer, pilih WordPress.
  3. Klik button “Install Now”
  4. Pilih domain anda pada kolom “choose domain”.
  5. Isi nama dan deskripsi website Anda pada “Site Name” dan “Name Description”.
  6. Masukkan username dan password.
  7. Optimasi pengaturan WordPress.

Website yang Anda instal tadi pengaturannya masih dasar, jadi anda perlu mengoptimasi pengaturan. Untuk mengoptimasi pengaturan, Anda perlu login terlebih dahulu ke dashboard WordPress.

Baca juga : Plugin Elementor Gratis Untuk Landing Page WordPress

Langkah Login:

  1. Buka www.domainanda.com/wp-admin (ganti “domainanda.com” dengan nama domain Anda). 
  2. Masukkan Username dan Password Anda, setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman dashboard WordPress.

Di dashboard ini Anda bisa mulai mengubah pengaturan, menerbitkan konten, membuat halaman, menambahkan plugin, dan lain sebagainya.

Perlu Beberapa Optimasi Pengaturan agar Kinerja Website Anda Semakin Maksimal, Ada Beberapa Contohnya:

1. Pilih Tema

Untuk mengganti tema, buka dashboard WordPress lalu klik menu Appearance > Themes > Add New. Pastinya ada banyak pilihan tema WordPress, pastikan Anda memilih tema original dan SEO friendly. Dan pastikan Anda tidak menggunakan tema bajakan agar tidak membahayakan website Anda. Anda juga bisa mengunggah tema dari pihak ketiga menggunakan fitur Upload Theme dalam bentuk file zip.

2. Buat Sitemap

Sitemap adalah sebuah daftar halaman website yang bisa diakses oleh user dan search engine, fungsinya untuk memberi petunjuk ke user dan search engine mengenai semua halaman yang dapat diakses di website tersebut. Ada beberapa cara membuat sitemap, yaitu menggunakan Yoast SEO dan Sitemap XML. 

3. Ubah Permalink

Permalink yang disukai oleh Google mengandung judul atau keyword. Lalu, permalink yang lebih pendek akan memberikan performa yang lebih baik lagi. Saya merekomendasikan Anda menentukan permalink menggunakan post name agar keyword lebih mudah terlihat ketika website Anda ditampilkan oleh Google. Anda dapat mengubah permalink melalui dashboard WordPress. Silakan pilih menu Settings > Permalinks. Kemudian pilih radio button Post name dan klik tombol Save Changes untuk menyimpan perubahan.

4. Install Plugin SEO

Plugin SEO memudahkan Anda untuk membangun SEO di website. Beberapa plugin yang wajib Anda install adalah Yoast SEO dan SEO internal link. Yoast SEO adalah salah satu plugin SEO terbaik dari WordPress. Penggunanya sudah mencapai 5 juta dan terus bertambah.

5. Atur Keamanan WordPress

Ada banyak cara meningkatkan yang perlu Anda lakukan. Dari menggunakan password rumit, menginstall plugin keamanan, mengubah URL login, hingga mengamankan file, dan database. Jangan sampai website Anda mudah terkena virus, malware, bruteforce attack, apalagi hacker.

6. Install Plugin Backup

Untuk menghindari kehilangan data penting pada website Anda perlu melakukan back up. Back up bisa Anda lakukan secara otomatis dengan memasang plugin back up seperti UpdraftPlus. 

7. Install Google Analytics

Google Analytics dapat membantu Anda untuk memahami pengunjung website atau blog. Apa yang mereka cari, artikel mana yang paling banyak pembacanya, artikel manya yang kurang populer, berapa lama pengunjung membaca blog atau website dan lain-lain. Anda dapat memanfaatkan insight tersebut untuk menyediakan konten lebih baik untuk pengunjung.

Jadi itu tadi Cara Membuat Website dengan Mudah, Cepat dan Hemat, Semoga bermanfaat.

Baca juga : Mau Bikin Website Keren dan Mudah pakai WordPress? Ini Rahasianya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

× Konsultasi GRATIS dengan kami?