website dengan wordpress

Mau Bikin Website Keren dan Mudah pakai WordPress? Ini Rahasianya!

Bagian 1: Cara Install WordPress

 

Mungkin banyak dari kalian yang pengen bikin website tapi bingung harus bagaimana untuk memulainya. Tenang, kali ini Techarea bakal menjelaskan kepada kalian semua cara bikin website menggunakan WordPress dengan mudah dimulai dengan cara install WordPress-nya.

Tapi sebelum kita melangkah lebih lanjut, ada baiknya kita tau dulu apa sih itu WordPress?
Jadi, WordPress itu adalah sebuah Content Management System yang paling banyak digunakan di seluruh dunia (menurut w3techs) dan bisa kalian dapatkan dengan gratis.

Kalau kalian bingung, Content Management System itu maksudnya adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mengelola, menambah ataupun memanipulasi isi dari suatu situs web.

Siapkan diri kalian karena sekarang kita akan masuk ke bagian yang paling asyik dari tulisan ini yaitu, install WordPress. Selamat mencoba!

 

1. Pertama, kita perlu FTP atau File Transfer Protocol yang berguna untuk mengunggah ataupun mengunduh berkas-berkas di situs kalian. Download software-nya di website filezilla, lalu install.

filezilla download

 

2. Buka cPanel di hosting kalian dan buat akun FTP baru dengan mengisi form yang sudah disediakan seperti contoh di sini. Lalu klik Create┬╣. Kalian akan mendapatkan informasi berupa Server, Username dan Port yang kalian butuhkan┬▓ untuk login di Filezilla.

create ftp

info ftp

 

3. Kembali lagi ke Filezilla kalian. Masukan semua informasi yang sudah kalian dapatkan, dan isi seperti gambar dibawah ini. Klik Connect.

filezilla login

 

4. Setelah berhasil maka keluar tulisan seperti dibawah ini.

sukses

 

5. Langkah untuk mengkoneksikan sudah selesai, sekarang masuk ke langkah install wordpress. Sebelumnya download dulu file wordpress di websitenya.

download wordpress

6. Setelah download-an kamu selesai, buka kembali filezilla dan upload file hasil download tadi dengan cara klik kanan pada folder wordpress lalu upload. Tunggu sampai uploadnya selesai ya.

upload

 

7. Kembali ke cPanel kamu, buat database untuk install wordpress kamu. Tulis nama database, username dan password yang kalian inginkan lalu klik Create. Maka database sukses kalian buat.

create db

 

8. Tinggal buka browser dan ketik domainkamu.com/wp-admin, maka akan muncul gambar seperti dibawah ini. Pilih bahasa terlebih dahulu lalu klik continue.

pilih bahasa

 

9. Akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Tinggal pilih Lets Go.

lets go

 

10. Isi database dengan informasi database yang tadi barusan kalian buat. Untuk Database Host dan Table Prefix biarin seperti apa adanya saja. Klik Submit.

database

 

11. Jika semua lancar dan berhasil, akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Tinggal kalian klik Run the Install.

run

 

12. Langkah selanjutnya yaitu mengisi form informasi seperti dibawah ini. Setelah selesai mengisi, klik Install WordPress.

install

 

13. Kalau muncul gambar seperti dibawah ini, artinya kamu telah berhasil meng-install wordpress. Selamat! Kalian bisa login dengan username dan password yang telah kalian buat sebelumnya.

sukses

 

Hooray! Kalian telah berhasil melakukan hal yang sebenarnya sulit dilakukan; berhubung kalian baca tutorial-nya dari sini, terasa sangat mudah bukan?
Tutorial tadi dibagi menjadi dua bagian ya. Untuk bagian memodifikasi websitenya akan dijelaskan di bagian kedua nanti.

Apabila kalian males mengikuti langkah-langkah diatas ataupun tidak punya waktu untuk melakukan itu semua, ada kok cara yang lebih mudah lagi. Rahasianya yaitu, klik menu Kontak techarea yang ada diatas situ, lalu hubungi deh nomer yang ada di halaman tersebut.

Tanpa perlu bersusah-susah, kalian akan mendapatkan treatment dari staff ahli Techarea yang mampu bikin website sesuai keinginan kalian dengan harga terjangkau!

Tunggu apalagi, hubungi kami, website keren sudah menanti.

Semoga bermanfaat!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.